BBM Loading terus di BlackBerry 10

BBM loading terus
Beberapa waktu lalu saya mendapatkan error pada Z10, dimana ketika membuka BBM melalui menu atau melalui HUB selalu loading dan tidak pernah selesai seperti pada gambar. Awalnya dianggap normal namun ketika ini berlangsung berjam-jam sampai menhabiskan battery maka sepertinya ini suatu masalah. Aksi-aksi ringanpum dilakukan berulang-ulang seperti melakukan restart atau turn-off perangkat sampai mencabut battery  ataupun refresh BBID nya namun tetap tidak menyelesaikan masalah.
Karena baru pertama menghadapi masalah ini di BB10 maka coba cari solusi di BlackBerry support atau forum-forum luar, dan ternyata ada beberapa kasus yang sama di negara lain dan sepertinya hampir semuanya adalah Z10.  Termasuk di Indonesiapun ada beberapa yang menanyakan solusi untuk kasus ini melalui beberapa forum. Dari hasil pencarian saat itu belum ditemukan solusi untuk memperbaiki masalah ini.

Apa penyebab BBM stuck ?
Sampai saat ini saya belum mengetahu penyebab pastinya apakah masalah dari BlackBerry ID, Server BlackBerry, Software, ataukah Hardware.

Solusi Untuk memperbaiki BBM Loading.
Berdasarkan laporan dari beberapa user yang mengalami masalah ini dan dan dari pengalaman berikut solusi untuk menyelesaikan masalah ini :
  1. Pindahkan ke BlackBerry 10 yang lain, Dari pengalaman yang sudah dilakukan ketika Z10 mengalami masalah tersebut kemudian dipindahkan ke Z10 yang lain, walaupun bukan baru namun data BBID sudah dikosongkan sebelumnya, ternyata BBM langsung masuk. Dengan menonaktifkan BBID di Z10 lama yang bermasalah.
  2. Downgrade versi OS Blackberry nya, Dari penglaman pengguna yang lain yang pernah melakukan ini dan berhasil. Hanya saja cara yang digunakan adalah sedikit beresiko karena secara resminya BlackBerry tidak menyediakan opsi untuk downgrade. Downgrade yang dilakukan adalah menggunakan OS leak dimana pengguna bisa update ke versi manapun sesuai OS leak yang dimilikinya. Anda belum mengerti mengenai OS Leak silahkan baca di dini: BlackBerry OS Leak
  3. Install BBM Channels, Cara ini pernah saya lakukan sendiri dan berhasil. Bila di BlackBerry dengan OS 5/6/7 aplikasi BBM nya terpisah dari aplikasi inti BlackBerry sehingga memungkinkan untuk mereset aplikasi BlackBerry dengan cara melakukan un-install dan meng install kannya kembali. Namun di Blackberry 10 ini, aplikasi BBM ini sudah menjadi satu kesatuan dengan aplikasi inti Blackberry 10 sehingga tidak memungkinkan lagi untuk melakukan re-install BBM. Cara yang pernah saya lakukan adalah melakukan install BBM Channels yang mana ini adalah bagian dari aplikasi BBM yang dapat diinstall dan hasilnya setelah diinstall BBM Channels ini langsung normal kembali.
Dari dua solusi diatas saya tetap belum bisa menyimpulkan penyebab masalahnya, maka mungkin saja ada cara lain untuk menyelesaikan masalah anda ini. Berikut beberapa cara lain yang bisa di coba sebelum melakukan 2 aksi diatas :
  • Ganti password BBID di komputer dan di BB10
  • Lakukan Wipe BlackBerry 10
  • Re-load menggunakan BBLink
Bila anda tidak dapat melakukan tahapan – tahapan diatas anda dapat membawanya ke service resmi BlackBerry atau BlackBerry Expert Center dengan mencari lokasi service center yang terdekat dengan anda. Anda hanya memberikan unitnya ke petugas atau ke customer service nya dan biarkan mereka yang melakukan perbaikan untuk BlackBerry 10 anda, ini tentunya berlaku hanya untuk perangkat yang bergaransi resmi BlackBerry Indonesia yang dikeluarkan oleh tiga distributor nya yaitu TAM, Comtech dan SCM. Untuk mengetahui lokasi service centernya bisa dilihat di kartu garansi atau di website resminya BlackBerry Indonesia.