Efek penggunakan sembarang charger untuk BlackBerry 10

Charger Q10
Saat ini kebanyakan port  charging berbentuk micro USB dan sudah menjadi kebiasaan banyak orang ketika men-charge langsung tinggal konek ke  ke port charger di perangkat mobile anda tanpa melihat model ataupun brand dari charger yang digunakan. Dan tidak banyak orang tahu atau memperhatikan berapa arus yang mengalir dari charger ke perangkat, mungkin saja ini sekedar keberuntungan karena mereka menemukan charger yang masih setipe dengan perangkat mobilenya.
BlackBerry 10 yaitu Z10 dan Q10 memiliki charger standar dengan keluaran arus 750 mA, sedangkan arus yang dikeluarkan oleh charger blackberry model sebelumnya hanya 500 mA. Kedua type charger ini tentunya didesain dengan cermat dengan mempertimbangkan banyak hal termasuk keamanan dari perangkat BlackBerry ataukah charger nya itu sendiri.  Namun mungkin kita sering menggunakan charger dari brand lain, tanpa mengetahui spek nya. Untuk melihat speknya lihat di body charger dan cari yang bertuliskan output dengan satuan Ampere.


Efek menggunakan Charger diluar spek
Pada dasarnya chip yang tertanam pada perangkat BlackBerry untuk mengatur aliran power memiliki batas bawah dan batas atas. Namun BlackBerry ataupun rata-rata brand lainpun tidak terlalu spesifik mengenai arus daya yang dapat diterima perangkat mobile tersebut. Selain itu bentuk gelombang yang dihasilkan tiap merek charger berbeda-beda walaupun sudah dibuat standarisasinya, kwalitas charger pun berfariasi ada yang original ataupun charger-chargeran asalkan bisa nge-charge. Selain dari OS BlackBerry  itu sendiri yang mempengaruhi proses pengecasan.

Efek menggunakan Charger di bawah arus standar
Apa yang terjadi bila BlackBerry 10 menggunakan charger BlackBerry lama atau charger di bawah spek, maka proses charging bisa berjalan namun cenderung lebih lama karena arus yang mengalir lebih kecil.  Namun bila menggunakan charger dengan arus yang lebih kecil lagi kemungkinan proses charging tidak dapat berjalan. 

Efek menggunakan Charger diatas arus standar
Ketika kita hubungkan charger dengan arus diatas arus standar maka bila kenaikannya kecil mungkin tidak berpengaruh apa-apa, namun jika kenaikkan arusnya signifikan maka limiter di perangkat akan membatasi arus yang masuk, namun dalam waktu lama tentunya akan merusak komponen aktif didalamnya selain juga dapat merusak battery BlackBerry anda. Walaupun dari segi positifnya proses charging jadi lebih cepat.

Bukan menjadi tanggung jawab BlackBerry jika terjadi kecelakaan akibat penggunaan diluar spek atau diluar standar, Maka untuk menghindari hal yang  tidak diinginkan dan menjaga BackBerry anda tetap awet maka check charger yang biasa anda gunakan apakah range nya tidak terlalu jauh atau sangat jauh, sebagai gambaran bila BlackBerry 10 menggunakan charger dengan arus 1 A maka tidak terlalu jauh dari 750mA namun bila menggunakan charger yang diperuntukkan untuk tablet dengan arus bisa diatas 2A maka resiko kerusakan lebih tinggi. Lebih baik menghemat battery Blackberry anda daripada sering melakukan pengecasan.
Proses pengecasan atau pengisian daya battery menggunakan  arus listrik yang bila salah penerapannya maka akan mengakibatkan hal yang fatal. Beberapa kejadian terkait penggunaan charger yang mengakibatkan penggunanya mengalami cacat. Kejadian yang sering terjadi adalah perangkat mobile yang meledak saat dilakukan proses pengisian daya, beberapa penyebab yang telah diketahui bahwa charger tidak original, Ada modifikasi atau penanganan yang salah saat melakukan pembongkaran pada perangkat mobile, adanya kerusakan fisik karena jatuh atau tertekan yang  ketika di charge bisa menyebabkan arus singkat atau efek negatif lainnya. Bila menggunakan chasing yang original mungkin tidak banyak berakibat negatif namun jika kita menggunakan charger atau battery yang tidak original efeknya dapat mengabatkan kecelakaan yang mengakibatkan cacat, kebutaan dan lainnya.