10 tips pengetikan di BlackBerry Q5 dan Q10

Q5 Q10 Keyboard tips
BlackBerry Q5 sudah resmi datang ke Indonesia dan ini merupakan model ke 3 dari BlackBerry yang berbasis OS Blackberry 10 setelah sebelumnya keluar Z10 dilanjutkan dengan Q10. Bertahun-tahun BlackBerry mengeluarkan perangkat mobile dengan keyboard fisik atau lebih dikenal dengan qwerty keypad, hanya beberapa saja keypad fisik yang bukan qwerty selebihnya qwerty, juga tidak banyak model yang dikeluarkan dengan keyboard visual atau layar full touchscreen. Dari pengalaman-pengalaman mengeluarkan banyak model dengan qwerty keyboard, BlackBerry memiliki pengalaman yang cukup untuk membuat keyboard yang lebih baik, dan BlackBerry mengklaim bahwa tidak ada keyboard fisik yang lebih baik dari BlackBerry. BlackBerry Q5 dengan keyboard fisik  yang bila dibandingkan dengan keyboard BlackBerry Q10, Keyboard milik BlackBerry Q5 memiliki space antar key atau tombolnya, dan ini akan meminimalkan kesalhana pemencetan tombol yang salah.


Untuk pengguna BlackbBerry fisik seperti BlackBerry Q5 dan Q10, khusunya yang baru menggunakan kedua model ini yang merupakan perangkat mobile berbasis OS BlackBerry 10, ada beberapa tips yang beberapa diantaranya hanya ada di kedua model ini, yang mungkin belum anda sadari kelebihan-kelebihan ini.

  1. Ada tombol pintas (shortcut) yang ada di BlackBerry 10 yang memungkinkan anda lebih cepat dan lebih mudah dalam pengetikan. Tombol shortcut ini akan berfungsi pada menu-menu tentertu saja.
  2. Dengan menekan tombol 0 dan menahannya sampai keluar logo mic, ini akan menampilkan perintah suara untuk mencari atau menuju ke aplikasi yang kita suarakan.
  3. BlackBerry 10 mensupport multi bahasa sehingga memungkinkan untuk menampilkan prediksi kata sesuai bahsa yang di setting, termasuk support untuk bahasa Indonesia
  4. Ketika menulis pesan, dengan menekan tombol huruf  apapun dengan waktu yang lebih lama akan mengubah huruf dari huruf kecil menjadi huruf besar atau kapital tanpa harus menekan shift.
  5. Dengan menekan tombol akan dapat langsung membuat panggilan ke nomor tertentu yang sudah di set sebagai speed dial. Caranya pada menu Phone masuk setting (swap dari atas kebawah untuk setting) dan pilih speed dial, pilih salah satu huruh kemudian tambahkan kontak untuk speed dial. Conto pilih huruf "I" kemudian tambahkan kontak Iwan, maka speed dial untuk Iwan jika menekan huruf I.
  6. Quick search atau pencarian cepat dapat dilakukan pada saat layar di posisi home screen (tampilan menu-menu), anda dapat langsung mengetikkan apapun untuk pencarian. Untuk detail penggunaan ini bisa dilihat di Cara membuat perintah cepat di BlackBerry Q5 dan Q10
  7. BlackBerry 10 memiliki fitur subtitusi kata, untuk mempercepat dan mempermudah pengetikan contoh ketik mynumber atau myphone maka akan keluar no telpon kita namun ini harus di set terlebih dahulu, lihat caranya di cara membuat subtitusi kata 
  8. Fitur yang ada di BlackBerry 10 termasuk model Q5, Q10 dan Z10 adalah prediksi kata, penempatan prediksi kata ada di bagian bawah layar untuk model Q5 dan Q10, sedangkan untuk Z10 ada di tampilan keyboard atau tombol
  9. Insert secara otomatis beberapa karakter sesuai penempatannya, ketika kita masuk ke browser dan mengetik dikolom browser maka akan otomatis muncul karakterter yang disarankan seperti .com. Contoh lain ketika menulis mengisi alamat email akan disarankan atau otomatis muncul karakter yang disarankan yaitu karakter "@". Juga ketika menulis pesan, ketika menekan spasi 2 kali akan otomatis keluar titik dan masuk ke kalimat baru dengan huruf kapital. Dan masih ada beberapa lainnya.
  10. BlackBerry 10 memiliki subtistusi kata yang sudah ada atau built in dengan OS nya dan tidak perlu kita menambahkannya, seperti bb akan keluar BlackBerry, dan masih ada kata-kata lainnya yang dapat dilihat di salah satu tutorial disini cara membuat subtitusi kata

Beberapa tips diatas mungkin sudah anda ketahui namun sebagai pengguna baru mungkin anda belum menyadari sebelumnya kelebihan-kelebihan yang ada di Blackberry 10 khusunya yang memiliki keyboard fisik yaitu BlackBerry Q5 dan Q10.