BlackBerry Jam Camp pertama diadakan di Indonesia


Jam Camp Indonesia
BlackBerry Jam Champ Indonesia merupakan yang pertama  yang diadakan di Bandung pad tanggal 4-5 July 2013. Program ini menjaring para developer muda untuk membuat aplikasi-aplikasi BlackBerry yang bekerjasama dengan ITB. Dalam acara ini para peserta BlackBerry Jam Camp akan diberikan training intensif selama 2 hari untuk platform Blackberry 10 yaitu Z10 dan Q10. Selain itu para peserta yang membuat aplikasi berbasis BlackBerry 10 ini  juga mendapat support dari developer selama 8 minggu selama masa program ini.
Indonesia yang merupakan salah satu kontribusi terbesar dalam penjualan BlackBerry merasa perlu untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi software BlackBerry 10 yang khususnya berbahasa Indonesia dan juga sesuai dengan selera para pengguna BlackBerry di Indonesia.
BlackBerry 10 merupakan perangkat blackberry yang menggunakan OS open source yang tentunya dapat di develop oleh siapa saja, namun untuk bisa masuk ke market BlackBerry World perlu dilakukan penyaringan dan pengesahan dari BlackBerry



Adapun agenda yang dilakukan selama 2 hari training ini adalah :
Hari Pertama:

  • Welcome and environment set up
  • WebWorks Track: Introductory session and Lab
  • Native Track: Introductory session and Lab

Hari kedua:

  • App Pitch Coaching
  • Hands-on coding

Schedule dari BlackBerry Jam Camp yang akan diadakan di beberapa negara :
Bandung, Indonesia July 4 - 5, 2013
Madrid, Spain July 8 - 9, 2013
Kitchener/Cambridge, Canada July 16 - 17, 2013
Buenos Aires, Argentina July 17 - 18, 2013

Untuk para pemenang kontes dari Indonesia akan diikutsertakan dalam BlackBerry Jam Asia yang akan diadakan di Hongkong bulan September mendatang. Semoga para pelajar Indonesia bisa memenangi kontes di ajang Asia nanti.


BlackBerry Jam merupakan ajang berkumpulnya para developer-developer pembuat aplikasi – aplikasi Blackberry khususnya aplikasi untuk BlackBerry 10 yang sedang dikembangkan saat ini oleh BlackBerry. Tentu Berkumpulnya developer tersebut bukan hanya untuk sedekar kumpul namun ada beberapa hal yang didiskusikan termasuk adalah BlackBerry yang membantu dalam mensupport para developer tersebut agar menghasilkan aplikasi-aplikasi yang berkwalitas.  Di Indonesia sendiri para developer tersebut diambil dari mahasiswa – mahasiswa ITB yang tentunya memiliki kwalitas diatas rata – rata.  Mereka tidak diikat oleh BlackBerry untuk pengembangan aplikasinya namun mereka diberkan kebebasan dalam berkreasi untuk menciptakan bukan hanya sesuatu yang berkwalitas namun harapannya menghasilkan sesuatu yang baru dan berkwalitas.

BlackBerry 10 diusung menggunakan bahasa pemprograman QNX yang sebelumnya dibeli oleh BlackBerry dan digunakan di  perangkat tablet Blackberry yang dikenal sebagai BlackBerry PlayBook. Kemudian menggunakan QNX ini BlackBerry mengembangkan kembali operating system untuk perangkat Blackberry nya menggunakan QNX  yang OS tersebut diberi nama Blackberry X yang saat ini menjadi Blackberry 10. Pada awal keluarnya Blackberry 10 dengan model pertamanya yaitu Blackberry Z10 menggunakan OS Blackberry versi 10.0.x dan searang sudah keluar versi 10.1.x, dan dirilisnya versi software untuk BlackBerry yang berselang tidak terlalu lama membuktikan bahwa Blackberry terus mengembangkan operating sistemnya untuk perbaikan dan penambahan fitur.  Setelah keluarnya BlackBerry Z10 diikuti dengan model berikutnya yaitu Blackberry Q10 dengan keypad fisik dan juga BlackBerry Q5, dimana sebelumnya BlackBerry Z10 diluncurkan tanpa keypad fisik.  BlackBerry Q10 diluncurkan menggunakan OS BlackBerry versi 10.1 yang sudah ada perbaikan – perbaikan di beberapa bagian aplikasinya dan juga peningkatan performance dari system nya itu sendiri.



Foto-foto acara Jam Champ by n4bb :