Cara membuat, mereset dan mengganti BBID di BlackBerry 10

BBID
BlackBerry ID atau yang sering disebut BBID merupakan identitas pengguna BlackBerry untuk menjalankan layanan yang disediakan oleh BlackBerry seperti BBM, BlackBerry World, BlackBerry protect dan layanan BlackBerry lainnya. Saat ini BlackBerry ID menyimpan contact BBM, My apps and games record di BlackBerry Word dan juga record di BlackBerry Protect. Ketika BBID anda tertanam di BlackBerry 10 atau BlackBerry dengan BBM ver 7 (tidak berlaku untuk BBM ver 6 kebawah), maka ketika anda berpindah perangkat atau mengganti perangkat ke model yang lain BB10 atau ver 7 keatas, maka tanpa harus mentransfer contact BBM ke perangkat baru, BBM contact akan otomatis masuk dengan sendirinya. Bukan hanya BBM contact yang masuk dengan sendirinya, namun ketika kita membuka BlackBerry Word dan memilih My apps & Games dan mengecek di available maka akan terlist aplikasi yang sebelumnya pernah didownload/install diperangkat lama, Maka anda tinggal mendownload dan menginstallnya.

Cara Membuat BBID

BlackBerry ID atau BBID merupakan identitas untuk menggunakan layanan-layanan BlackBerry seperti yang telah disebutkan diatas. Perangkat BlackBerry bisa difungsikan tanpa BlackBerry ID namunbeberapa layanan BlackBerry tidak dapat digunakan, yang paling banyak digunakan adalah BBM. Maka sebelum menggunakan layanan-layanan BlackBerry tersebut harus membuat dan memiliki BBID, berikut cara membuat BBID melalui komputer::

  • Buka browser dan masukan alamat web beriku http://blackberryid.blackberry.com
  • pilih create a BlackBerri ID online
  • Akan terbuka form isian, kemudian isikan form tersebut sesuai data, kemudian klik tombol submit
  • BlackBerry ID telah selesai dibuat
Create BBID

BBID form
Cara Mereset BBID
Banyak pengguna BlackBerry di Indonesia yang jarang  menggunakan email sehingga setelah digunakan lama mereka lupa dengan password BBID nya tersebut. Atau juga karena beberapa alasan sehingga pengguna lupa akan password Blackberry ID nya.  Untuk kasus lupa password ini anda dapat mengembalikannya lagi dan bisa mengakses kembali ke BBID anda.

Berikut cara reset password BBID:

  • Dari Computer buka alamat webnya http://blackberryid.blackberry.com atau langsung ke http://us.blackberry.com/bbid.html
  • Klik Reset your password, sesuai gambar
  • Isi alamat email BBID dan verification code kemudian submit
  • Notifikasi recovery email dikirim, Cek diemail anda dan open  notifikasi link
  • Akan muncul tampilan untuk masukkan new password dan confirm password
  • Password anda sudah jadi dan bisa digunakan kembali
Reset BBID

reset password

Masalahnya, bagaimana bila anda lupa pula dengan password email anda? maka lakukan reset password di account email anda. Bila anda tidak bisa akses email anda tentu anda tidak dapat menggunakan BBID


Lupa user/email BBID
Beberapa pengguna BlackBerry yang kebanyakan orang tua atau sudah lama sekali menggunakan perangkat BlackBerry ataupun ketika pertama kali menggunakan BlackBerry, BBID nyadibuatkan. Pada saat akan berganti perangkat, atau blackBerrynya diwipe/ direpair yang membutuhkan BBID. mereka lupa akan email atau login dari BBID nya, apalagi passwordnya.
Apa Solusinya ?  Sejauh ini saya belum dapat solusinya jika user dan password BBID lupa. Maka satu-satunya cara adalah membuat BBID baru dengan menggunakan email baru.

Cara Mengganti BlackBerry ID


Dengan beberapa alasan kadang pengguna mengganti satu BlackBerry ke BlackBerry yang lain, tentunya dengan BBID yang sama, sehingga harus memindahkan BBID ke perangkat baru. Yang harus diperhatikan sebelum memindahkan BBID ke perangkat baru,
  • Jika versi BBM masih dibawah versi 7 maka sebaiknya upgrade BBM nya ke versi 7 agar kontak BBM tersimpan di server dan bukan di perangkat lagi.
  • BlackBerry 10 yang akan digunakan telah terisi maka lakukan security wipe terlebih dahulu
  • Matikan BlackBerry lama yang sebelumnya tersimpan BBID sekitar 36 jam, atau better di wipe saja.
  • Masukkan BlackBerry ID ke BlackBerry 10, melalui menu setup >> BlackBerry ID
  • Isikan BlackBerry ID yang baru, dan tunggu beberapa lama sampai kontak BBM muncul
BBID di BlackBerry 10


Sekarang anda sudah dapat meggunakan layanan dari BlackBerry seperti BBM, BlackBerry World, BlackBerry Protect, BlackBerry Link dan lainnya.


Ikuti terus tips dan informasi berguna seputar BlackBerry 10 di MyBB10 Channels C001044C6
MyBB10 - BBM Channels