Tips memilih power bank untuk BlackBerry 10 anda


Power Bank untuk BlackBerry 10
BlackBerry  10 merupakan smartphone yang sudah dapat melakukan pekerjaan atau kalkulasi dengan cepat termasuk dari sisi proses grafis yang tinggi.  Walaupun sudah ada perbaikan dari sisi konsumsi power untuk BlackBerry 10 ini namun tetap saja kuantitas penggunaan yang tinggi atau penggunaan aplikasi yang meminta prosesor bekerja lebih keras akan menarik konsumsi lebih tinggi dan memungkinkan pengguna untuk mencharge BlackBerry 10 nya lebih sering. Masalahnya bila pengguna cenderung mobile maka salah satu alternatifnya adalah menggunakan power bank.

Saat ini banyak model dan brand smartphone yang beredar dipasaran dengan konsumsi daya dan juga karakteristik yang berbeda-beda, di satu sisi pra produsen power bank tidak membuat productnya hanya untuk brand atau model tertentu saja. Maka untuk menyesuaikan powerbank dan BlackBerry yang anda digunakan, penggunalah yang harus menyesuaikannya dan lebih jeli dalam memilih power bank, Walau saat ini kapasitas Battery BlackBerry 10 sudah cukup besar seperti Battery BlackBerry Q5 dengan kapasitas 2180 mAh:


Cek kompatibilitas dengan perangkat BlackBerry 10, Seperti dijelaskan pada artikel sebelumnya Efek menggunakan sembarang charger,  bahwa arus chrger yang dikeluarkan oleh standar charger BlackBerry 10 (Z10) adalah 750mA, tentunya in merupakan rekomendasi aman untuk perangkat BlackBerry 10. Dengan memberikan arus 1000mA masih wajar, namun banyak power bank yang mengeluarkan arus 2000mA atau 2 A. Pastikan keluaran masih dalam tahap wajar sesuai kebutuhan perangkat BlackBerry.

Cek keasliannya, bila kita belum pernah mengenali keaslian suatu power bank, jalan termudah adalah membeli dari toko terpercaya walau sedikit mahal. 

Sesuaikan kapasitas dan ukuran fisik, Power Bank adalah daya cadangan untuk keperluan mobile. Untuk kapasitas besar (10000mAh) tentunya ukuran fisik akan lebih besar.  Ukuran 5000mAh sudah dianggap cukup dengan fisik proporsional. Namun semua kembali ke selera masing-masing.

Merek atau Brand terpercaya, Dianggap bermerek atau terpercaya bisa dilihat dari nama yang sudah terkenal seperti Panasonic dll, atau pemberian jaminan purna jual, tampilan web atau penjelasan spek yang detail bisa menjadi salah satu pertimbangan walaupun tidak menjamin 100%

Memiliki fitur pengaman dan auto off,  Salah satu pertimbangan untuk memilih Power Bank adalah memiliki fitur keamanan seperti over charging  protection atau auto off. Karena kadang kita tidak selalu memperhatikan apakah pengecasan sudah penuh atau belum

Pilih harga yang rasional,  Cari tahu harga pasaran untuk Model dan brand yang dicari untuk menghindari harga yang terlalu tingga, namun perlu berhati-hati pula bila harganya sangat-sangat murah, perlu doble check untuk memastikan perangkat tersebut asli. 


Saat ini sudah banyak bertebaran power bank, mulai dari yang bermerek sampai yang tanpa mereka ataupun yang ditempel merek sendiri, harganyapun bervariasi mulai dari yang murah kisaran puluhan ribu sampai ratusan ribu.  Dalam power bank terdapat komponen aktif artinya komponen yang memerlukan daya untuk proses pengisian, ataupun untuk sekedar keperluan indikator,  Pada saat proses pengisian akan terjadi proses distribusi arus yang disimpan dalam sel – sel battery, Proses pengisian dari kabel listrik ke perangkat power bank yang menjadi riskan.  Walaupun murah atau tidak meyakinkan, power bank dapat berfungsi namun apakah fungsinya itu hanya sekedar berfungsi , apakah mementingkan keamanan bila terjadi ketidaknormalan atau  apakah komponen akan tahan untuk waktu yang lama?
Resiko Power Bank dapat merusak perangkat BlackBerry kemungkinannya kecil namun resiko yang lebih besar  adalah dari power bank nya itu sendiri. Tidak semua power bank murah berkwalitas murah namun yang mahalpun bukan berarti kwalitas terjamin, namun bila memilih Power Bank dengan brand ternama, maka after sales service nya masih bisa diharapkan minimal bila ada keluhan masih ada yang merespon. Semua kemabali ke pilihan masing-masing mau pilih yang mana?