Harga BlackBerry Q5 disertai Spesifikasi dan Review langsung


Harga BlackBerry Q5
Blackberry Q5 merupakan BlackBerry 10 ke tiga yang dirilis pada tahun 2013 ini. Bila sebelumnya telah beredar 2 model Blackberry  10 yaitu BlackBerry Z10 dan Blackberry Q10 dengan hanya dua variant warna, kini BlackBerry Meluncurkan BlackBerry Q5 dengan beberapa variant warna yaitu hitam, putih dan merah. Harga Blackberry Q5 yang ditawarkan pada saat pertama kali peluncuran adalah Rp. 3.999.000,- yang dibundling oleh operator dengan penawaran pre-order yang memikat dengan beberapa bonus yang bervariasi dari setiap operator. Harga tersebut bila dibandingkan dengan harga BlackBerry Z10 dan Q10 dengan kisaran harga 6 jutaan dan 7 jutaan tentu ini merupakan perbedaan yang significant. BlackBerry Q5 merupakan bagian dari Blackberry 10 dengan harga yang lebih terjangkau tentunya untuk menarik banyak pengguna Blackberry 10.
Beberapa waktu setelah peluncuran terjadi gejolak – gejolak baik itu ekonomi global yang berimbas pada ekonomi Indonesia, juga gejolak yang ada di internal Blackberry serta persaingan harga antar brand membuat harga ikut berubah pula.  Berikut harga terbaru dari Blackberry Q5 yang di tawarkan dari beberapa tempat yang memiliki reputasi dalam penjualan smartphone.

Harga BlackBerry Q5

Untuk melihat harga terupdate saat ini bisa di cek di salah satu online store terpercaya Lazada.co.id

BLACKBERRY Q5

Q5 by Lazada.co.id

Harga yang tercantum sewaktu – waktu dapat berubah berdasarkan ketentuan dari perusahaan penjual, untuk melihat harga saat ini silahkan klik link dari masing - masing online store diatas.

Spesifikasi BlackBerry Q5



Spesification
2G Network
GSM
3G Network
HSDPA
4G Network
LTE
Weight
120 g (4.23 oz)
Keyboard
QWERTY
Type Display
IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size Display
720 x 720 pixels, 3.1 inches (~328 ppi pixel density)
Multitouch
Yes
3.5mm jack
Yes
External Memmory
Micro SD up to 32 GB
Internal Memmory
8 GB, 2 GB RAM
Speed
HSDPA, HSUPA, LTE
WLAN
Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
Bluetooth
Yes, v4.0 with A2DP
NFC
Yes
Infrared port
No
HDMI
No
USB
Yes, microUSB v2.0
Primary Camera
5 MP, 2592х1944 pixels, autofocus, LED flash
Secondary Camera
Yes, 2 MP, 720p
Video
Yes, 1080p@30fps
OS
BlackBerry 10.1 OS
Chipset
Qualcomm Snapdragon
CPU
Dual-core 1.2 GHz
GPU
No
Sensors
Accelerometer, proximity, compass
Browser
HTML5
GPS
Yes, with A-GPS support
Java
Yes, MIDP 2.1
Colors
Black, White, Red
Battery
Li-Ion 2180 mAh (Non-removable)

Review BlackBerry Q5

Dikelas smartphone, BlackBerry Q5 memiliki spesifikasi yang bisa dibilang lebih dari cukup dengan processor dual core 1,2 GHz dan RAM 2 GB sudah sangat cukup untuk sekelas smartphone untuk menjalankan aplikasi – aplikasi yang komplex seperti aplikasi office, pengolahan gambar dan memainkan game 3D. Dengan dukungan memory internal  sebesar 8 GB dan external memory dari SDcard yang bisa dipasang hingga 32 GB, total storage yang memungkinkan menyimpan data hingga 40 GB dan ini sudah cukup untuk menyimpan aplikasi,  gambar/foto dan juga file musik ataupun video. Dengan lebar layar 3,1 inch yang relatif tidak terlalu kecil ataupun tidak terlalu lebar untuk model yang menggunakan qwerty keyboard. Untuk performance dengan spesifikasi yang ada dirasa relatif baik.
Dengan harga yang relatif jauh dari model – model Blackberry 10 lainnya, tentu ada kekurangan atau ada sefikasi hardware yang dikurangi. Bila dibandingkan dengan Blackberry Z10 dan Q10, hardware yang tidak ada di BlackBerry Q5 adalah port HDMI yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat Blackberry ini ke media elektronik lainnya seperti monitor atau projector. Spesifikasi lainnya yang mengalami penurunan dibandingkan 2 model pendahulunya adalah Processor yang turun menjadi 1,2 GHz, internal memory yang hanya 8 GB juga kamera yang turun menjadi 5 Mp untuk kamera utamanya yang terletak di bagian Belakang. Kapasitas battery untuk model ini adalah 2180 mAh yang merupakan kapasitas paling besar dari ketiga Blackberry 10 ini, namun untuk model Q5 ini, batterynya tidak mudah dilepas oleh pengguna atau dengan kata lain untuk membuka battery harus dilakukan di service center resmi BlackBerry.

Desain
Tampilan Depan dari Q5 ini terlihat menarik dengan bentuk yang menurut saya proporsional dengan komposisi keyboard dan dimensi layarnya. Dengan kembali kedesain classic yang menggunakan qwerty keyboard yang simple dan tanpa banyak atribut seperti trackpad dan tombol navigasi yang sudah tidak ada lagi di Blackberry 10 ini.
Sisi Atas, terdapat tombol power dan port audio 3,5 mm yang akan mempermudah saat menghubungkan perangkat audio seperti headset.
Sisi kanan, sama seperti model – model pendahulunya,  dibagian kanan terdapat tombol volume atas bawah dan tombol pause di bagian tengahnya.  Sedangkan dibagian kiri terdapat port USB dan slot untuk SIM dan SDcard. Ada yang baru di penyimpanan SIM dan memory, dimana penyimpanan dilakukan dibagian luar yang biasanya selalu di bagian dalam perangkat dengan membuka penutup battery terlebih dahulu.  Dengan membuka penutup SIM akan terlihat 2 slot untuk SIM dan SDcard, kemudian masukkan  keduanya sesuai gambar yang tertera, bila sudah masuk maka penutup kartu tersebut bisa ditutup.
Desain BlackBerry Q5
BlackBerry Q5 tampak samping

SIM Card Slot BlackBerry Q5
SIM Card Slot BlackBerry Q5

Body

Body dari BlackBerry ini terbuat dari plastik namun terasa solid dalam genggaman dengan ukuran 120x66x10 mm yang mengenang kita pada model – model Blackberry beberapa tahun kebelakang. Berat dari Blackberry Q5 ini adalah 120 gr yang membuat model ini relatif lebih ringan kita memegangnya.
KeyBoard, Bentuk dari keyboard Blackberry Q5 ini antar tombolnya memiliki spasi yang cukup renggang bila dibandingkan dengan model lainnya, sehingga memungkinkan untuk menghindari kesalahan – esalahan saat pengetikan.  Bahan dari keypad ini terbuat dari plastik dengan tombol tik-tak atau berbunyi ila di tekan,  mirip dengan model Curve beberapa tahun lalu.

Body BlackBerry Q5

Battery

Kapasitas battery BlackBerry Q5 memiliki kapasitas paling besar dari semua BlackBerry 10 yang sudah diluncurkan saat ini dengan kapastitas 2180 mAh, dimana model sebelumnya Z10 memiliki kapasitas 1800 mAh sedangkan BlackBerry Q10 memiliki kapasitas 2100 mAh. Dan lagi Battery dari Q5 ini memiliki perbedaan bentuk fisik dan penempatannya, dimana battery nya ditempatkan di bagian dalam body sehingga tidak bisa dibuka kecuali oleh service center.

Koneksi

BlackBerry Q5 ini walaupun harganya terpaut jauh dibawah dua model pendahulunya namun untuk masalah jaringan dan konektivitas memiliki kemampuan yang sama dimana BlackBerry Q5 ini sudah mensupport jaringan 4G dengan konektivitas yang disediakan adalah Blutooth, WiFi, Hot spot dan Tethering. Sehingga untuk menunjang aktivitas yang mobile, BlackBerry Q5 ini bisa menjadi pendamping selama beraktivitas. Namun perlu diingat kembali bahwa untuk mengakses internet  menggunakan paket data BB10 untuk lebih efisien.

OS

Saat dirilis pertama kalinya di Indonesia, model ini sudah terisi dengan operating system BlackBerry 10 versi 10.1 dimana versi sebelumnya yang disertakan dalam penjualan BlackBerry Z10 adalah versi 10.0. Perbedaan versi OS antara 10.0 dengan 10.1 tidak terlalu significant, dan saat ini BlackBerry Z10, Q10 dan Q5 sudah bisa diupgrade ke versi 10.1 sehingga semua OS BlackBerry 10 memiliki fitur aplikasi yang sama antara BlackBerry dengan harga yang paling mahal dengan harga yang paling murah.

BlackBerry World

Sebelum diluncurkannya BlackBerry 10 yang diperkenalkan dengan model pertamanya yaitu BlackBerry Z10, BlackBerry sudah berkonsentrasi dalam pengembangan aplikasi yang mendukung BlackBerry 10. Dan saat ini setelah beberapa bulan peluncuran BlackBerry 10, sudah ada ratusan ribu aplikasi yang tersedia di BlackBerry World termasuk aplikasi khusus untuk Indonesia.  Sampai saat ini pun BlackBerry terus mensupport untuk pengembangan aplikasi khususnya yang support untuk BlackBerry 10 dengan diadakannya acara – acara pertemuan dan pengarahan untuk para developer di beberapa negara dengan BlackBerry Jam nya.

Kelebihan BlackBerry Q5

  • Harga yang paling murah di kelasnya
  • Kapasitas battery paling besar saat ini
  • Jarak antar tombol keyboard cukup renggang
  • Clasic desain seperti model BlackBerry secara umum

Kekurangan BlackBerry Q5

  • Body terbuat dari plastik yang membuat kurang mantap
  • Tidak ada HDMI port
  • Resolusi Kamera rendah
  • Battery tidak mudah dilepas atau diganti
Saya pengguna BlackBerry Q10 dan Z10 namun sempat beberapa saat merasakan menggukan BlackBerry Q5, Bila ingin bertanya mengenai penggunaan ketiga model BlackBerry 10, silahkan ajukan pertanyaan melalui Blog BlackBerry 10 ini atau melalui account facebook dan google+.

Baca juga review BlackBerry Z30, Q10, Q5 dan Z10