Tips Cara melakukan Screen Shoot di BlackBerry 10

Tips screen shoot BB10
Screen shoot, screen capture atau mencetak tampilan lauyar kadang dibutuhkan entah itu diperangkat mobile atau di komputer sekalipun tentunya untuk beberapa tujuan atau keperluan. Di blackBerry OS 7 kebawah, untuk melakukan screen shoot memerlukan aplikasi tambahan yang harus didownload dan diinstal dari BlackBerry world. Maka bagi pengguna BlackBerry dengan OS BlackBerry 10 yaitu Z10, Q10 atau Q5 sebagai pendatang baru dengan harga Q5 yang paling murah,  dapat melakukan screen capture  layar BlackBerry 10 tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Mungkin beberapa pengguna sudah tahu tips ini namun para pengguna BlackBerry 10 yang baru mungkin belum mengetahuinya.
Berikut caranya :



  • Buka layar yang akan di capture tampilannya
  • Tempelkan kedua jari di tombol volume atas dan bawah kemudian press/tekan bersamaan 
  • Ketika terdengar suara shutter kamera maka screen capture sudah dilakukan.

Tempat Penyimpanan screen shoot
Seperti halnya perangkat mobile yang memiliki memory internal dan external, termasuk juga BlackBerry 10 yang memiliki external memory. Kita dapat men set penyimpanan hasil dari pengambilan gambar dari kamera dapat disimpan di memory internal atau external. Namun untuk gambar hasil dari screen shoot  akan tersimpan kedalam memmory internal.
File Manager BB10

Untuk melihat nya melalui File Manager di foleder Camera, dan pastikan tampilan mengarah pada internal memory yaitu dengan menunjukkan gambar ponsel di pojok kiri bawah. Bila logo yang keluar adalah gambar memmory card maka menandakan memmory yang ditampilkan adalah memmory external dan harus dipindah ke memmory internal, caranya tap gambar memmory card (kiri bawah), nanti akan terbuka menu di kiri kemudian pilih Device.


Perbandingan Dengan aplikasi external

Apakah ada aplikasi external untuk meng capture tampilan layar? Kemungkinan itu ada namun saya tidak peduli dengan aplikasi external  tersebut karena BlackBerry sudah menyediakan fitur tersebut dan sejauh ini memuaskan. Di BlackBerry dengan versi OS 7 kebawah atau BlackBerry selain BlackBerry 10, untuk dapat melakukan ini harus menginstal aplikasi tambahan lagi yang belum tentu performance ataupun hasilnya sesuai dengan yang kita harapkan. Umumnya developer membuat aplikasi untuk mendapatkan sesuatu, entah itu reputasi ataupun mencari profit, untuk aplikasi – aplikasi gratispun kadang harus dibumbui dengan iklan – iklan atau support yang minim dari developernya. Maka fitur yang ada di BlackBerry 10 ini walau tidak sering digunakan namun sangat membantu.

Benefit Screen Capture

Saya sendiri sering menggunakan fitur ini, khususnya untuk mendukung tulisan di Blog ini. Bila dilihat beberapa gambar yang ditayangkan di blog ini ada banyak gambar yang dihasilkan oleh screen capture ini, khususnya gambar yang diambil dari BlackBerry 10. Untuk menunjukkan tampilan layar di BlackBerry terdahulu sejauh ini saya tidak menggunakan aplikasi tambahan untuk menunjukkannya, Dengan mencari simple karena bisa langsung diaplikasikan maka saya memfoto tampilan layar untuk beberapa model BlackBerry versi OS 5/6/7, selain tidak ingin menginstal nya karena memang sudah jarang menggunakan model tersebut termasuk aplikasi nya yang jarang digunakan pula. Elain untuk kepentingan pendukung Blog ini, beberapa kali saya melakukan screen capture untuk menunjukkan sesuatu kepada seseorang yang dikirim melalui email atau melalui aplikasi layanan pesan lainnya. Fitur ini memang jarang digunakan namun ketika diperlukan maka fitur ini sangat powerfull dan sangat membantu, yang bagi sebagian orang memiliki maksud dan tujuan yang lain ketika menggunakan ini.