Pilih Keyboard Fisik atau Virtual ?


Keyboard Z10 and keyboard Q10
Tidak ada yang dapat membuat keyboard yang lebih baik dari BlackBerry, berikut ungkapan dari Thorsten Heins pada acara BlackBerry Live 2013. Tentu bagus buruknya keyboard tergantung pengguna, Namun apa yang diungkapkan oleh Thorsten Heins bisa beralasan setelah anda menggunakan  Keyboard fisik BlackBerry Q10 dan keyboard virtual yang ada di BlackBerry Z10, dengan tidak hanya sebagai alat input namun keyboard BlackBerry 10 memiliki fitur predictive keyboard dan corrective kata.
Antara beberapa desain keyboard fisik dan keyboard virtual memiliki penggemar tersendiri, mungkin karena kebiasaan atau faktor fisik jari atau alasan lainnya mengapa mereka memilih keyboard fisik atau keyboard virtual.  Masuk kelompok manakah anda, apakah lebih memilih keyboard fisik yang menurut anda lebih akurat atau anda lebih menyukai keyboard virtual dengan fleksibilitas dalam penggunaannya. Saya akan menjelaskan  perbedaan antar keyboard fisik dan keyboard virtual  berdasarkan fakta yang ada pada kedua jenis keyboard tersebut.


Kelebihan Keyboard Fisik,
Sejak model terdahulu sampai model sekarang, BlackBerry didominasi oleh Perangkat mobile yang didukung oleh keyboard fisik atau dikenal QWERTY keyboard, sehingga sampai sekarangpun keyboard fisik akan terus dipertahankan. Q10 sebagai generasi terkini dari perkembangan dan perbaikan-perbaikan dalam desain dan juga beberapa pertimbangan lainnya, Q10 didesain berdasarkan kenyamanan dan argonomik dalam mengetik  maka bila anda sudah pernah menggunakan Q10 maka kenyamanan dari keyboard nya sangat baik.
Dengan fisik keyboard memungkinkan untuk melakukan aksi-aksi dengan cepat dan lebih mudah dalam menggunakan shortcut atau jalur pintas menggunakan fisik keyboard. Salah satu fitur lain dari fisik keyboard adalah instant action atau tindakan cepat  yang sudah dibahas dalam tulisan sebelumnya dimana fitur ini mempercepat dalam menggunakan beberapa aplikasi, dan dimana instant action ini hanya ada di Blackberry yang memiliki keyboard fisik yaitu BlackBerry Q5 dan Q10 dan tidak ada di Z10.

Kelebihan Keyboard Virtual
Keyboard virtual untuk BlackBerry 10 saat ini hanya ada pada Z10 sebagai model full touch screen, dengan virtual keyboard yang dinamis dan fleksibel, sehingga memungkinkan pengguna untuk membuka aplikasi dengan layar penuh dan lebar tanpa ada keyboard yang mengurangi porsi layarnya. Selain itu BlackBerry Z10 memiliki fitur lainnya yaitu predictive keyboard yang sebenarnya ada pula di Q10 yang memiliki keyboard fisik, namun prediktif di Z10 ini memberikan kemudahan lebih karena prediktif katanya ditampilkan diatas tombol virtualnya sehingga lebih mudah untuk memilih dan menggunakannya dibandingkan Q10. Selain itu perintah-perintah yang dilakukan dengan gesture di layar seperti swipe ke kiri untuk menghapus yang mempercepat process penghapusan dan ini hanya ada di perangkat BlackBerry 10 full touch screen.

Dalam beberapa bulan kedepan BlackBerry 10 akan memiliki 4 model yang beredar dipasaran yaitu BlackBerry Q5, Q10, Z10 dan A10 dimana dua model adalah full touch screen dan dua lagi adalah model dengan keyboard fisik. Untuk keyboard fisik semuanya adalah qwerty keyboard yang sudah menjadi model umum dari beberapa versi BlackBerry termasuk BlackBerry dengan versi OS 7 dan dibawahnya.

Manakah yang lebih baik antara keyboard fisik atau virtual ? keduanya memiliki kelebihan masing-masing dan tentunya tidak bisa diputuskan mana yang lebih bagus dan mana yang lebih baik.  Mungkin tanpa ada penjelasan anda sudah menentukan dalam kelompok mana anda saat ini atau setelah melihat ini anda akan mencoba untuk beralih ke keyboard fisik atau keyboard virtual.