Cara Sinkron Kontak dan Kalender MS Outlook Menggunakan BlackBerry Link

Sync contact calendar BlackBerry 10
Saat ini BlackBerry Link memiliki fitur untuk sinkron kontak dan event kalender yang tersimpan di Microsoft Outlook 2007, 2010 dan 2013 ke BlackBerry 10 anda. Fitur ini sudah tersedia sejak dirilis versi v 1.1.1. Untuk memulai melakukan proses Sinkron tentunya anda harus sudah terinstal Blackberry link dengan versi minimum v1.1.1 dan tentunya Microsoft Outlook yang sudah disebutkan sebelumnya. Untuk mendownload software BlackBerry Link anda bisa mendapatkannya dari BlackBerry Link site. Proses ini dilakukan biasanya untuk BlackBerry baru dibuka atau setelah di wipe BlackBerry 10 anda.
Proses sinkron ini hanya untuk proses di lokal saja artinya hanya untuk sinkron anatara komputer dan BlackBerry 10 dan tidak untuk sinkron dengan penyimpanan online seperti GMail ataupun Microsoft Exchange. Jika anda ingin sinkron dengan media online seperti yang disebutkan tadi, anda cukup daftarkan account gmail anda beserta kontaknya di BlackBerry 10, secara otomatis semua contak akan masuk ke BlackBerry 10 dan akan melakukan synkron setiap kali ada perubahan.



JIka Perangkat komputer anda sudah terinstal BlackBerry Link dan sudah siap untuk sinkron kontak dan kalender di Microsoft Office juga BlackBerry 10 yang sebaiknya sudah di update Blackberry 10 nya ke versi tertinggi  , Berikut step nya untuk melakukan sinkron.

  1. Buka BlackBerry Link di komputer
  2. Hubungkan perangkat BlackBerry 10 dengan komputer menggunakan USB kabel
  3. Setelah BlackBerry Link terbuka, klik nama BlackBerry yang terhubung ke komputer posisinya di kiri bawah.
  4. Klik ikon gear yang ada di kanan atas untuk membuka setting menu
  5. Pada Bagian Syncronization Setting Outlook yang nantinya akan keluar beberapa opsi yang bisa dipilih: 
  • Sync content automatically when the device is connected with a USB cable, jika ingin dilakukan auto sinkron ketika BlackBerry 10 dihubungkan ke komputer.
  • Notify me if syncing content will delete content from my device or computer, Akan diberikan pemberitahuan jika proses synkron akan melakukan proses penghapusan data.
  • Contacts, jika mengklik configure disampingnya maka akan keluar opsi sync direction, conflict Resolution dan Folder to Sync
  • Calender, jika mengklik configure akan keluar opsi Sync Direction, Conflict Resolution, Device Sync Period dan Folder to Sync
  • Dibagian bawah dari ke emapat item diatas, ada tombol reset setting, yang berguna untuk mereset ke settingan awal    
      6. Setelah penetingan selesai, klik tombol Sync Contacts/Calender di bagian kiri.
      7. Bila indikator proses selesai berputar di bagian nama BlackBerry 10 nya, berarti proses sudah selesai .
Bila semua sudah selesai maka silahkan cek apakah data kontak dan kalender sudah sesuai antara di Microsoft Outlook dan BlackBerrry 10.

Pada saat pertama kali melakukan proses ini kadang tidak langsung tersinkron antara kontak yang ada di perangkat BlackBerry 10 dan kontak yang ada di Outlook termasuk juga sinkronisasi Kalender.  Keuntungan dari  sinkronisasi outlook ini kita memiliki back up kontak di 2 tempat yaitu di account email untuk versi web dan Microsoft outlook di komputer dimana ketiga lokasi akan saling tersingkron ketika ada update dan akan mensingkronnya ke perangkat BlackBerry 10, Outlook di aplikasi komputer dan account outlook versi web. Jika suatu ketika terjadi sesuatu pada perangkat BlackBerry 10 yang digunakan saat ini, maka kontak dan kalender akan tetap tersimpan di di aplikasi Ms Outlook  dan outlook account versi webnya.