Foto - Foto BlackBerry A10 dengan Z10

Gambar BlackBerry A10
Rumor-rumor mengenai A10 sekarang sudah hampir terkuak atau keberadaannya hampir dipastikan bukan suatu rumor lagi. Seminggu yang lalu pertama kalinya video pendek yang berdurasi beberapa menit saja memperlihatkan penampakan BlackBerry A10 di publish oleh salah satu website dari Vietnam, dan kali ini foto-foto BlackBerry muncul kembali yang dengan penampakan yang dibandingkan dengan BlackBerry Z10.  Saat ini gambar-gambar blackberry A10 sudah mulai banyak beredar karena mungkin bukan suatu rumor lagi. Bila dilihat dari gambar-gambar yang ditampilkan, point pertama yang sangat terlihata adalah bentuk mirip dengan Z10 namun dengan layar yang lebih lebar. BlackBerry A10  sepertinya agak lebih tipis dibandingkan BlackBerry Z10, dengan lekukan-lekukan yang lebih banyak di BlackBerry A10. Untuk battery nya sendiri sepertinya bukan removable battery seperti BlackBerry Q5, apa mungkin mulai Q5 dan seterusnya trend dari battery BlackBerry adalah non-removable Battery.



Ukuran Fisik

Kesan pertama bila kita melihat perbandingan suatu benda adalah dari tampilan atau visual nya, Untuk kedua model ini kesan pertamanya untuk A10 ini adalah ukurannya yang lebih besar namun bila disandingkan keduanya ternyata tidak terlalu besar. Itu menurut subjektivitas saya, mungkin setiap orang memiliki opini yang berbeda mengenai ukurannya tergantung cara pandang masing-masing, mungkin ada yang bilang bahwa Z10 itu ukurannya lebih kecil atau A10 yang ukurannya lebih besar. Terserah masing – masing menyikapinya, namun baliklagi bila kita melihat BlackBerry A10 ini, walau ukurannya lebih besar namun masih bisa digenggam dan masih bisa mengoperasikannya dengan satu tangan untuk beberapa aplikasi.

Model dan Bentuk

Untuk model bila dilihat sekilas hampir sama dengan BlackBerry Z10 namun bentuk nya lebih banyak lekukan-lekukannya daripada Z10. Bila dilihat dari samping BlackBerry Z10 terlihat lebih kotak dan BlackBerry A10 lebih melengkung ke arah belakang. Tidak ada yang salah untuk ini, balik lagi ke desain yang tentunya sudaj di perhitungkan dari banyak segi terutama penerimaan oleh masyarakat apakah mereka akan nyaman dengan kondisi bodi yang cenderung melengkung di bagian belakang body nya.

Spesifikasi BlackBerry A10

Dari spesifikasi perangkat ini tidak jauh berbeda dengan pendahulunya yaitu BlackBerry Z10, dengan koneksi jaringan yang sama untuk region tertentu, kemudian processor dengan kecepatan 1,7 GHz dan dual core yang mirip, serta didukung dengan media penyimpanan internal memory 16 GB dan RAM sebesar 2 GB yang besarannya sama dengan BlackBerry Z10, juga memory tambahan yang bisa diupgrade sampai 16 GB yang akan menghasilkan performance yang sama namun dari sisi kapasitas battery ukuran dari BlackBerry A10 ini memiliki kapasitas paling besar dibandingkan model BlackBerry yang lain. Dengan didukung dengan teknologi AMOLED yang lebih kecil konsumsi dayanya menjadikan BlackBerry A10 ini memiliki waktu operasi yang lebih lama.

Performance

Seperti diurakan diatas bahwa performance mungkin saja sama karena memiliki mesin dan pendukungnya seperti memory yang sama pula, namun dua hal yang menjadikan BlackBerry A10 ini lebih unggul adalah layar yang lebar, dengan konsumsi display yang kecil namun kapasitas battery yang besar  membuat BlackBerry A10 ini menjadikan smartphone yang lebih produktif. Dengan layar lebar tentunya membaca melalui smartphone ini akan lebih nyaman dibandingkan layar yang kecil juga waktu  penggunaan yang lebih lama memberikan rasa aman dari kekhawatiran battery yang habis dengan cepat. Namun bagi sebagian orang mereka mementingkan ukuran, bentuk dan kenyamanan genggaman daripada mementingka performance, yang secara perhitungan bahwa Z10 pun sudah memiliki performance yang lumayan hebat untuk sekelas BlackBerry 10 atau smartphone lainnya.



Untuk menilai lebih dalam silahkan simak gambar-gambar dibawah :