Harga BlackBerry Z3 aka BB Jakarta disertai Spesifikasi dan Review langsung

BlackBerry Z3 Jakarta
Pada sela – sela acara ECS yang  dilakukan di Las Vegas beberapa waktu lalu,  Jhon Chen selaku CEO BlackBerry mengumumkan mengenai akan dikeluarkan nya BlackBerry terbarunya yang akan diberi nama BlackBerry Jakarta. Nama Jakarta digunakan oleh BlackBerry tentunya bukan tanpa alasan, BlackBerry ingin meningkatkan kembali penjualan BlackBerry di Indonesia khususnya kota Jakarta yang merupakan kontributor terbesar untuk penjualan BlackBerry di Indonesia.  Selain nama, juga desain dan harga yang didisain khusus untuk pengguna Indonesia termasuk content – content yang ada didalamnya juga akan disertakan dengan content lokal Indonesia.
Dan akhirnya pada acaraMobile World Congres (MWC) 2014 yang diadakan di Barcelona spanyol, Jhon membuktikan janjinya dengan meluncurkan model terbarunya BlackBerry Z3 atau dikenal dengan BlackBerry Jakarta. Dengan layar 5 inch dan didukung OS BlackBerry 10 dengan versi terbarunya 10.2.1 yang kaya akan fitur - fitur barunya.

Harga BlackBerry Z3
Update:
Saat ini BlackBerry Z3 belum dijual dipasaran yang rencananya akan di bandrol dengan harga Rp2.199.000. namun anda dapat melakukan pre order melalui salah satu Toko Online Lazada dengan penawaran harga dikisaran 2 jutaan, untuk harga terupdate silahkan cek Harga Z3 di Lazada.co.id.


BLACKBERRY Z30 - by Lazada

* : Sewaktu - waktu harga dapat berubah tanpa pemberitahuan, cek langsung di Online Shop terkait untuk harga terupdate.

Spesifikasi BlackBerry Z3

BlackBerry Jakarta Z3

Specifications
2G Network
GSM
3G Network
HSDPA
4G Network
-
Weight
-
Keyboard
Virtual Keyboard (Full Touch Screen)
Type Display
Capacitive touchscreen, 16M colors
Size Display
540 x 960 pixels, 5.0 inches (~220 ppi pixel density)
Multitouch
Yes
3.5mm jack
Yes
External Memmory
Micro SD up to 32 GB
Internal Memmory
8 GB storage, 1.5 GB RAM
Speed
HSDPA, HSUPA
WLAN
Yes
Bluetooth
Yes
NFC
No
Infrared port
No
HDMI
No
USB
Yes, microUSB v2.0
Primary Camera
5 MP, 2592 Ñ… 1944 pixels
Secondary Camera
Yes, 1.1 MP
Video
Yes
OS
BlackBerry 10.2 OS
Chipset
Qualcomm Snapdragon 400
CPU
Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7
GPU
Adreno 305
Sensors
Accelerometer, proximity
Browser
HTML5
GPS
Yes, with A-GPS support
Java
Yes, MIDP 2.1
Colors
Black
Battery
Non-removable

Review BlackBerry Z3

Review ini berdasarkan pengalaman langsung memegang dan menggunakan BlackBerry Z3 untuk digunakan keseharian.

Design
Bentuk dari BlackBerry Z3 ini lebih terlihat kotak dengan sedikit lengkungan - lengkungan, bentuk lengkuknagan hanya dibagian sisi kanan dan kirinya. Tidak seperti BlackBerry Z30 dan Z10, pada bagian depan semua tertututp kaca dari atas sampai bawah, tanpa ada plat atau sejenisnya dibagian atas ataupun bawah seperti model sebelumnya. Pada bagian depan bagian atas terdapat speker, kamera dan sensor cahaya dan logo BlackBerry di bagian bawahnya. Pada bagian sisi sebagian kiri terdapat tombol volume dan juga tombol power, dimana tombol power tidak seperti model sebelumnya yang biasanya ada dibagian atas. Pada sisi bagian kanan merupakan tempat menyimpan kartu SIM dan kartu memory (Micro SD) dengan penutup dibagian luarnya.
BlacBerry Jakarta Z3 Depan

Pada bagian belakang dibuat dengan grippy soft-touch atau bahan yang lembut dan kesat dengan grip-grip berbentuk kotak - kotak kecil. Dibagian tengah terdapat logo BlackBerry berwarna silver. Untuk Kamera dan flash nya diletakkan dibagian atas kiri sama seperti model sebelumnya, pada bagian bawah kiri penutup bagian bawah berlubang - lubang yang merupakan tempat keluarnya loud speaker. Untuk lubang headset ada dibagian sisi atas dan tempat charging atau koneksi USB ada di sisi bagian bawah. Untuk battery BlackBerry Z3 ini merupakan non-removeble battery artinya tidak mudah untuk dilepas dan untuk melepasnya harus membongkar perangkat secara keseluruhan dengan membuka baut terlebih dahulu dan ini sama modelnya seperti BlackBerry Z30.


BlacBerry Jakarta Z3 sisi
BlackBerry Z3 atas Bawah

BlacBerry Jakarta Z3 Belakang

BBM
BlackBerry Messenger merupakan salah satu fitur unggulan dari BlackBerry walaupun BBM sudah diberikan ke iOS dan Android yang sudah dipakai dibeberapa brand ternama. Namun tetap saja sensasi menggunakan BBM di perangkat BlackBerry terasa berbeda apalagi tidak semua fitur yang ada di BBM diberikan ke iOS dan Android. Ada beberapa aplikasi pengolah pesan dari yang berskala besar sampai yang kecil dengan kelebihan-kelebihan yang diberikan oleh masing-masing pengolah pesan tersebut. Adapun fitur - fitur unggulan yang ada di BBM khususnya di BlackBerry Z3 adalah :
  • Voice Chat
  • Video Chat
  • BBM Channels
  • Indikasi Read ketika pesan sudah dibaca
  • Pengiriman file hingga 6 MB
  • Pengiriman gambar dengan pilihan resolusi

Kemampuan menjalankan aplikasi dan game android

Sejak diluncurkannya versi OS BlackBerry 10.2.1 di awal tahun 2014 ini, semua BlackBerry 10 memiliki kemampuan untuk menginstal dan menjalankan aplikasi dan juga game Android atau file ber extention apk langsung dari perangkat BlackBerry tanpa harus melakukan konversi apapun. Termasuk BlackBerry terbaru ini yaitu BlackBerry Z3 yang sudah ditanamkan OS ber kemampuan menjalankan aplikasi Android yang tentunya versi OS nya pun sudah ada perbaikan dari versi 10.2.1 yang pertama diluncurkan.  Ini bukan berarti bahwa BlackBerry 10 termasuk Z10 ini berplatform OS Android, tetap bahwa semua BlackBerry 10 menjalankan semua prosesnya menggunakannya OS BlackBerry 10 yang berbasiskan QNX.
Ini menjadi salah satu kelebihan BlackBerry Z3 dengan OS BlackBerry 10 dengan banyak fitur dialaminya dan juga dapat menjalankan aplikasi dan game android.

Android BlacBerry Jakarta Z3

Layar 5 inch

Sudah banyak beredar smartphone dipasaran dengan beraneka ukuran layar dari yang kecil sampai yang berukuran 5 inch atau lebih. Dengan harga yang dibandrol sekitar $200 tentunya ini menjadi nilai lebih dari BlackBerry Z3 ini. Dimana dengan ukuran layar dan harga yang ditawarkan dapat bersaing dengan brand besar lainnya. Dengan ukuran layar 5 inch, masih dapat digenggam dengan tangan namun dengan lebarnya layarnya ini memberikan kemudahan ada :
  • Saat membaca atau menulis pesan BBM, Email dan pesan lainnya
  • LEbih leluasa saat memainkan game
  • Menampilkan layar browser lebih luas dan mempermudah ketika membaca berita atau browsing
  • Menampilkan gambar atau video lebih lebar dan lebih jelas

BlackBerry Hub

Dari sejak dulu, BlackBerry sudah dikenal dengan smartphone yang mempunya kemampuan lebih dalam pengolahan pesan, mulai dari push mail, BBM dan aplikasi pengolah pesan lainnya. BlackBerry Hub merupakan fitur yang hanya ada di BlackBerry 10 termasuk BlackBerry Z3, fitur ini merupakan bagian atau pendukung dari aplikasi pengolah pesan. Dengan BlackBerry Hub, semua pesan, kalender dan notifikasi ada dalam satu layar ini. Pengolah pesan yang ada di smartphone saat ini sudah cukup banyak bisa mencapai puluhan, dan dengan BlackBerry Hub ini semua pesan ini dapat dengan mudah untuk dilihat dan di monitoring. Adapun aplikasi atau pesan yang terintegrasi dengan BlackBerry Hub diantaranya:
  • Email, yang jumlahnya bisa lebih dari satu
  • SMS
  • BBM
  • Notifikasi Kalender
  • Notifikasi aplikasi
  • Twitter
  • Facebook
  • PIN Messages
  • Voicemail
Dan masih ada beberapa aplikasi yang dapat ditampung di BlackBerry Hub ini.


Predictive Keyboard

BlackBerry Z3 merupakan smartphone BlackBerry tanpa keyboard fisik atau full touch screen, dan salah satu keunggulan dari BlackBerry 10 atau BlackBerry Z3 adalah Predictive Keyboard artinya BlackBerry Z3 sudah mampu memprediksi kata yang akan diketikkan oleh pengguna dan pengguna dapat memilih beberapa kata yang sudah disediakan tanpa harus mengetikkan dengan lengkap. Sejak beberapa tahun lalu, sudah ada prediksi kata yang ditanam dismartphone, namun prediksi kata yang ada di BlackBerry 10 ini berbeda karena prediksi yang diberikan bisa mencapai 5 kata dan diletakkan di atas tombol huruf sehingga lebih mudah untuk memilihnya. Bulan lalu BlackBerry menampilkan di accout resmi youtube nya mengenai perbandingan prediksi kata yang dimiliki oleh BlackBerry 10 dengan iPhone 5, dan hasilnya pengetikan dengan predictive keyboard blackberry lebih efisien dengan proses yang lebih cepat selesai.

Browser

Sejak diluncurkannya BlackBerry 10 yang kala itu baru muncul BlackBerry Z10, beberapa pengguna membandingkan kecepatan rander halaman web dengan merek lain, dan hasilnya browser BlackBerry 10 lebih cepat dibanding merek lain yang saat itu dibandingkan dengan iPhone. Browser yang ada di BlackBerry Z3 dibuat dengan platform QNX dengan arsitektur pemrograman yang tentunya berbeda dari browser yang sudah ada seperti chrome, mozila, opera dan lainnya. Browser di BlackBerry 10 ini sudah mensupport HTML 5 yang merupakan standar terbaru halaman web tentunya dengan penambahan dan perubahan di bahasa pemprogramannya.
Browser BlacBerry Jakarta Z3

Instant Preview

Fitur yang baru muncul di OS BlackBerry 10 versi 10.2.1 merupakan fitur dukungan dalam pengolah pesan, dimana pesan yang masuk berupa email, BBM, SMS atau lainnya akan ditampilkan sekilas di atas layar ketika pengguna sedang menjalankan salah satu aplikasi atau game dan kemudian akan menghilang dengan sendirinya. Ketika pengguna merasa pesan tersebut penting maka dapat langsung membuka pesan tersebut dan meninggalkan aplikasi atau game yang saat itu sedang dijalankan. Ini  memungkinkan pengguna kehilangan momen dari pesan yang mungkin telat terbaca, dan dengan ini maka pesan-pesan penting tidak akan terlewatkan selama pengguna menggunakan BlackBerry Z3 nya. Ini membuktikan bahwa BlackBerry terus berinovasi dalam penambahan fitur untuk penunjang pengolah pesannya.

BenchMark Z3 Menggunakan AnTuTu


Score dari hasil Benchmark adalah 12036, Masih dibawah Nexus 4 dan Galaxy 3, Namun bila dibandingkan dengan harganya yang sekitar 2 juta yang sudah mampu menjalankan game 3D lumayan lancar.
BechMark yang digunakan adalah aplikasi AnTuTu untuk Android, sehingga penilaian performance nya belum maksimal, yang tentunya bila menjalankan aplikasi-aplikasi khusus untuk BlackBerry 10 tentu performance nya lebih baik lagi..

Benchmark BlackBerry Z3


Kelebihan BlackBerry Z3

  • Harga relatif lebih murah
  • Layar relatif Lebar (5 inch)
  • Kemampuan menjalankan aplikasi Android
  • Membaca dan mengetik pesan lebih leluasa

Kekurangan BlackBerry Z3

  • Battery yang tidakbisa diganti dengan mudah
  • Body plastik
  • Beberapa aplikasi/game kadang berjalan lambat, khususnya Android
Itu tadi review yang dapat saya berikan berdasarkan pengalaman langsung menggunakan BlackBerry Z3 ini selama beberapa minggu.


Ikuti terus tips dan informasi berguna seputar BlackBerry 10 di MyBB10 Channels C001044C6
MyBB10 - BBM Channels