BlackBerry Protect untuk keamanan BlackBerry 10


BlackBerry Protect in BlackBerry 10
Fitur BlackBerry Protect sudah ada di perangkat BlackBerry sebelum kemunculan BlackBerry 10 namun ada beberapa perbedaan fitur yang ada di BlackBerry 10 dan BlackBerry model sebelumnya yaitu OS 7.1 ke bawah. Pada BlackBerry dengan OS versi 7.1 ke bawah, BlackBerry Protect bisa berfungsi untuk membackup dan merestore data, serta untuk keamanan perangkat BlackBerry jika hilang atau dicuri. Namun di BlackBerry 10 yaitu Z10, Q10 dan Q5, fungsi dari BlackBerry Protect hanya untuk keamanan ketika perangkat hilang atau dicuri, bukan berarti dijamin perangkat anda akan kembali namun bisa menjaga penyalahgunaan dari data yang ada di blackberry anda yang hilang. Untuk fitur backup dan restore data sudah tidak ada lagi di BlackBerry 10. Namun jika anda pernah membackup nya di BlackBerry versi 7 atau dibawahnya menggunakan BlackBerry Protect, maka anda bisa merestorenya ke BlackBerry 10 asalkan versi OS nya sudah diatas 10.1.

Apa saja yang bisa dilakukan dengan Blackberry Protect ? Dengan menggunakan komputer yang terhubung dengan internet, dapat meremote perangkat BlackBerry 10 dari jarak jauh melalui website BlackBerry Protect yaitu http://protect.blackberry.com/ dengan menggunkan akses BBID yang sama terpasang di BlackBerry 10. Berikut ini layanan-layanan yang bisa di maanfaatkan:

  1. Melihat Lokasi, Dengan mengaktifkan GPS yang ada BlackBerry 10 anda dapat melihat posisi perangkat di map melalui komputer.
  2. Membunyikan ringer, Walau perangkat di set silent, ringer akan berbunyi keras dan tidak dapat dimatikan beberapa lama apabila anda mengaktifkan layanan ini.
  3. Menampilkan Pesan, Anda dapat mengirimkan pesan melalui komputer yang dikirimkan ke perangkat BlackBerry 10 dari websit BlackBerry Protect ini.
  4. Mengunci Perangkat, Anda dapat mengunci me-lock BlackBerry 10 anda dengan meremote dari komputer.
  5. Wipe perangkat, Data yang ada di BlackBerry 10 akan dihapus semua atau di wipe dengan perintah dari jauh.

Anda dapat memilih layanan mana yang akan digunkan untuk memerintahkan ke perangkat anda yang hilang. Layanan-layanan ini hanya bisa digunakan bila perangkat dalam kondisi aktif atau menyala.

BlackBerry Protect Website



Bagaimana cara mengaktifkan BlackBerry protect di BlackBerry 10 :
Cari Menu setting atau swipe dari atas kebawah untuk menampilkan menu setting
Atau dapat pula mencarinya di menu setup
Cari BlackBerry Protect dan tap
Set BlackBerry protect ke posisi On
Buka Location Service dan set ke On
Activate BlackBerry Protect


Untuk poin yang terakhir bersifat opsional jika anda ingin memanfaatkan BlackBerry Protect untuk melihat atau menemukan perangkat BlackBerry anda pada lokasi peta. Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu memastikan Layanan Lokasi dinyalakan. Untuk melakukan hal ini, saat melihat layar BlackBerry Protect pengaturan, tekan Layanan Lokasi dan mengatur location Services switch ke Aktif atau On. Setelah melakukan hal ini, berikutnya Anda login ke situs Web BlackBerry Protect Anda akan memiliki pilihan untuk mencari device Anda.

Masalah-Masalah yang mungkin terjadi pada BlackBerry Protect anda:

Tidak dapat menemukan perangkat blackberry anda di peta menggunakan BlackBerry Protect
  • Pastikan layanan Location Service dinyalakan seperti disebutkan diatas
  • Perangkat mungkin dalam kondisi mati atau tidak mendapat jaringan
  • Perangkat berada didalam gedung yang tidak memungkinkan untuk terhubung dengan GPS

Lupa password BlackBerry Protect
  • Untuk login ke BlackBerry protect menggunakan BlackBerry ID
  • Jika lupa maka masuk ke http:bbid.com melalui komputer dan klik reset password, maka akan ada notifikasi ke email anda sesuai email pada login bbid, untuk merubah password.

Perangkat BlackBerry 10 tidak terdaftar di  website BlackBerry protect
  • Pastikan anda login ke BlackBerry Protect menggunakan BBID yang sama dengan BBID pada perangkat BlackBerry 10
  • Cek apakah BlackBerry protect sudah diaktifkan di perangkat BlackBerry 10
  • Jika sudah diaktifkan maka tunggu beberapa saat sampai BlackBerry 10 anda terdaftar di BlackBerry Protect webite.
Anda tentu tidak ingin BlackBerry anda hilang, maka tidak ada salahnya untuk anda mengaktifkan BlackBerry Protect di BlackBerry anda dan mengeceknya di website BlackBerry Protect.