Harga BlackBerry Q10 disertai Spesifikasi dan Review langsung

Harga BlackBerry Q10
BlackBerry kembali meluncurkan model terbarunya dari kelas Blackberry 10 yang diberi nama BlackBerry Q10, setelah pertama kali BlackBerry 10 diperkenalkan dengan model pertamanya yang diluncurkan dengan model Blackberry Z10 dengan full touch screen dan kini model kedua yang diluncurkan dengan keyboard fisik yang merupakan salah satu khas dari model – model BlackBerry beberapa tahun ke belakang dengan harga BlackBerry Q10 pada peluncuran pertamanya yaitu Rp 7.499.000'- , walaupun sudah disertai keyboard fisik namun layarnya tetap menggunakan touch screen. Secara fisik BlackBerry Q10 ini mirip dengan BlackBerry Dakota namun pada BlackBerry Q10 ini sudah tidak ada lagi trackpad seperti beberapa model Blackberry versi 7. Sehingga bila pengguna sebelumnya sudah menggunakan BlackBerry yang menggunakan trackpad, mungkin ketika menggunakan BlackBerry Q10 harus sedikit beradaptasi kembali untuk melakukan beberapa fungsi tanpa menggunakan trackpad.

Harga BlackBerry Q10

Harga  BlackBerry Q10 ini pada saat pertama kali diluncurkan adalah Rp. 7.499.000,-  yang di bundling dengan operator – operator Indonesia dengan beberapa penawaran dari operator tersebut untuk menarik pembeli tentunya. Seiring berjalannya waktu dan bermunculan beberapa model dari brand lain juga trend penjualan di pasaran tentu mempengaruhi harga dari BlackBerry Q10 ini. Untuk mengetahui harga terkini, silahkan cek di online store terpercaya berikut :

BLACKBERRY Q10

Harga BlackBerry Q10














Harga mungkin bisa berubah sewaktu - waktu dalam skala minggu, hari atau mungkin dalam skala jam sudah berubah, untuk itu silahkan klik link di masing - masing toko untuk mengetahui harga aktualnya.

Spesifikasi BlackBerry Q10


Specification
2G Network
GSM
3G Network
HSDPA
4G Network
LTE
Dimensions
119.6 x 66.8 x 10.4 mm (4.71 x 2.63 x 0.41 in)
Weight
139 g (4.90 oz)
Keyboard
QWERTY
Display Type
Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Display Size
720 x 720 pixels, 3.1 inches (~328 ppi pixel density)
Card slot Memmory
microSD, up to 64 GB
Internal Memmory
16 GB storage, 2 GB RAM
WLAN
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual band, Wi-Fi hotspot
Bluetooth
Yes, v4.0 with A2DP
NFC
Yes
USB
Yes, microUSB v2.0
Primary Camera
8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
Secondary Camera
Yes, 2 MP, 720p@30fps
Features
Geo-tagging, image stabilization, face detection
Video
Yes, 1080p@30fps
OS
BlackBerry 10 OS
Chipset
TI OMAP 4470
CPU
Dual-core 1.5 GHz Cortex-A9
GPU
PowerVR SGX544
Sensors
Accelerometer, gyro, proximity, compass
Browser
HTML5
GPS
Yes, with A-GPS support
Java
Yes, MIDP 2.1
Colors
Black, White
Battery
Li-Ion 2100 mAh battery

BlackBerry Q10 menggunakan processor dual core 1,5 GHz dengan internal memory 16 GB dan RAM  2GB untuk menunjang performance Blackberry Q10 ini.  Selain internal memory, BlackBerry Q10 ini memiliki slot micro SDCard yang dapat dimasukkan external memory sampai dengan 64 GB yang saat ini kapasitas tersebut sudah cukup besar untuk sekelas smart phone. Layar dari Q10 memiliki dimensi 3,1 inch merupakan layar touch screen dengan diusung teknologi Super AMOLED, dengan pencahayaan dan tampilan layar sudah dipadukan dalam modul display Amoled ini, sehingga penggunaan daya untuk perangkat ini seharusnya lebih irit disamping kelebihan lain dari Amoled ini yang dapat menyesuaikan pencahayaan berdasarkan cahaya lingkungan sekitar yang ditangkap oleh layar tersebut. Kapasitas dari sumber daya nya yaitu Battery untuk model ini adalah 2100 mAh yang bila dibandingkan dengan BlackBerry Z10 yang merupakan sesama BlackBerry 10,  kapasitas ini lebih besar namun daya tahan atau waktu pemakaian tergantung dari jaringan dan cara penggunaan dari perangkat tersebut. Operating system untuk BlackBerry 10 ini saat diluncurkan  menggunakan OS versi 10.1.

Review BlackBerry Q10


Review BlackBerry Q10

Desain

Kesan pertama ketika melihat BlackBerry Q10 adalah seperti desain Blackberry klasik dengan keyboard fisik seperti model – model BlackBerry terdahulu, namun anda tentu tidak menyadari bahwa Blackberry Q10 ini tidak lagi menggunakan track pad dan tombol navigasi, sampai anda memegang dan menggunakan baru merasakan ada  yang kurang dari yaitu track pad dan tombol – tombol navigasi di bagian depan yang untuk sebagian pengguna Blackberry sudah terbiasa dengan ini sehingga harus beradaptasi kembali.

Display

BlackBerry Q10 menggunakan super Amoled untuk display touch screen nya dengan ukuran layar 3,1 inch. Ukuran layar Blackberry Q10 bila dibandingkan dengan BlackBerry Dakota adalah lebih besar untuk Q10 namun bila dibandingkan dengan BlackBerry Z10 jelas jauh berbeda. Namun untuk BlackBerry Z10 masih menggunakan capacitive touch screen sedangkan BlackBerry Q10 sudah menggunakan Super Amoled touch screen dengan pengaturan pencahayaan di dalam ruangan relatif lebih baik dibanding Z10 yang terlihat lebih tajam. Layar Amoled BlackBerry Q10 memiliki kemampuan untuk beradaptasi disesuaikan dengan pencahayaan sekitarnya.
Display BlackBerry Q10

Keyboard

Salah satu kelebihan di Blackberry 10 termasuk di BlackBerry Q10 adalah predictive keyboard yang dapat memberikan prediksi kata yang akan digunakan dan anda sebagai pengguna dapat memilih kata apa yang dimaksud. Namun yang akan di highlight kali ini adalah tombol fisik yang ada di Blackberry 10, dimana tombol -  tombolnya terasa nyaman saat melakukan pengetikan karena tombol  pada BlackBerry Q10 ini tidak terlalu keras. Anda tidak dapat membayangkan sampai anda merasakan sendiri dan dijamin keyboard BlackBerry Q10 nyaman digunakan untuk mengetik.

Instant Action

Instant action merupakan fitur yang hanya ada di BlackBerry Q10 dimana model terdahulunya yaitu BlackBerry Z10 tidak terdapat fitur ini. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan action tanpa harus mencari menu aplikasi nya kemudian memilih step – step sebelum akhirnya sampai ke action yang dituju. Contoh nya saja jika anda ingin menelepon Budii atau ingin BBM ke Budi, maka dari keadaan handphone standby di home page (kumpulan app), kemudian anda ambil dan langsung mengetikkan “call Bud”i atau “BBM Budi” maka anda akan langsung menelepon Budi dan anda akan masuk ke halaman BBM nya Budi. Bukan itu saja anda dapat membuat status di twitter, facebook atau linkedin hanya dengan mengetikkan beberapa kata untuk akhirnya langsung terupdate kalimat yang kita buat ke media sosial yang dituju.
Instant Action BlackBerry Q10

Web Browser

Web Browser tetap akan menjadi andalan di BlackBerry Q10 walau tanpa layar yang lebar namun dengan layar 3,1 inch masih cukup untuk membrowsing halaman – halaman simple atau mode mobile. Namun yang menjadi andalan dari Browser ini adalah kecepatan merender halaman web dan juga support untuk teknologi terbaru HTML5 dan CCS3.  Sentuhan layar yang langsung di respon oleh browser tanpa ada lag membuat penggunanya betah menggunakan browser ini. Untuk mengoptimalkan penggunaan Browser ini agar  selalu upgrade OS Blackberry Q10 ini ke versi terbaru.
Browser BlackBerry Q10

Hub

BlackBerry Q10 dengan model BlackBerry classic dengan keyboard fisik  merupakan khas dari Blackberry sebagai smartphone untuk layanan pesan, yang didukung oleh infrastruktur dari BlackBerry memungkinkan pengiriman pesan berupa email atau BBM menjadi cepat.  Kehandalan layanan pesan yang dimiliki oleh BlackBerry juga di BlackBerry 10 ada fitur baru yang diberi nama Hub untuk mendukung layanan pesan tersebut. Semua pesan, notifikasi dan kalender akan ditempatkan dalam satu halaman yang dinamakan Hub sehingga akan lebih mudah ketika ingin mengakses pesan atau kalender.

Connection

Pengguna BlackBerry Q10 yang memanfaatkan smartphone ini untuk kepentingan pekerjaan mempunya benefit lebih untuk mensupport aktifitas pekerjaan anda khususnya yang mobile.  BlackBerry Q10 ini dapat dijadikan hotspotuntuk laptop dan gadget anda yang laian  atau tethering dengan laptop anda, dengan kecepatan bisa mencapai 7,2 MBps (tergantung operator yang digunakan). Sehingg kemanapun anda pergi anda tidak akan khawatair bila tidak mendapatkan akses internet, cukup menyalakan hotspot di Q10 nya dan anda sudah dapat menggunakan internet di perangkat yang lain
Connection BlackBerry Q10

Active frame

BlackBerry mempunyai kemampuan untuk multii tasking artinya dapat menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan, misalkan saja anda buka browser untuk membuka halaman web, kemudian perlu mencatat dan membuka aplikasi office, pada saat yang sama ada BBM masuk dan anda perlu menjawabnya.  3 Aplikasi terbuka bersamaan namun hanya satu aplikasi yang dapat berinteraksi dan dua lainnya masih melakukan proses dan kita dapat pindah untukberinteraksi ke aplikasi ke 2 dan ke 3. Dari aplikasi yang terbuka semuanya di kumpulkan dalam satu halaman Active Frame dan kita dapat memilih mana yang akan kita akses dari aplikasi yang semunya sedang terbyuka dan sedang bekerja.
Active Frame BlackBerry Q10

Kelebihan BlackBerry Q10

  • Desain irik dengan BlackBerry klasik
  • Keyboard fisik, dengan tombol yang nyaman di sentuh
  • Daya battery yang cukup tinggi

Kekurangan BlackBerry Q10

  • Layar relatif kecil yang membatasi beberap penggunaan
  • Tidak adanya lagi trackpad dan tombol navigasi
  • Beberapa game yang tidak support
Saat ini Saya masih menggunakan BlackBerry Q10 sebagai handphone utama dan BlackBerry Z10 untuk secondary nya, bila ingin bertanya mengenai penggunaan BlackBerry Q10 dan Z10 silahkan tanyakan melalui komentar di blog BlackBerry 10 ini.