Harga BlackBerry Z30 disertai Spesifikasi dan Review langsung

BlackBerry Z30
Setelah diluncurkannya 3 model dari seri BlackBerry 10 dan kali ini BlackBerry mengeluarkan model barunya lagi yang merupakan model keempat ditahun ini yaitu BlackBerry Z30.  Dari setiap modelnya yang dikeluarkan, BlackBerry selalu memberikan perubahan – perubahan dan kelebihan – kelebihan dari setiap  modelnya, dan kali ini BlackBerry Z30 memiliki kelebihan dari model sebelumnya yaitu Layar yang paling lebar saat ini dikelasnya yaitu 5 inch dengan teknologi Amoled, juga kapasitas battery yang paling besar juga saat ini yaitu 2880 mAh serta teknologi baru antena yang akan berpengaruh terhadap konsumsi daya pemakaian sehingga memungkinkan BlackBerry Z30 ini akan lebih hemat. Dari sisi audio juga sudah menggunakan stereo speaker dengan high quality sound dan tentunya aplikasi – aplikasi yang ada didalamnya untuk menunjang performance penggunanya dengan versi terbaru yaitu 10.2 dengan beberapa fitur – fitur barunya. Disaat yang sama model – model baru smartphone dari brand – brand ternama juga memberikan penawaran – penawaran kelebihan dari model – model barunya, namun dari beberapa sisi BlackBerry yang merupakan pemain lama didunia Smartphone terus berupaya memberikan yang terbaik untuk penggunanya.

Harga BlackBerry Z30


Saat ini BlackBerry Z30 sudah ditawarkan dan diluncurkan dibeberapa negara salah satunya adalah negara tetangga yaitu Malaysia. Untuk Indonesia, BlackBerry Z30 sudah diluncurkan dengan harga standar adalah Rp.7.999.000 yang akan di tawarkan di BlackBerry Life Style Store dan di tempat-tempat lainnya.

Untuk pembelian online bisa di pesan di toko online terpercaya Lazada.co.id yang dapat dicicil dan bayar ditempat

BLACKBERRY Z30 - by Lazada

Harga Z30 by Lazada

Rp 4.900.000
Yang akan diberikan pada Paket Penjualan standar adalah :
In-ear stereo headphones
Charger
Kabel data microUSB 
Kartu Garansi


Spesifikasi BlackBerry Z30



Spesification
2G Network
GSM
3G Network
HSDPA
4G Network
LTE
Weight
120 g (4.23 oz)
Keyboard
Virtual Keyboard (Full Touch Screen)
Type Display
Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Size Display
720 x 1280 pixels, 5.0 inches (~294 ppi pixel density)
Multitouch
Yes
3.5mm jack
Yes
External Memmory
Micro SD up to 64 GB
Internal Memmory
16 GB, 2 GB RAM
Speed
HSDPA, HSUPA, LTE
WLAN
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
Bluetooth
Yes, v4.0 with A2DP, LE
NFC
Yes
Infrared port
No
HDMI
Yes
USB
Yes, microUSB v2.0, USB On-the-go
Primary Camera
8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
Secondary Camera
Yes, 2 MP, 720p@30fps
Video
Yes, 1080p@30fps, video stabilization
OS
BlackBerry 10.2 OS
Chipset
Qualcomm MSM8960T Pro Snapdragon
CPU
Dual-core 1.7 GHz Krait
GPU
Adreno 320
Sensors
Accelerometer, gyro, proximity, compass
Browser
HTML5
GPS
Yes, with A-GPS support and GLONASS
Java
Yes, MIDP 2.1
Colors
Black
Battery
Li-Ion 2880 mAh (Non-removable)

Review BlackBerry Z30


Saat ini saya menggunakan BlackBerry Q10 dan Z10 namun saat ini saya bisa menggunakan BlackBerry Z30 , dan berdasarkan apa yang saya rasakan selama penggunaan BlackBerry Z30 akan di share pengalaman dan review untuk model baru dari Blackberry 10 ini.

Design


Bila dilihat sekilas tampilan dari BlackBerry Z30 ini mirip dengan BlackBerry Z10, namun ketika saya memegang dan memperhatikannya  ternyata yang dirasakan berbeda,  mulai dari bentuk lekukan dari bagian muka ke bagian belakang, dan juga lekukan – lekukan yang ada disetiap sudut yang lebih membulat dibandingkan dengan BlackBerry Z10. Untuk lekukan lekukannya sendiri mirip dengn BlackBerry Q5 yang dari bagian sisi ke penutup belakang bodynya berbentuk lengkung yang tidak seperti model – model BlackBerry sebelumnya secara umum. Namu t  masih terasa bahwa body yang terbuat dari plastik yang membuat feel nya berbeda.
Bagian depan dipenuhi dengan layar Super Amoled dengan diameter layar adalah 5 inch dan ini merupakan dimensi terbesar dari smartphone BlackBerry. Dibagian atas di tampilan depan terkumpul beberapa fitur seperti camera depan uuntuk keperluan video call atau keperluan mem foto secara umum walau dengan resolusi 2 Mpixel, juga ada speaker untuk menerima panggilan, ada pula led indikator yang biasanya menyala memberikan notifikasi bila ada pesan masuk dan terakhir yang mungkin tidak terlihat adalah sensor di bagian atas depan berupa sensor cahaya dan proximity sensor.
Bagian sisi bagian atas terdapat port audio jack 3,5mm untuk headset dan juga  tombol power untuk menghidupkan dan mematikan perangkat ini. Disisi sebelah kanan ada tombol volume dan pause sedangkan disebelah kiri ada port microUSB untuk pengecasan dan transfer data dan juga port micro HDMI yang dapat digunakan untuk menshare ke perangkat luar seperti monitor ataupun projector.  Pada sisi bagian bawah terdapat loud speaker untuk mengeluarkan suara lebih besar ketika melakukan panggilan atau sekedar mendengarkan musik atau game.
Bagian Belakang body yang merupakan bahan fiber seperti halnya BlackBerry Q10 dengan logo BlackBerry ditengahnya berwarna silver. Ketika tutup  bagian belakang ini dibuka biasanya akan tampaka Batttery, namun untuk model ini tidak langsung terlihat battery nya melainkan ada di dalam bersama mesin atau PCB, sehingga pengguna tidak dapat melepas batterynya kecuali membawanya ke tempat service center BlackBerry. Setelah dibuka penutupnya juga akan terlihat slot tempat memasukkan SIM dan microSamD card untuk memasukkan kedua kartu.





Software dan Aplikasi

Setelah BlackBerry mengeluarkan banyak versi software khusus untuk BlackBerry 10,  dengan major versinya yaitu versi 10.0 dan 10.1 dengan beberapa perubahan, kali ini BlackBerry Z30 menggunakan versi 10.2 yang katanya memiliki perubahan yang significant. Beberapa fitur baru yang saya lihat adalah priority hub untuk menempatkan pean atau kontak secara prioritas, juga notifikasi pesan yang akan muncul sekilas ketika kita sedang membuka aplikasi apapun, ini mirip notifikasi email di MS outlook yang akan muncul di pojok kanan bawah monitor jika ada email masuk. Selain itu perbaikan di kualitas audio nya yang lebih jernih dan juga stereo.
Untuk aplikasi – aplikasi pendukungnya yang merupakan bawaan dari BlackBerry Z30 ini hampir sama dengan model terdahukunya, namun untuk aplikasi external yang dapat ditambahkan pada perangkat ini sudah sangat banyak dan BlackBerry mengklaim sudah lebih dari 70 ribu aplikasi yang ada di BlackBerry World untuk mensupport perangkat-perangkat BlackBerry. Aplikasi atau game yang ada disanapun cukup berkualitas bahkan untuk aplikasi gratis sekalipun. Sebut saja Asphalt, Nova3 atau Angry Bird yang merupakan game berkualitas yang dapat didownload secara gratis ke BlackBerry Z30. Selain itu sudah banya aplikasi yang berkualitas yang berbayar namun rata –rata harganyapun tidak terlalu mahal rata – rata hanya $1.

Processor dan Memory

Processor yang digunakan di mesin BlackBerry Z30 adalah processor dual core 1,7 GHz  didukung oleh processor untuk keperluan grafik atau GPU adalah Adreno 320 sehingga kerja processor utama tidak terkuras untuk memproses grafik, sedangkan prosesing tampilan grafik akan lebih baik dengan dedicated processor untuk grafik. Untuk urusan memory BlackBerry Z30 menggunakan 2 GB RAM untuk keperluan penyimpanan memory sementara ketika menjalankan suatu aplikasi atau menjalankan fungsi smartphone ini ditambah internal memory untuk media penyimpanannya sebesar 16GB.  Bila dirasa tidak cukup maka  memory penyimpanan dapat ditambahkan menggunakan external memory yang bisa dipasang hingga 64 GB. Dengan spesifikasi teknik seperti ini untuk sekelas smartphon sudah lebih dari cukup, mungkin kita bisa bayangkan dengan computer yang menggunakan processor pentium (1 core) dan memory 1 GB dan VGA card nya sharing, ini sudah bisa menjalankan komputer dengan proses kalkulasi yang berat, bagaimana bila performance ditingkatkan 2 kali lipat dan hanya digunakan di smartphone, sangat –sangat cukup.

Internet dan Connectivitas

Untuk urusan data, internet dan konektivitas tidak perlu diragukan lagi, dengan browser yang sudah support HTML5 sudah memuaskan dan dapat bersaing dengan browser dari brand – brand lainnya bahkan dengan sekelas iPhone5 sekalipun, Browser BlackBerry 10 sudah dapat mengungguli dalam kecepatan render nya. Untuk transfer data menggunakan jaringan operator, Blackberry Z30  ini sudah support 4G yang walau tidak semua operator di Indonesia sudah mengaplikasikan teknologi ini. Saya sudah mencoba memanfaatkan BlackBerry 10 sebagai hotspot menggunakan salah satu operator Indonesia, dan hasilnya ketika dimonitor di komputer, kecepatan saat itu bisa diatas 6 Mbps yang berdasarkan spek operator dapat mencapai 7,2 Mbps. Kecepatan 6 Mbps untuk saat ini sudah sangat cepat yang mungkin bisa dibandingkan dengan yang banyak digunakan di Indonesia seperti speedy yang biasanya berlangganan untuk 1 – 2 Mbps dan ini untuk mereka sudah cukup, bagaimana bila sampai 6 Mbps. Namun tentu ada kelebihan dan kekurangan nya salah satunya kecepatan tergantung jaringan tempat BTS berada, juga ini akan berimpact ada kuota data yang cepat habis, namun sesekali bila diperlukan BlackBerry Z30 sudah sangat layakuntuk dijadikan modem. Selain dapat difungsikan sebagai hotspot, perangkat ini pula dapat difungsikan Tathering dengan komputer untuk dijadikan modem.

Camera, Video dan Multimedia

Kamera yang terpasang di BlackBerry Z30 memiliki resolusi 8 Mpixel yang merupakan kamera utama dan terpasang dibagian belakang perangkat yang digunakan untuk mengambil gambar ataupun merekam video secara umum, sedangkan 2 Mpixel terpasang dibagian depan untuk keperluan video call atau bisa juga digunakan secara umum untuk mengambil gambar diri. Kualitas kamera sulit untuk dinilai karena hasil yang didapat bila dinilai oleh orang yang berbeda akan cenderung subjective, sehingga bagus tidak nya hasil gambar atau video tergantung object, pencahayaan dan cara pandang ataupun kesukaan dari orang yang menilainya. Namun secara keseluruhan kamera yang di pasang dismartphone sudah cukup bagus untuk merekam sesuatu ataupun moment. Tentunya sebesar apapun resolusi yang dihasilkan tentu tidak bisa dibandingkan dengan kamera digital apalagi sekelas DLSR yang memiliki fitur – fitur pengolah visual seperti DoF, iSO dan aperture yang dapat dirubah sesuai kondisi.
Untuk visual multimedia dengan layar 5 inch dengan kerapatan gambar 720 x 1280 pixels dan layar Amoled tentu sudah sangat  jernih untuk melhiat hasil gambar ataupun video dengan kualitas suara yang lebih baik dengan fitur baru yaitu noise cancelling yang ada di bagian sisi  kanan perangkat berbentuk 2 lubang kecil untuk mereduksi noise.

Konsumsi Daya

Kapasitas battery BlackBerry Z30 ini adalah 2880 mAh yang saat ini terbesar dikelasnya, dengan teknologi Amoled yang secara teoritis lebih hemat dibandingkan LCD yang menggunakan lampu led untuk pencahayaan LCD, namun di teknologi Amoled ini semua disatukan dalam teknologi Amoled. BlackBerry mengklaim bahwa kemampuan talk-time battery ini bisa mencapai 18 jam, namun selama saya menggunakan BlackBerry Z30 secara normal (cenderung minim) battery bisa bertahan selama 24 jam, namun baliklagi ke jaringan yang dapat mempengaruhi daya tahan battery tergantung besar kecilnya sinyal yang diterima yang berpengaruh terhadap besar kecil nya daya yang digunakan untuk mentransmit data  dengan level yang kecil ataubesar tergantung kondisi jaringan.
Dan lagi BlackBerry Z30 ini menggunakan un-removable battery artinya battery tidak dapat dilepas dan dipasang dengan mudah, dimana battery terletak dibagian dalam perangkat beserta mesin atau PCB. Sehingga bila bermasalah dengan battery maka disarnkan ke service center BlackBerry untuk mengecek dan membukanya.

Kelebihan BlackBerry Z30

  • Daya Battery yang lebih lama
  • Layar relatif Lebar (5 inch)
  • Kualitas suara yang impressive
  • Versi OS 10.2 dengan kelebihan yang significant

Kekurangan BlackBerry Z30

  • Battery yang tidak mudah untuk diganti
  • Body plastik
  • Berat
Review yang diberikan berdasarkan pengalaman pribadi selama menggunakan BlackBerry Z30 yang mungkin tidak semua aspek dapat ter-review, bila ingin mengetahui aspek lainnya silahkan ajukan pertanyaan di kolom komen dibawah.
Sedangkan harga yang tercantum disini diambil dari sumber yang dapat dipercaya namun sewaktu - waktu dapat berubah dari sumbernya, disarankan untuk mengecek berdasarkan link yang telah diberikan untuk mengetahui aktual harga saat ini.
Baca cuga mengenai review dan harga blackberry Z3 dengan layar 5 inch dan harga sekitar 2 jutaan.

Ikuti terus tips dan informasi berguna seputar BlackBerry 10 di MyBB10 Channels C001044C6
MyBB10 - BBM Channels