Perkiraan Harga BlackBerry Q5 di Indonesia

New BlackBerry Q5
BlackBerry Q5 sudah dilaunch di 3 negara yaitu Dubai 20 Juni 2013, German dan Malaysia 4 Juli 2013. Di dubai sendiri peluncuran Q5 dibarengi dengan peresmian first concept BlackBerry Store ini mungkin menjadi salah satu strategi BlackBerry untuk memperluas jaringan store resmi BlackBerry di daerah Uni Emirate Arab.
BlackBerry Q5 merupakan model hybrid qwerty keyboard dan touch screen, dengan OS yang tertanam didalamnya adalah OS versi 10.1 merupakan OS yang lebih stabil karena telah digunakan oleh Z10 dan Q10 sebelumnya, walaupun masih ada satu dua bugs yang masih menjadi masalah namun itu merupakan minor issue yang tidak menghambat dalam mengoperasikan BlackBerry Q5. Untuk OS 10.1 ini persis sama dengan yang digunakan Z10 dan Q10 sehingga aplikasi dan fitur-fitur didalamnya tentu sama. Dengan harga yang lebih murah ada penurunan spek khusunya dari segi hardware, untuk melihat perbandingan spek antara Q5 dan Q10 bisa dilihat disini Perbandingan Q5 dan Q10.


Dari beberapa negara yang sudah memperkenanlkan ataupun menjual BlackBerry Q5 ini, berikut harga yang mereka bandrol  untuk Q5 ini. Harga sudah di konversi ke Rupiah sesuai kurs perhari ini dengan pembulatan yang wajar.

Harga BlackBerry Q5:
Dubai : Dh 1,499 atau Rp 4.050.000
German : € 389 atau Rp 4.990.000
Malaysia : RM 1,299 atau Rp 4.040.000

Dari harga-harga tersebut, BlackBerry memberikan harga tertinggi di Jerman hampir 5 Juta rupiah, sedangkan terrendah adalah harga yang dikeluarkan di Malaysi hanya sekitar 4 Jutaan.

Berapa harga BlackBerry Q5 di Indonesia?
Sampai saat ini BlackBerry belum menentukan tanggal launch Q5 ini di Indonesia termasuk juga harga yang akan di tawarkan ke publik. Bila kita melihat negara tetangga Malaysia dengan harga yang dikeluarkan sekitar 4 Juta rupiah, mungkin di Indonesia tidak terpaut jauh dari harga tersebut. Namun biasanya saat lauch  harga yang ditawarkan saat pre-order biasanya lebih murah dibandingkan harga ritel, Untuk Q10 saja ada yang memberikan cash back hingga Rp 2 juta, maka bisa jadi harga pre-order sekitar 3 jutaan dan biasanya disertai bonus-bonus bila membeli dengan bundling operator.


Saat ini BlackBerry Q5 merupakan model terbaru di kelas Blackberry 10 yang sebelumnya hadir BlackBerry Z10 dan Q10. Jika BlackBerry Z10 dan Q10 di bandrol dengan harga 6-7 jutaan sedangkan Blackberry Q5 kemungkinan akan dihargai sekitar 3-4 jutaan, maka target pasar untuk Blackberry Q5 ini adalah untuk kalangan menengah kebawah, sehingga akan banyak orang yang dapat merasakan BlackBerry 10  walaupun ada perbedaan namun sepertinya perbedaan yang ada di BlackBerry Q5 dan model-model sebelumnya tidak terlalu significant.  Di BlackBerry Q5 sudah tidak ada lagi port HDMI dan ini apakah sesuatu yang penting? 4-5 tahun lalu sudah mulai beredar smartphone yand memiliki fitur HDMI namun sampai sekarang fitur tersebut jarang digunakan, mungkin hanya sebagian kecil yang sering menggunakan HDMI untuk kegiatan atau pekerjaan. Mungkin yang terasa kekurangannya adalah di Kamera, karena kamera merupakan salah satu fitur yang sering digunakan oleh pengguna smartphone namun kembali lagi dari fungsi kamera pada smartphone hanya sebagai perekam moment atau sekedar iseng, termasuk kamera-kamera yang ada di smartphone masih belum bisa menyamai kwalitas dari kamera digital sungguhan dengan ukuran sensor yang lebih besar dan setingan manual yang dapat menset sesuai kondisi.


Pertimbangkan, apakah anda tertarik bila Q5 di jual sekitar 3 jutaan ?


Foto-foto peluncuran Q5 di beberapa Negara: