Cara Membuat Subtitusi Kata di BlackBerry 10

Subtitusi Kata BlackBerry 10
Salah satu fitur yang hanya ada BlackBerry 10 dan tidak ada di model BlackBerry sebelumnya adalah Predictive Keyboard artinya perangkat sudah bisa memprediksi beberapa kata yang baru setengah kita ketikkan. Kata-kata yang diprediksikan sesuai dengan kata-kata standard baik itu Bahasa Indonesia ataupun English, namun BlackBerry 10 juga dapat merekam kata-kata yang jsering digunakan dan ditampilkan di predictive kata.
Selain itu fitur lain yang berkaitan dengan pengetikan di keyboard adalah Word Substitution atau subtitusi kata, yaitu kata yang kita ketikkan akan berubah menjadi kata yang lain  sesuai dengan apa yang kita sudah set sebelumnya, contohnya kita mengetik mynumber adalah 0812345678, maka ketika kita mengetik mynumber maka tulisan/kata yang keluar adalah nomer kontak diatas. Ada beberapa pengguna yang tidak hafal dengan nomer SIM atau PIN BB nya, karena mungkin nomor nya bukan nomor utama ataukah memang nomornya sulit untuk dihafal atau nomor baru. Alasan lain mungkin karena tuntutan posisi di bidang tertentu yang mengharuskan mengulang istilah-istilah pekerjaan yang panjang ataupun yang sulit di ketik maka Word Substitution ini bisa menjadi solusi untuk efisiensi dalam mengetik dan menghindari kesalahan


Mengaktifkan Subtitusi Kata


Secara default status fitur ini adalah Eneble atau On, namun untuk memastikan atau bila ingin merubah kondisi aktifnya melalui step berikut.  Namun antara Z10 dan Q10 penempatan menu ini sedikit berbeda, berikut mengaktifkan Word Substitution untuk BlackBerry Z10:
  1. Cari menu setting atau dari home screen swipe kebawah dan pilih setting
  2. Setelah setting dipilih, cari Language dan Input
  3. Dibagian Text Input, pilih Automated Assistance
  4. Dibagian paling atas pilih Word Substitution
Berikut cek pengaktifan Word Substitution di BlackBerry Q10
  1. Poin 1 dan 2 sama seperti di Atas
  2. Dibagian Text input pilih Prediction and Correction
  3. Di bagian Correction Behavior pilih Word Substitution


Word Subtitusion


Pastikan kondisinya dalam keadaan On, kemudian tinggal menambahkan kata-kata yang akan di subtitusikan sesuai step berikut:
  • Pada halaman Word Substitution, tap tanda + yang ada dibagian paling bawah
  • Dibidang typing (paling atas) is dengan kata shortcut nya contoh mymail
  • Dibidang kedua isikan alamat email anda, contoh sample-contoh@emailpunyaku.com
  • kemudian Save



ShortCut kata

Sekarang ketika anda menulis pesan SMS, BBM, email dll, ketika anda menulis mymail dikuti spasi maka secara otomatis akan keluar tulisan sample-contoh@emailpunyaku.com. Selain kata-kata subtitusi yang kita buat, di BlackBerry 10 sudah ada shortcut untuk kata-kata umum seperti myver untuk versi SW BB10 yang digunakan, mypin untuk shortcut no PIN BB yang digunakan dst, kata-kata tersebut dapat dilihat di list substitusi. Untuk mengedit kata-kata yang kita buat, kita tinggal men tap di kata tersebut dan mengeditnya atau menghapusnya.  Selamat Mencoba

Bagi para pengguna Blackberry dengan OS versi 7 kebawah, mungkin diantara anda sudah familiar dengan fitur atau menu ini sehingga tidak sulit untuk membuatnya lagi. Bagi para pengguna BlackBerry lama bisa menggunakan kembali kata-kata yang sebelumnya digunakan untuk digunakan kembali di BlackBerry 10 ini. Sehingga  anda tidak perlu beradaptasi kembali untuk membiasakan menggunakan subtitusi kata ini. Tidak semua model atau brand smartphone memiliki fasilitas ini dan BlackBerry memberikan fitur ini sejak lama sehingga ini menjadikan fitur unik untuk pengguna BlackBerry baik itu pengguna Blackberry versi OS 7 ke bawah ata juga pengguna Blackberry 10.