Tidak bisa ganti DP BBM di BlackBerry 10

Tidak bisa ganti DP BBM
Sering mendapat keluhan daripara pengguna BlackBerry 10, apakah itu BlackBerry Z10 maupun BlackBerry Q10 dengan keluhan Display Picture / DP BBM tidak mau berubah padahal statusnya (text) sudah berubah. DP tidak berubah maksudnya DP kita di BB10 sudah dirubah namun di BlackBerry yang lain tidak berubah atau masih yang lama, atau bisa juga DP orang lain yang sudah berubah di BlackBerry 10 tidak berubah alias masih yang lama. Sayapun pernah mengalami ini dketika menggunakan Z10 di mana kita melihat status orang lain tidak berubah padahal bila dilihat di BlackBerry OS 7 DP nya sudah berubah. Sayangnya untuk case yang sudah lama ini BlackBerry tidak memberikan solusi yang pasti atau memang saya tidak menemukan solusi tersebut yang sebenarnya sudah di publiash oleh BlackBerry, namun di komunitas BlackBerry support pun yang merupakan komunitas resmi Blackberry, disana masih banyak yang menanyakan ini dengan solusi yang beragam.


Penyebab DP BBM tidak bisa diganti
Berdasarkan action yang diambil oleh pengguna yang mengalami masalah ini dan berdasarkan pengalaman bahwa masalah yang terjadi bila PP di BBM tidak dapat dirubah adalah murni karena masalah Server di Blackberry ataupun jaringan yang tidak stabil. Untuk BlackBerry OS7 kebawah, sudah ada solusi yang selalu berhasil untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan meng-uninstall aplikasi BBM nya dan menginstall ulang melalui BlackBerry World. Namun untuk BlackBerry 10 kita tidak dapat melakukan ini karena aplikasi BBM sudah menjadi core atau bagian dari OS BlackBerry 10.


Solusi untuk masalah PP di BBM yang tidak bisa diganti
Sejauh ini belum ada solusi yang pasti yang dikeluarkan oleh BlackBerry untuk mengatasi masalah ini, maka untuk mengatasi masalah ini bisa dilakukan dengan hal yang mudah seperti restart atau matikan perangkat BlackBerry 10 nya, bila tidak berhasil bisa dilakukan Wipe atau upgarde Software BlackBerry 10 nya namun ini cukup merepotkan dengan keberhasilan yang belum pasti juga.
Beriut adalah cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah Profile Picture atau Display Picture BBM yang tidak mau berubah berdasarkan pengalaman para pengguna yang mengalami masalah ini:

  1. Refresh jaringan layanan BlackBerry dengan menelephone operator untuk mengirim Service Book atau mereset jaringan untuk layanan BlackBerry nya. Namun beberapa agent atau CS dari beberapa operator tidak mengerti masalah ini namun anda bisa mintakan untuk meneruskan ke bagian engineer mereka
  2. Update or Install BBM Channel, untuk masalah yang sama di BlackBerry OS 7 bisa diselesaikan dengan meng-uninstall aplikasi BBM dan meng-install lagi. Namun di BlackBerry 10 tidak bisa karena BBM tidak bisa di uninstall atau menjadi core aplikasi. Untuk merefresh BBM melalui metode refresh aplikasi adalah dengan menginstall BBM Channel, namun saat ini masih versi beta dan belum ada di BlackBerry World
  3. Pancing dengan kartu SIM lain, Beberapa kasus bisa diselesaikan dengan cara ini dengan mengganti kartu SIM operator lain dan mengembalikannya ke kartu SIM semula

Cara-cara diatas bukan cara yang pasti untuk mengatasi masalah ini karena memang belum ada pemberitahuan resmi dari BlackBerry ataupun Operator untuk mengatasi masalah ini. Namun saya berusaha membuka jalan untuk yang mengalami masalah ini untuk mencoba beberap hal diatas.

Bila anda ingin mengetahui progress untuk masalah ini sudah ada solusinya atau belum silahkan lihat di situs resmi BlackBerry berikut:
Unable to change the BBM Display Picture on the BlackBerry 10 smartphone

Update 21 Sep 2013, info dari website tersebut masih dalam investigasi.
This is a previously reported issue that is being investigated by our development team. No resolution time frame is currently available.



Ikuti terus tips dan informasi berguna seputar BlackBerry 10 di MyBB10 Channels C001044C6
MyBB10 - BBM Channels