WeChat hadir untuk BlackBerry 10

WeChat on BlackBerry Z10
Aplikasi chating WeChat yang merupakan aplikasi gratis sudah lama hadir untuk ponsel Blackberry namun baru sekarang dirilis untuk BlackBerry 10 namun bila di check di BlackBerry World website ternyata baru tersedia hanya untuk Z10.
WeChat merupakan aplikasi chating multi platform yang sudah lama hadir di dunia aplikasi ponsel ataupun smartphone. Walaupun BlackBerry memiliki aplikasi chating andalannya yaitu BBM atau BlackBerry Messenger yang sangat banyak featurnya mulai dari kemampuan untuk melakukan panggilan suara sampai melakukan panggilan video menggunakan aplikasi BBM ini. Namun kehadiran WeChat ini khususnya di BlackBerry Z10 memiliki beberapa featur berbeda dari BBM dan juga dengan Aplikasi WeChat ini pengguna BlackBerry dapat melakukan chating dengan ponsel yang memiliki OS selain BlackBerry atau yang saat ini populer adalah aplikasi android. Walupun kedepannya BBM juga akan expand ke platform yang lain seperti Android dan iOS namun pengguna WeChat yang sebelumnya sudah ada memiliki penggemar tersendiri dan tentunya kita bisa memperluas jaringan pertemanan melalui beberapa aplikasi seperti WeChat ini.


Fitur-fitur WeChat sendiri selain fungsi utamanya sebagai messaging atau pengiriman pesan juga sebagai aplikasi social network. Berikut ini beberap fitur WeChat yang akan ada di BlackBerry Z10.
  • Registrasi cepat menggunakan no ponsel
  • Gratis dan lintas platform yang memungkinkan memperluas jaringan pertemanan bukan hanya antar pengguna BlackBerry saja.
  • Dapat diaplikasikan untuk personal atau group untuk pengiriman pesan text, suara, gambar dan lainnya.
  • Hystory pesan tersimpan di perangkat sehingga dapat diakses meskipun saat offline
  • Mudah untuk menambah teman dengan menscan QR Code, sinkron dengan no telpon dan sharing identitas.
  • Support beberapa bahasa termasuk Indonesia yang merupakan salah satu pengguna terbanyak.
  • Tersedia untuk platform BlackBerry mulai dari OS5 sampai OS 10.
Scan QR Code berikut untuk mendownload dan install aplikasinya dari BlackBerry World.



WeChat merupakan layanan pesan yang masuk dalam katagori aplikasi messaging yang popular, selain WeChat  ada beberapa aplikasi lainnya yang sejenis seperti WhatsApps, Line, KakaoTalk dan BBM. Bila BBM mengidentifikasikan penggunanya berdasarkan PIN yang merupakan unique number yang ada diperangkat BlackBerry, Sedangkan untuk WeChat mengidentifikasikan identitas penggunanya berdasarkan no Telephone. Kelebihan lain dari We chat ini adalah aplikasi lintas platform artinya dapat digunakan bukan hanya untuk pengguna BlackBerry atau pun Android saja namun lebih luas dari itu dapat digunakan untuk banyak platform dan ini memungkinkan untuk terkoneksi dengan jaringan yang lebih luas.

Aplikasi layanan pesan ini dapat mengirimkan pesan ke personal atau melalui group, dengan pesan yang dikirim bukan hanya pesan teks namun juga dapat mengirim pesan gambar dan  suara. Kemampuan lainnya dari aplikasi messaging ini adalah dapat menyimpan history percakapan di perangkat yang terinstal aplikasi ini. Sehingga pengguna dapat membaca atau melihat ulang percakapan – percakapan yang lalu meskipun dalam kondisi offline atau tidak terhubung dengan jaringan. Aplikasi ini juga support beberapa bahasa termasuk Indonesia dimana Indonesia merupakan salah satu pengguna terbanyak dari aplikasi WeChat ini. Saat ini aplikasi WeChat ini sudah tersedia untuk banyak platform termasuk BlackBerry, yang mana dari platform BlackBerry OS 5 sampai dengan OS 10 sudah mensupportnya. BlackBerry telah memiliki aplikasi messaging tersendiri yaitu BlackBerry Messenger atau lebih dikenal dengan BBM, namun tidak ada salahnya kita menambah jaringan teman dengan menginstal aplikasi WeChat ini, karena tidak semua rekan atau sahabat kita memiliki perangkat BlackBerry semua.