Mengatasi Masalah Browser di BlackBerry 10

Browser Error
BlackBerry 10 merupakan smartphone yang lekat dengan internet dan browsing, Beberapa pengguna sudah merasa puas ataupun cukup dengan performance Browser bawaan Blackberry, namun sebagian lagi ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga sebagai browser utamanya. Alasan punggunaan browser tambahan kungkin karena performance browser bawaan yang kurang memadai, ada beberapa fitur yang tidak disediakan oleh browser bawaan BlackBerry atau juga ingin merasa lebih customize dengan aplikasi Browser tambahan tersebut. Saat ini sudah ada beberapa browser yang tawarkan di BlackBerry World dengan berbagai tawaran dan juga kelebihan dari masing-masing browser.

Browser internet merupakan salah satu aplikasi utama dari Blackberry 10 dan bila terjadi masalah pada browser tentu akan membuat jengkel. Berikut beberapa masalah pada browser BackBerry yang mungkin terjadi, berdasarkan temuan dari pengguna :


  1. Ketika membuka halaman tertentu browser langsung hank
  2. Tidak bisa membuka tab browser lebih dari satu
  3. Bila membuka tab lebih dari satu kadang tidak bisa ditutup
  4. Bila Membuka search di google tidak bisa diisi di kolom pencarian
  5. Bila melakukan pencarian melalui google atau bing, link hasil pencarian tidak bisa dibuka
  6. Masalah bisa terjadi terus menerus atau hanya kadang-kadang saja , namun bisa juga kerusakan terjadi beberapa waktu setelah kerusakan yang sama sebelumnya telah diperbaiki.

Penyebab masalah di browser BlackBerry 10
Berikut ini penyebab-penyebab masalah pada browser BlackBerry 10 termasuk pada BlackBerry Z10 dan Q10:
  • Halaman yang dibuka mengandung bahasa pemrograman yang tidak disupport Browser BlackBerry 10. Ini pernah dialami oleh pengguna BB 10 dimana ketika membuka satu halaman web dia langsung hank. Di computerpun bisa mengalami ini karena mungkin web tersebut dipasangkan scrip khusus yang bisa merusak browser.
  • Masalah terjadi pada aplikasi browsernya karena crash akibat salah penggunaan atau kesalahan lain yang mengakibatkan aplikasi browser tidak berfungsi normal
  • Halaman web yang membutuhkan add-on khusus yang tidak di support oleh browser blackBerry 10 yang mengakibatkan browser tidak berjalan normal.
  • Kesalahan atau kerusakan pada OS blackBerry 10 nya itu sendiri, yang berimbas pada aplikasi browser
Solusi Mengatasi Masalah Browser di BB10
Selama kita belum pasti penyebabnya maka belum pasti pula solusi yang harus diambil. Berikut beberapa solusi untuk mengatasi masalah pada browser, berdasarkan tingkatan aksi yang paling mudah sampai aksi yang memerlukan effort lebih dan waktu lama:

  • Restart atau matikan sejenak Perangkat BB 10 merupakan hal yang paling mudah
  • Clear History dan Cache, caranya buka browser, tap option (3 titik di kanan bawah), pilih setting kemudian Privacy & Security kemudian pilih Clear History dan Cache
  • Lakukan Wipe pada BlackBerry 10 anda, lihat cara melakukan Wipe disini
  • Update OS ke BlackBerry 10 ke versi yang terbaru, ikuti panduan Update OS BlackBerry 10 disini

Apa yang saya tuliskan berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang saya punya. Walaupun mungkin BlackBerry telah mengeluarkan beberapa solusi namun saya rasa solusinya tidak jauh dari apa yang saya sebutkan diastas. Bila anda merasa awan untuk melakukan beberapa tindakan diatas, anda dapat membawanya ke service resmi BlackBerry atau yang diberi nama BlackBerry Expert Center yang tersebar di beberapa lokasi di Indonesia khusus nya di kota – kota besar. Anda dapat melihat lokasi Blackberry Expert Center di kartu garansi atau di website BlackBerry.