Apa itu AMOLED ?

Amoled in BlackBerry Q10
Ketika BlackBerry 10 pertama kali keluar yaitu Z10 dengan layar sentuh LCD yang responsif, dan ketika
BlackBerry Q10 di perkenalkan, maka kita melihat bahwa spek untuk touch screen displaynya adalah Super AMOLED. Bila kita sudah mengenal LCD bertahun-tahun yang diaplikasikan di perangkat mobil dan juga perangkat-perangkat lainnya yang menggunakan display, mungkin sudah tidak asing lagi namun mungkin beberapa dari kita baru mendengar kata AMOLED.
Apakah AMOLED itu ? AMOLED atau Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode merupakan teknologi display yang digunakan pada perangkat mobile, monitor atau kamera digital. Layar AMOLED terdiri dari lapisan tipis polimer organik yang menyala ketika di trigger dengan arus listrik. Karena konstruksi yang simple ini, layar AMOLED bisa sangat tipis dan tidak memerlukan backlight.
Sedangkan di BlackBerry Q10 teknologinya adalah Super AMOLED, yaitu layar AMOLED yang secara digital diintegrasikan dengan deteksi sentuhan. Super Amoled ini memantulkan 5 kali lipat lebih sedikit dibandingkan AMOLED seri pertama.


Untuk mendalami AMOLED ini, maka kita bandingkan dengan LCD. Berikut perbandingan LCD dan AMOLED:


LCD atau Liquid Crystal Display, sudah digunakan sejak sangat lama untuk teknologi display yang tentunya hampir setiap orang tahu implementasi dari LCD ini. LCD terbuat dari kristal cair yang , mereka juga memerlukan beberapa panel kaca, dan sumber cahaya tambahan yang umumnya diletakkan di bagian bawah atau atas LCD. Layar LCD menghasilkan beberapa warna yang  realistis yang dapat lihat di layar, namun untuk kontras tidak sebagus AMOLED atau OLED.
LCD sendiri tebagi dari beberapa teknologi yang digunakan yaitu LCD TFT dan IPS. TFT atau Tin Film Transistor dengan keunggulan lebih efisien dengan mengurangi elektroda per pixel. Sedangkan IPS atau in-Plan Switching menawarkan sudut pandang yang lebih luas dengan reproduksi yang warna lebih baik.

AMOLED  atau Active Matrix Organic Light Emitting Diode, sebenarnya teknologi ini sudah ada sejak lama namun baru diaplikasan pada perangkat mobile belum lama. Saat ini sudah banyak model-model smartphone dari berbagai mere. Dengan keunggulan AMOLED yang sangat tipis dan tidak memerlukan pencahayaan tambahan maka keungguulan yang didapat dirasakan dengan penggunaan teknologi ini adalah daya battery yang lebih hemat, karena pencahayaan lampu yang digunakan salah satu penyerap daya terbesar, selain daya sinyal dan prosesor. Layar AMOLED ini memiliki teknologi yang bervariasi berdasarkan teknologi fisik dan kegunaan. Varian dari AMOLED ini adalah :
  • AMOLED
  • Super AMOLED
  • Super AMOLED Advanced
  • Super AMOLED Plus
  • HD Super AMOLED
  • HD Super AMOLED Plus
  • Full HD Super AMOLED
Jadi kesimpulan dari perbandingan itu adalah AMOLED tidak memerlukan backlight yang sedangkan LCD masih memerlukan backlight untuk pencahayaan layar yang biasanya menggunakan LED. Sehingga bila kita komper langsung antara Z10 dan Q10 maka layar Q10 akan cenderung sedikit lebih gelap walaupun sebenarnya bisa di set kontrasnya. Juga konsumse daya pada Q10 akan lebih hemat penggunaan daya battery dibandingkan dengan Z10 walaupun memeang ukuran battery lebih besar namun teknologi AMOLED ini  memberikan kontribusi pada konsumsi daya BlackBerry Q10.

Dengan Amoled salah satu kelebihannya dibandingkan jenis LCD yang lain adalah bila dicompare one on one terlihat Amoled lebih tajam dengan saya meng comparenya anatara BlackBerry Z10 dan Blackberry Q10 dimana secara kasat mata BlackBerry Q10 lebih tajam, Namun kekurangan dari amoled yang saya kompare langsung antara dua model tersebut adalah ketika kedua display terkena cahaya, dimana layar Amoled BlackBerry Q10 terlihat gelap dan sulit untuk melihat tampilan yang ada didisplay pada saat itu.