Tidak bisa terima email Gmail di BlackBerry 10

GMail on BlackBerry 10
Fasilitas Email dan push mail merupakan salah satu unggulan dari BlackBerry yang sudah lama ada di BlackBerry, namun dari beberapa tahun lalu sampai saat ini dimana BlackBerry sudah mengeluarkan model dengan OS BlackBerry 10. tidak luput dari masalah yang terjadi pada Email ataupun proses push mail yang mungkin disebabkan oleh perangkat BlackBerry nya itu sendiri ataupun oleh jaringan, namun tidak menutup kemungkinan datang dari penyedia layanan email itu sendiri yang terjadi kesalahan atau ada perubahan dari sisi konfigurasi server emailnya.
Saat ini salah satu layanan email yang gratis dan memiliki banyak fitur dan kemampuan untuk menarik email tanpa membuka browser halaman email (POP, IMAP) yaitu Google mail atau Gmail, selain Gmail masih bayak layanan email gratis dengan kwalitas layanan sangat profesional namun Gmail merupakan salah satu yang paling terkenal saat ini. Gmail merupakan layanan dengan keamanan cukup tinggi dan kwalitas integrasi dengan layanan Gogle lainninya sangat baik serta didukung infrastruktur dari salah satu raksasa dunia dibidang internet.

Maka tidak diragukan lagi kemampuannya oleh para penggunanya, itu sebabnya Gmail banyak dipilih orang sebagai layanan Email gratis. Terkait dengan BlackBerry 10 sebagai alat yang menerima email Gmail dengan dukungan operator dan server BlackBerry untuk melakukan push email menjadikan Push email di BlackBerry 10 merupakan fitur unggulan sejak lama. Namun tidak luput dari masalah, ada laporan pengguna yang mengeluhkan tidak bisanya terima email dari Gmail IMAP ke perangkat BlackBerry nya. Mari kita lihat masalahnya mengapa Email dari Gmail tidak bisa di terima oleh BlackBerry 10 yang saat ini ada 3 model yaitu BlackBerry Q5 dan Q10 dengan qwerty keyboard juga Z10 dengan full touch screen.

Penyebab Email dari Gmail tidak diterima di BlackBerry 10:

  • Account Gmail tidak di setup menggunakan akses IMAP
  • Semua folder email di hidden dari IMAP server
  • Ada alamat email di Send Mail sebagai email pengiriman 
  • Settingan Gmail dikonfigurasikan untuk meremove email dari server ketika sudah diakses oleh POP protocol.
Solusi Masalah Email Gmail
Dari urainyan kemungkinan masalah diatas, ada beberapa solusi dengan cara membuka halaman browser kemudian sign in ke Google mail, kemudian cari options kemudian pilih Mail Setting, kemudian ikuti beberapa  resolusi berikut :
  1. Pilih Enable IMAP pada tab Forwarding and POP/IMAP
  2. Membuat Enable folder All Mail, Sent Mail, dan Trash untuk ditampilkan dan dapat dilihat ketika menggunakan IMAP
  3. Hilangkan alamat email yang ada di kolom Send mail sebagai opsi yang ada di tab Accounts and Import di menu  Settings. (Opsi ini tidak untuk Gmail account, hanya sesuai untuk account yang lainnya yang terintegrasi dengan akun GMail, seperti Hotmail atau Yahoo)
  4. Pada tab Forwarding and POP/IMAP, klik drop-down menu dan pilih opsi Keep Gmail's copy in the Inbox pada bagian POP Download
IMAP Setting GMail

Show Gmail Folder


Beberapa masalah lainnya yang pernah terjadi di BlackBerry 10 termasuk BlackBerry Q5, Q10 dan Z10 terkait email dimana beberapa diantaranya tidak dapat membuat account email dan tidak dapat mengirim email ke atau dari beberapa account email. Beberapa mungkin disebabkan dari perangkat BlackBerry 10 namun beberapa lagi berasal dari account atau penyedia layanan emailnya.

Itu tadi masalah yang mungkin terjadi dengan email yang tidak masuk ke BlackBerry 10 anda dilihat dari sisi Gogle Mail. Semoga berhasil ....