Menambahkan Kalender Web (calDAV) ke BlackBerry 10


Calendar BB10
Kalender bagi sebagian orang saat ini bukan hanya sekedar untuk melihat tanggal namun juga berfungsi untuk mengingat event ataupun tugas. Dan hampir semua ponsel terdapat aplikasi kalender didalamnya termasuk mobile komputer seperti tablet ataupun laptop. Bila kita mengingat plan yang telah di set kemarin atau dua hari yang lalu mungkin kita masih bisa mengingatnya namun apabila kita rencana yang kita buat seminggu atau sebulan lalu mungkin kita sudah tidak ingat lagi, salah satu alat bantu untuk mengingat  adalah alarm ataupun kalender yang ada fitur pengingat didalamnya. Di BlackBerry 10 aplikasi untuk pengingat bisa kita gunakan kalender ataupun aplikasi remember, namun bila kita sudah membuatnya di server yang dapat diakses dimanapin dan dengan perangkat apapun yang support, tentu kalender menjadi pilihan untuk mengingat ataupun memanage kegiatan kita kedepan.

BlackBerry 10 termasuk Z10, Q10 dan Q5 sudah mensupport untuk mensinkron dari kalender di web duntuk kalender yang sudah support CalDEV protocol.  Apabila kita sudah memiliki aplikasi kalender versi web seperti google calender maka kita tidak perlu lagi membutuhkan email untuk menarik kalendernya. Namun khusus untuk google, bila kita sudah memiliki account google maka kita sudahmendapatkan fasilitas mail, calendar, kontak dan lainnya Kali ini saya akan membagikan cara menambahkan atau mensinkron google kalender ke BlackBerry 10.

Berikut tahapan-tahan menambahkan google kalender ke perangkat BlackBerry 10:


  1. Bila anda belum memiliki google kalender bisa mendaftarkannya disini https://www.google.com/calendar atau bila sudah memiliki account google maka bisa memanfaatkan aplikasi calendar nya.
  2. Bia sudah membuat account dan sudah masuk ke halaman utama calendar, maka tahap selanjutnya di calender name di bagian kiri, klik drop-down menu disampingnya kemudian pilih Calendar setting. Google Calendar Setting
  3. Cari kalendar ID dan catat
    Google calendar ID
  4. Sekarang pindah ke perangkat BlackBerry 10, pilih menu setting kemudian tap logo add account, tap logo advanced di bagian bawah layar.
    Add account
  5. Setelah itu dan pilih calDAV
  6. Isikan kolom Description, Username, Email address dan password  kamu
  7. Di kolom Server address isikan ini https://www.google.com/calendar/dav/ [ Google Calendar ID ] /events. Untuk Calendar ID isikan dengan calendar ID yang sebelumnya sudah disimpan.
    CalDAV setting

Semua sudah selesai sampai sini dan anda bisa mengecek dengan membukanya di aplikasi kalender di BlackBerry 10 OS. Tunggu beberapa saat untuk sinkron dan anda setelah itu anda dapat melihat event yang sebelumnya ada di web google calendar sudah ada di BlackBerry 10 anda.

Google merupakan perusahaan internet raksasa yang awalnya hanya dikenal sebagai mesin pencari, namun seiring pengembangan yang dilakukan maka google merambah ke banyak layanan dan sudah banyak pula mengakuisisi beberapa aplikasi ataupun layanan web seperti Android dan Youtube yang sekarang sudah jadi milik perusahaan raksasa ini. Selain itu layanan yang diberikan gratis kepada penggunanya adalah layanan email dan kalender yang sudah bisa di integrasikan ke perangkat mobile seperti BlackBerry smart phone khsusnya BlackBerry 10 yang kita bahas saat ini.Layanan email dan kalender milik Google ini sudah support protokol POP atau bisa menarik email ke komputer ataupun perangkat mobile, dimana layanan ini sudah lama diberikan secara gratis walaupun untuk mendapatkan fitur – fitur yang lebih spesifik harus membayar sebelum menggunakannya.Sudah tidak asing lagi dengan layanan email google sehingga para pengguna email corporate menjadikan google mail menjadi alternatif utama setelah email kantor.