Harga BlackBerry Passport disertai Spesifikasi dan Review langsung

BlackBerry Passport
BlackBerry Passport yang merupakan model terbaru BlackBerry dari kelas BlackBerry 10 sudah resmi diluncurkan pada tanggal 24 September 2014. Negara pertama yang merasakannya model terbaru ini adalah Amerika yang tentunya beberapa operator disana sudah menawarkan bundling atau kontrak untuk Passport ini salah satunya adalah AT&T.Saat  ini saya sudah dapat merasakan langsung BlackBerry model terbaru ini, yang bila dilihat dengan sekilas bahwa Blackberry Passport ini memiliki bentuk yang berbeda dengan model smartphone secara umum. Bila sebelumnya saya sudah me review mengenai BlackBerry passport ini namun itu berdasarkan info yang didapat dari para reviewer yang sudah menggunakannya. Namun untuk saat ini saya dapat mereview berdasarkan apa yang saya rasakan setelah beberapa hari menggunakan BlackBerry passport ini.

Harga BlackBerry Passport

BlackBerry Passport sudah resmi diperkenalkan dan diluncurkan untuk pasar Indonesia dengan harga yang ditawarkan adalah Rp. 9.599.000,- . Namun BlackBerry bekerja sama dengan opeartor selular yaitu Indosat dan XL dengan penawaran Bandling dan juga bonus khusus yang diberikan oleh kedua operator tersebut. Untuk Harga terupdate anda dapat melihatnya di Lazada untuk Harga BlackBerry Passport .
BLACKBERRY PASSPORT - by Lazada
Harga BlackBerry Passport by Lazada
Rp.8.325.000

Spesifikasi BlackBerry Passport

Bentuk yang tidak biasa namun juga spesifikasi yang tidak biasa juga. Jika dari semua BlackBerry 1o yang sudah dikeluarkan oleh BlackBerry ditanamkan processor dual core, namun yang baru di BlackBerry Passport ini adalah menggunakan processor kuad core atau 4 inti processor. Selain Processor yangberbeda dari model sebelumnya, ada beberapa spesifikasi yang juga berbeda dari model-model sebelumnya. Untuk mengetahui apa saja yang berbeda anda dapat melihat di spesifikasi lengkapnya berikut:

BlackBerry Passport Three



Specifications
2G Network
GSM
3G Network
HSDPA
4G Network
LTE
Weight
194 g (6.84 oz)
Keyboard
Qwert + Virtual Keyboard
Type Display
IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size Display
1440 x 1440 pixels, 4.5 inches (~453 ppi pixel density)
Multitouch
Yes
3.5mm jack
Yes
External Memmory
Micro SD up to 64 GB
Internal Memmory
32 GB, 3 GB RAM
Speed
HSDPA, HSUPA. LTE
WLAN
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot
Bluetooth
Yes
NFC
Yes
Infrared port
No
HDMI
Yes
USB
Yes, microUSB v2.0
Primary Camera
13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, optical image stabilization, LED flash
Secondary Camera
2 MP, 720p
Video
OS
BlackBerry 10.3 OS
Chipset
Qualcomm MSM8974AA Snapdragon 800
CPU
Quad-core 2.26 GHz Krait 400
GPU
Adreno 330
Sensors
Accelerometer, gyro, proximity, compass
Browser
HTML5
GPS
Yes, with A-GPS, GLONASS
Java
Yes, MIDP 2.1
Colors
Black, White
Battery
Non-removable Li-Ion 3450 mAh battery


Review BlackBerry Passport

Design
Bila anda melihat mungkin ada sebagian yang melihatnya sebagai bentuk yang biasa, namun jika sudah melihat langsung atau memegangnya langsung tentu akan terasa berbeda. Apa yang berbeda? ukuran dan keypad yang berbeda. Dengan ukuran fisik xx cm x yy cm dan display yang berbentuk persegi mungkin terlihat aneh dan ditambah keypad fisik yang hanya terdiri dari 3 baris. Dari bentuk yang berbeda ini tentunya  BlackBerry punya alasan khusus apakah dilihat dari segi marketing atau dari sisi inovatif nya dan kita kembalikan itu ke BlackBerry sebagai designer nya.
Dari sekeliling fisiknya ditahan dengan frame yang terbuat dari logam yang terlihat seperti bahan stainless, namun saya belum confirm apakah ini terbuat dari stainless, aluminium atau dari bahan lain. Dibagian muka didominasi oleh display LCD dan keyboard, dengan bahan keyboard mirip BlackBerry Q10.
Bagian sisi atas terdapat connector audio 3,5" di sebelah kiri dan tombol power disebalah kanan. Disisi kanan terdapat 3 tombol volume dan pause yang terbuat dari logam dengan bahan yang sepertinya sama dengan frame bagian sisinya. Dibagian sisi bawah terdapat connector USB dibagian tengah dan 2 lubang speaker dikanan kirinya. Dibagian belakang terdapat kamera  dan flash di bagian atasnya den logo BlackBerry di bagian tengah nya. Bahan untuk bagian belakang terbuat dari bahan yang kesat dengan warna dof yang membuat bagian belakang ini tidak terasa licin.
BlackBerry Passport Top bottom side

BlackBerry Passport Right Side

BlackBerry Passport Back Side


Processor

Semua BlackBerry 10 yang sudah diluncurkan sebelumnya dari mulai BlackBerry Z10 hingga yang terakhir diluncurkan yaitu BlackBerry Z3, semuanya menggunakan processor dual core atau 2 inti processor untuk pengoperasian seluruh systemnya. Dari sejak saya menggunakan BlackBerry Z10 saya sudah mencoba menjalankan games yang lumayan berat seperti Asphalt 7 dan Nuvo karena memang saat itu kedua games ini diberikan gratis oleh Blackberry. Dan saya sering memainkan kedua games tersebut saat itu, sejauh saya memainkan nya tidak ada masalah seperti lack atau hank, semua normal-normal saja. Jadi intinya dengan dual core sudah dapat menjalankan aplikasi atau games yang cukup menyedot processor dan memory. BlackBerry Passport sudah ditanamkan processor quad core atau 4 inti processor.  Dengan OS yang terus berkembang dan kebutuhan pemprosesan yang lebih komplex maka quad core ini sudah lebih dari cukup untuk menjalankan OS blackberry 10 ini termasuk untuk beberapa tahun kedepan dengan aplikasi dan games yang menuntuk spek yang lebih tinggi.

Memory


Memory RAM 3 GB yang ada di Blackberry passport sepertinya lebih dari cukup untuk mengakomodasi beberapa aplikasi yang berjalan bersamaan atau multi tasking.  Bila dibandingkan dengan Model BlackBerry 10 dengan keyboard fisik yaitu Blackberry Q5 dan Q10, berikut memory yang ada di model sebelumnya:

  • Blackberry Q5 dengan memory internal 8GB dan RAM 2 GB
  • BlackBerry Q10 dengan memory internal 16 GB dan RAM 2 GB
  • BlackBerry Passport dengan memory internal 32 GB dan RAM 3 GB, dengan support Memory external atau SD card yang dapat dipasang hingga 64 GB.


Beberapa bulan belakangan saya menggunakan BlackBerrry Z3 sebagai salah satu handphone keseharian saya, dan salah satu kendala di Blackberry Z3 adalah memmory yang sering tekor dan sering ada notifikasi bahwa memory hampir penuh khususnya untuk memory penyimpanan untuk system dan aplikasi, karena memang untuk data-data personal seperti hasil foto disimpan di memory external atau SD card. Memory di Blackberry Passport ini bukan jadi ganjalan atau kekhawatiran akan kekurangan memory baik itu RAm saat menggunakan multitasking atau menjalankan aplikasi yang boros memory, dan juga memory internal 32 GB yang dapat di tambahkan dengan memory external sampai 64 GB.

Kamera

Untuk kemampuan mengambil gambar, BlackBerry Passport dilengkapi dengan kamera utama atau kamera belakang ber resolusi 13 mega pixel tentu ini merupakan kamera dengan kemampuan tertinggi bila dibandingkan dengan model - model BlackBerry 10 sebelumnya. Sedangkan untuk kamera depan dengan resolusi 2 mega pixel yang mana sama seperti model terdahulunya. Karena memang untuk kamera depan lebih difungsikan untuk video call atau BBM video yang tentunya konsent pada konsumsi data yang bila menggunakan resolusi tinggi tentu akan menarik kuota data lebih besar namun yang terpenting adalah kebutuhann kecepatan internet yang harus menggunakan mbps tinggi yang saat ini masih jarang di Indonesia. Dari hasil penangkapan kamera belakang yang sudah saya coba relatif cukup tajam dan jernih untuk sekelas smartphone.

Touch Screen Display

Display atau LCD yang digunakan di BlackBerry Passport ini berukuran 4,5 inch dengan resolusi 1440 x 1440 pixel. Dengan resolusi ini sudah sangat tajam dengan ukuran layar yang 4,5 inch ini, sehingga bila dilihat dari menu dan tulisan yang di tampilkan bisa lebih kecil dengan ketajaman yang cukup tinggi sehingga masih dapat terbaca atau terlihat dengan jelas walau ukuran kecil. Technologi yang dipakai untuk touch screen display ini menggunakan Capacitive touch screen namun walau demikian selama saya menggunakan model ini cukup nyaman dengan tampilan yang diberikan.  Memang penglihatan bagus tidaknya tampilan sangat subjective namun secara teori bila menggunakan resolusi yang tinggi harusnya sudah dapat menampilkan hasil yang tajam.

Keyboard

BlackBerry Passport Keyboard

Bila dilihat secara fisik Blackberry Passport yang menggunakan 3 baris keyboard fisik yang bila dilihat tidak ada tombol angka disana. Lalu bagaimana bila ingin mengetikkan angka? Sebenarnya keyboard di model ini merupakan kombinasi dari keyboard visik dan keyboard virtual, artinya untuk angka dan karakter-karakter khusus menggunakan virtual keyboard yang secara otomatis dapat keluar jika kita masuk mode menulis, seperti ingin menulis pesan BBM ataupun email. Secara karakter keyboard fisiknya hampir mirip dengan keyboard BlackBerry Q10, namun dari yang saya rasakan menggunakan kedua model ini yaitu Q10 dan Paspport, dimana Passport menurut saya sedikit lebih keras dibandingkan Q5 namun bila dibandingkan dengan Q5 tentu Passport ini terasa lebih baik. Fitur predictive keyboard masih ada di BlackBerry Passport ini dengan prediksi kata akan muncul di bagian atas virtual keyboard, juga auto complete kata yang akan keluar otomatis jika kita menuliskan kata yang salah namun fungsi ini kita bisa non aktifkan jika tidak diperlukan atau terasa mengganggu.

Operating System

BlackBerry Passport OS

Sejak menggunakan BlackBerry Passport ini sudah menggunakan OS BlackBerry 10.3 dengan perubahan yang significant dari OS sebelumnya yaitu BlackBerry 10.2.1, dengan beberapa fitur yang masih ada dan juga fitur-fitur baru yang hanya ada di Blackberry 10.3 ini, yaitu :
  • Kompatibel untuk aplikasi Android
  • Radio FM (bukan radio streaming)
  • Dapat menampilkan aplikasi yang aktif  lebih banyak dari versi OS sebelumnya
  • Self timer di menu kamera
Dan masih banyak lagi fitur disana, dan seiring perkembangan teknologi software, BlackBerry Passport akan dapat mengimbanginya dengan kemampuan hardware yang sudah mencukupi sesuai yang sudah diulas diatas.

BlackBerry Passport Compare

Kelebihan BlackBerry Passport


  • Kapasitas Battery 3450 mAh yang bisa bertahan lebih dari 1 hari untuk pemakain normal
  • Sudah menggunakan OS BlackBerry 10.3 dengan fitur-fitur baru yang sangat membantu
  • Processor sudah quad core, tanpa khawatir lagi menjalankan aplikasi yang berat
  • Memory internal dan external sudah cukup besar untuk sekelas smartphone


Kekurangan BlackBerry Passport


  • Pemasangan SIM Card dan SD Card yang lumayan sulit
  • Non-removable battery
  • Kombinasi keyboard fisik dan virtual yang sulit bagi yang belum terbiasa
  • Handling saat pengetikan sulit  menggunakan 1 tangan