Yang perlu diperhaktikan sebelum Wipe di BlackBerry 10



Security Wipe

Fungsi Security Wipe sudah ada sejak sebelum BlackBerry 10 keluar, Beberapa pengguna mungkin sudah tahu apa itu Security Wipe namun mungkin masih ada beberapa pengguna BlackBerry khususnya yang baru menggunakan BlackBerry 10 seperti BlackBerry Z10 atau BlackBerry Q10. Maka sebagai pengguna BlackBerry khususnya BlackBerry 10 harus mengetahui bagaimana cara melakukan Wipe. Proses Wipe ini akan meghapus semua data secara permanen dan tidak mungkin untuk mengembalikan kembali data yang sudah di wipe tersebut. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan Wipe di perangkat BlackBerry 10 anda dan juga instruksi bagaimana melakukan security Wipe.



  • Pastikan Battery pada BlackBerry 10 yang akan di wipe dalam kondisi penuh (hampir penuh) atau hubungkan ke koneksi charge saat melakukan wipe. Bila battery habis ditengah proses wipe maka akan mengakibatkan kerusakan pada Software.
  • Security Wipe akan menghapus semua data dan semua applikasi yang sudah di download dan diinstall di perangkat BlackBerry 1o, juga semua game yang sudah terinstall, dan konten multimedia seperti foto yang sudah diambil, lagu yang sudah tersimpan di perangkat dan juga Video. Maka jika anda ingin menyimpan data-data tersebut maka sebaiknya anda membackup terlebih dahulu sebelum melakukan wipe dengan BlackBerry Link dan pastikan saat melakukan restore BBID sudah dimasukkan ke perangkat BlackBerry 10 nya dan harus sama seperti BB ID file yang dibackup.
  • Jika anda menggunakan micro SD yang ter-encrypsi, anda harus mematikan enkripsi pada micro SD nya terlebih dahulu sebelum di lakukan Wipe, ini untuk menghindari file yang ada di microSD tidak terbaca atau tidak bisa diakses. Untuk memastikan microSD sudah dimatikan enkripsinya anda dapat melihatnya dimenu Setting >> Security and Privacy kemudian set Media Card Encryption ke posisi Off dan tunggu sampai proses de-encrypsi selesai sebelum memulai proses wipe.
MicroSD Encryption
  • Untuk proses Wipe pada perangkat BlackBerry 10 membutuhkan waktu sekitar 15 menitan atau bisa lebih lama, Dan hal yang penting anda perhatikan adalah tunggu sampai proses security wipe selesai sebelum anda mencoba menggunakan perangkat BlackBerry 10 anda. Ataupun jangan sekali-kali mengcancel proses ketika proses sudah berjalan dengan mencabut battery atau berusaha merestart dengan menekan tombol power. Jika proses wipe di cancel dsaat proses berjalan maka bisa menimbulkan masalah ataupun kerusakan pada software, yang paling parahnya adalah perangkat BlackBerry 10 anda akan mati total dan tidak bisa dihidupkan kembali kecuali dengan proses repair software. 
  • Semua aplikasi ataupun game yang sudah didownload dan diinstall di BlackBerry 10 anda akan hilang dan harus di download dan install ulang. Namun list aplikasi ataupun game yang pernah anda download atau install akan tersimpan recordnya di BlackBerry Word sesuai BB ID anda. Untuk melihat aplikasi yang pernah didownload dan diinstall anda dapat melihat dimenu BlackBerry World, kemudian pilih My Apps and Games dan pilih Available, maka akan muncul list applikasi dan game yang sebelumnya pernah anda download dan install, kemudian download dan install kembali aplikasi-aplikasi yang ingin anda gunakan lagi dengan memilih Reinstall.
  • Semua settingan akan dikembalikan ke setiingan default setelah dilakukan Wipe, termasuk settingan koneksi Wi-Fi, Bluetooth, Hotspot dan yang lainnya. Sebagai contoh bila anda sudah tersimpan koneksi Wi-Fi maka anda harus connect ulang dan minyampan passwordnya kembali. Untuk dapat menggunakan atau memfungsikan kembali settingan-settingan yang pernah ada maka anda harus men setting dari awal lagi dan untuk settingan ini tidak ada history ataupun panduan sesuai settingan awal atau settingan sebelum di wipe.
Setelah anda meyakinkan semua hal-hal yang disebutkan diatas sudah dilakukan ataupun sudah diperhatikan maka anda dapat mulai melakukan proses Security Wipe, dengan mengikuti proses berikut:
  1. Cari menu setting atau bisa juga dari posisi home screen swipe dari atas layar kebawah nanti akan muncul menu setting.
  2. Setelah menu setting dipilih, cari Security and Privacy
  3. Tap Security Wipe
  4. Ketik blackberry untuk mengkonfirmasi bahwa anda siap untuk melakukan Wipe
  5. Tap Delete Data
  6. Proses Wipe akan memakan waktu sekitar 15 menit atau lebih dan jangan berusaha mengcancel di tengah proses.
Wipe Process

Setelah proses wipe maka BlackBerry 10 and akan melakukan restart dan masuk ke posisi setup awal dan lakukan proses setup seperti pertama kali mensetup BlackBerry 10 anda.