Penjualan Nokia Lumia mulai mengungguli Blackberry 10

BlackBerry Z10 vs Nokia LumiaPerkembangan BlackBerry mulai mencuat beberapa tahun belakangan ini, sedangkan Nokia sempat merajai pasar dunia sejak beberapa dekade yang lalu sampai akhirnya merosot dibawah brand-brand  lainnya. Baru-baru ini nokia melaporkan hasil finansialnya untuk Quartal Juni. Bahwa perusahaan asal Finland ini memperlihatkan kemampuannya dengan kepemilikan Nokia Siemens Network meskipun bisnis di Mobile Phone masih belum cukup membaik walaupun ada peningkatan dari penjualan Q1 sebanyak 5,6 Juta unit sedangkan Q2 naik menjadi 7,4 Juta unit.  BlackBerry 10 yang merupakan unggulan dari BlackBerry baru melakukan 2 kali shipment sedangkan Nokia Lumia sudah melakukan 7 kali shipment dan lagi timing dari akhir Quarter yang tidak pass ketika BlackBerry Q5 mulai diperkenalkan namun belum sempat dilakukan shipment pada akhir Q2. Namun dari kedua nya BlackBerry 10 dan Nokia Lumia menunjukkan adanya peningkatan diantara keduanya.

Pengiriman Nokia lebih banyak dari BlackBerry
Dari report yang direlease, bahwa keduanya menunjukkan peningkatan pada Q2 bila dibandingkan dengan Q1. Pada Quartal kedua jumlah Nokia yang berhasil di ship adalah 7.4 Juta unit sedangkan BlackBerry terpaut sedikit yaitu 6.8 juta unit. Dengan pengiriman BlackBerry 10 hanya dua kali yang di bandingkan dengan Nukia Lumia yang sudah 7 kali pengiriman. 



Apakah BlackBerry bisa dikatakan lebih unggul?
Dari perbandingan ini anda dapat melihat mana yang lebih unggul berdasarkan dari sudut mana anda melihatnya. Anda dapat mengatakan bahwa BlackBerry lebih unggul karena perkembangan nya lebih cepat dalam penjualan BlackBerry 10 daripada Nokia. Bisa juga anda mengatakan moment yang tidak pass karena penutupan Quartal dilakukan sebelum Q5 dijual keseluruh Negara. Namun berdasarkan angka yang bika yang bicara dapat dikatakan pula bahwa Nokia mengungguli BlackBerry dengan mutlak.  

Setahun yang lalu, BlackBerry menjual sekitar 2 unit untuk setiap satu Nokia Lumia. Namun nokia terus berusaha untuk terus meingkatkan profit untuk kembali ke masa kejayaannya. Berdasarkan laporan yang di rilis tersebut, bahwa keuntungan yang diambil oleh BlackBerry pada setiap penjualannya lebih banyak dibandingkan keuntungan yang diambil oleh Nokia pada setiap penjualan perangkatnya. Estimasi untuk setiap penjualan Z10, keuntungannya setara dengan penjualan 3 unit Nokia Lumia.

Pertarungan antar Brand terus bergulir dengan memberikan fitur-fitur baru dan inovatif juga dengan harga yang terus bersaing antar Brand. Sedangkan kita sebagai pengguna hanya menunggu dan memanfaatkan hasil dari teknologi ini, semoga pertarungan ini memberikan efek positif bari konsumennya.

Sampai saat ini BlackBerry terus melakukan pengembangan – pengembangan di beberapa sektornya termasuk pengembangan aplikasi khususnya aplikasi pendukung BlackBerry 10. BlackBerry mengajak para developer untuk mengembangkan aplikasinya yang berbasis QNX ini yang merupakan open source. BlackBerry memberikan dukungan kepada mereka berupa pelatihan – pelatihan untuk develop aplikasi yang acaranya diberi nama BlackBerry Jam Champ, dimana para developer – developer di bina dan diberi pengarahan oleh team Blackberry terkait pembuatan aplikasi yang berkwalitas. Di Indonesia sendiri, Blackberry mengajak dari kalangan mahasiswa – mahasiswa dalam acara ini yang diadakan di Bandung dan beberapa aplikasi dari beberapa developer tersebut akan diikutsertakan dalam lomba antar developer yang nanti akan diadakan di Bangkok. Selain dukungan pengetahuan yang diberikan Blackberry,  Juga pemberian dukungan tool aplikasi untuk mempermudah para developer mengembangkan aplikasinya, jadi pekerjaan developer akan lebih terbantu dengan tools yang diberikan oleh BlackBerry ini karena mereka tidak perlu lagi membuat program dengan menulis bahasa pemprograman dari nol.