10 tips kontak di BlackBerry 10

Tips Kontak
Pada dasarnya mobile phone, hand phone atau smart phone merupakan alat komunikasi untuk melakukan percakapan atau mengirim pesan, Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi perangkat mobile bukan sekedar alat komunikasi melainkan juga sebagai asisten pribadi yang sering dibawa kemana – mana. Namun tetap fungsi utamanya sebagai alat komunikasi tidak bisa dihilangkan. Pada awal – awal diluncurkannya handphone mungkin terbatas kepada alat untuk menelepon, kemudian munculah SMS untuk mengirim pesan yang kemudian teknologi berkembang dengan adanya GPRS yang memungkinkan handphone dapat melakukan browsing internet melalui WAP.Dan saat ini teknologi sudah sangat berkembang dengan jaringan koneksi 4G yang memiliki kecepatan bisa diatas 5 Mbps dan juga bermunculan jenis – jenis pesan seperti aplikasi layanan pesan yang tidak hanya mengirim pesan suara, juga dapat mengirim pesan gambar ataupun suara melalui aplikasi ini. Termasuk BlackBerry yang terus dikembangkan dibeberapa bagian termasuk messaging system nya seperti BlackBerry Messenger yang dulu hanya mengirim pesan singkat, kini aplikasi ini sudah berkembang dengan kemampuan melakukan percakapan suara maupun secara visual melalui BBM ini.


Bila dibandingkan dengan BlackBerry OS versi 7 dan versi dibawahnya, BlackBerry 10 memberikan beberapa inovasi di menu kontak ini selain ada Fitur-fitur unggulan di BlackBerry 10. Berikut ini 10 tips yang dapat di manfaatkan dari Kontak yang saat ini ada di BlackBerry Z10, Q10 dan Q5.

  1. Orang yang sama namun dengan kontak yang terpisah-pisah (telp, BBM, social media dll) dapat disatukan menjadi satu kontak dengan men tap menu link (logo rantai).
  2. Kontak dari beberapa account (BBM, email, twitter dll) dapat dipilih untuk diaktifkan atau tidak, caranya buka menu kontak, kemusdian swipe dari layar atas akan keluar menu setting dan di tap, keluar semua account dan pilih kontak dari account mana yang akan diaktifkan atau di non-aktifkan
  3. Kontak dapat ditambahkan dari Hub dan aplikasi Phone, Cari no telp dari tel masuk atau keluar yang tidak ada namanya, kemudian tap agak lama nanti akan keluar menu samping kanan, pilih Add to Contact dari menu samping.
  4. Picture Profile kontak dapat dirubah dengan men tap kontak tersebut, kemudian pilih gambar pencil dibawah untuk masuk edit profile. Tap area gambar profile untuk mengganti dengan gambar yang tersimpan di perangkat.
  5. Update media social dapat dilihat di tab update dari menu kontak, asalkan kontak detail dibuat enable dari komtak setting. 
  6. Kontak-kontak penting dapat ditandai sebagai favorit dari dengan men tap dan menahannya beberapa saat sampai menu samping kiri keluar, kemudian pilih add to Favorite. 
  7. Kontak dapat di set sebagai speed dial dengan masuk ke menu Phone dari pilih panggilan/penerimaan terakhir kemudian men-tap kontak tersebut dan menahannya sampai menu samping keluar kemudian pilih add to speed dial. Speed dial bisa dikeluarkan dari menu yang sama. 
  8. Untuk mempercepat navigasi didalam menu kontak dengan men tap dan men scroll kebawah di row huruf bagian kanan. 
  9. Memfilter kontak hanya untuk aplikasi tertentu saja,misal kontak BBM saja atau kontak email saja, dapat dipilih dengan mentap icon di pojok kiri bawah kemudian pilih kontak aplikasi yang akan di tampilkan. 
  10. Alamat yang ada di kontak dapat terhubung dengandengan BlackBerry Map dan dapat di navigasi ke lokasi tersebut dan dapat ditandai sebagai lokasi favorite untuk memudahkan akses dikemudian hari.
Semoga Bermanfaat ...