Rumor Spesifikasi BlackBerry A10 datang lagi

Specification BlackBerry A10
Setelah beberapa rumor penampakan dan sedikit spesifikasi dari BlackBerry A10, kali ini bocoran spesifikasi dan fitur yang lebih lengkap datang kembali. Seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa layar yang akan digunakan oleh BlackBerry A10 ini menggunakan layar berukuran 5 inch dengan prosesor yang memiliki kecepatan 1,7 GHz. Operating System yang akan terpasang adalah BlackBerry 10.2 dimana beberapa informasi menyebutkan bahwa BlackBerry 10.2 memiliki perubahan yang significant dibandingkan dengan OS yang sekarang ada yaitu BlackBerry 10.1. Dengan kecepatan procesor Dualcore 1,7 GHz untuk sekelas telephon genggam mungkin lebih dari cukup. Bila kita melihat kebelakang dimana komputer single core saja sudah bisa melakukan komputansi yang cepat apalagi dengan dual core sudah lebih dari cukup untuk menjalankan fitur-fitur yang ada di BlackBerry OS 10.2.

Beberapa hal yang ada di BlackBerry A10 belum dipastikan seperti Battery yang kabarnya non-removable seperti model BlackBerry Q5, yang artinya penutup battery tidak mudah untuk dibuka namun dari gambar-gambar yang beredar mengenai tutup battery BlackBerry A10 ada yang mengira penutup battery nya merupakan removable atau mudh dibuka jadi batterynyapun bisa jadi removable battery. Dari beberapa hal yang belum dipastikan berikut ini beberapa bocoran spek yang sudah beredar :


Feature
Specification
Processor
Dual Core 1.7GHz Qualcomm MSM8960 Pro, Quad Core GPU
Network
LTE/CDMA/HSPA+, LTE/HSPA+
Display
5" OLED, HD/WXGA, 1280x720, 24-bit color, S-Stripe Pixel Arrangement, 295ppi
Dimension
140.7 x 72 x 9.4mm
OS
BlackBerry OS 10.2
Camera-Rear
8.0MP Rear Camera with flash, IS 5X
Camera-Front
2.0MP Front Camera IS 5X
Memmory Internal
16GB + 2GB(RAM)
Memmory External
64GB uSB (hot-swap)
Connectors
Micro USB, Micro HDMI out
Sensors
Ambient Light, Proximity, Accelerometer, Gyroscope, Magnetometer, Altimeter 
Wi-Fi
802.11 a/b/g/n (4G Mobile Hotspot)
Battery
2800 mAh Integrated
Other
NFC, DLNA, Micro SIM

BlackBerry A10 atau sering disebut dengan Aristo  memiliki perbedaan yang significant pada layar LCD atau display dengan ukuran paling besar yaitu 5 inch yang pernah dimiliki Oleh BlackBerry. Dengan Bentuk yang hampir mirip dengan pendahulunya dari kelas BlackBerry 10 yaitu model Blackberry Z10.  Dengan processor  dual core berkecepatan 1,7 GHz merupakan kecepatan  yang cukup tinggi untuk sekelas smartphone. Walaupun saat ini sudah beredar smartphone dengan processor dengan empat inti atau dikenal quad core namun dengan aplikasi yang beredar saat ini  masih terbilang belum membutuhkan processor dengan kecepatan yang sangat tinggi. Maka dengan menggunakan processor bertenaga ganda masih cukup kuat untuk menjalankan aplikasi ataupun game yang berat seperti game Asphalt atau Nova3 yang sudah di test di BlackBerry Z10 dan berjalan dengan lancar. 

Selain Processor yang  sudah lebih dari cukup untuk menjalankan program ataupun aplikasi yang ada di BlackBerry 10, kelebihan lainnya adalah layar yang lebar dengan jenis layar menggunakan teknologi OLED memungkinkan keleluasaan dalam menjalankan aplikasi-aplikasi, terutama aplikasi yang terkait dengan tulisan ataupun bacaan. Dengan layar yang lebar memungkinkan untuk menampilkan font yang lebih besar dan menampilkannya dalam satu frame, bila dibandingkan dengan BlackBerry model-model sebelumnya terutama model BlackBerry dengan keyboard fisik yang tentunya layar lebih kecil dibandingkan dengan BlackBerry full screen seperti BlackBerry Z10 dan A10. Browsing lebih nyaman dan tidak perlu menggeser-geser layar karena semua bisa ditampilkan dalam satu frame, minimal bila harus menggeser layar pun tidak terlalu jauh. Juga untuk penggemar game, layar yang lebar dan ukuran yang masuk dalam genggaman membuat nyaman para gamer.