Budaya PIN dan penggunaan PIN BBM di Multi Platform

QR Code PIN
Para pungguna BlackBerry mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah PIN, dimana PIN merupakan identitas dari perangkat BlackBerry untuk berkomunikasi dengan perangkat BlackBarry lainnya dengan PIN yang berbeda. Banyak penggunan BlackBerry yang sering melakukan pergantian perangkat atau pergantian Model tentunya dengan PIN yang berbeda-beda, juga kemudahan ketika meng-invite seseorang dengan menscan QR-Code pada perangkat BlackBerry.
Namun penggunaan PIN saat ini masih digunakan sebagai identitas pengguna, masih banyak yang menshare PIN nya melalui forum-forum atau menempatkan nomor PIN di signature email. Maka bagi para pengguna BlackBerry, PIN masih sering digunakan saat ini walaupun jarang pengguna yang hafal akan PIN nya sendiri termasuk saya sendiri, kecuali pengguna yang memiliki perangkat BlackBerry dengan nmor cantik atau nomor yang mudah diingat.


Identitas BBM untuk Android dan iOS

Saat ini banyak aplikasi messaging yang beredar untuk multi platform artinya untuk semua OS mobile, mulai dari Android, iOS, Symbian, Windows phone dan lain-lain. Rata-rata aplikasi messaging mengidentifikasikan seorang pengguna berdasarkan nomor ponsel. Lalu bagaimana dengan BBM yang akan di aplikasikan untuk Android dan iOS apakah menggunakan nomor ponsel ataukah PIN? Jawabannya adalah BBM untuk Android dan iOS akan menggunakan PIN.

Berikut ini beberapa hal mengenai PIN untuk BBM di Andrid dan iOS :

  • PIN adalah pengenal seseorang berdasarkan identitas perangkat, dimana PIN akan tertanam pada perangkat yang menginstall aplikasi BBM.
  • Selain di BlackBerry, PIN tidak terdapat pada kode perangkat, artinya di perangkat mobile yang berbasis Android ataupun iOS tidak ada tanda atau print out kode PIN selain hanya ada di perangkat BlackBerry
  • Ditujukkan kepada pengguna yang telah teregister ke Infrastruktur jaringan internet, Bila aplikasi BBM sudah diinstall dan terhubung ke jaringan internet maka perangkat tersebut sudah memiliki PIN unik yang akan terus terbawa.
  • PIN dapat berubah jika berpindah perangkat, Sama seperti BlackBerry maka PIN di platform lainpun  akan berubah jika berpindah ke perangkat mobile dengan menggunakan BBID yang sama.
  • Tidak dapat menggunakan PIN messaging, ini hanya tersedia untuk perangkat BlackBerry saja.

Bila anda ingin segeramendapatkan PIN maka anda harus menjadi yang pertama tahu kapan BBM akan diluncurkan. Untuk mengetahui peluncuran secara resminya oleh BlackBerry anda bisa mendaftar melalui website http://BBM.com , anda diminta untuk memasukkan email anda dan apabila waktunya telah tiba, BlackBerry akan menginformasikan kepada anda melalui email.

Sebenarnya ada dua identitas utama di BlackBerry 10 yaitu PIN dan BlackBerry ID, juga ini diaplikasikan juga untuk pengguna BBM di Android dan iOS.  Dimana PIN berfungsi sebagai idet=ntitas pengguna yang bisa disamakan sebagai nomor telephone. Sehingga bila ingin mengundang ke salah satu pengguna maka yang dilakukan mengundang ke nomor PIN pengguna. Sedangkan BlackBerry ID atau BBID merupakan user untuk bisa menggunakan layanan Blackberry salah satunya layanan BBM. Jadi bila anda sudah punya PIN sebagai identitas anda dan kemudian anda ingin  menggunakan BBM maka untuk masuk ke BBM harus memasukkan BBID terkebih dahulu. Jadi BBID merupakan user account untuk bisa masuk ke layanan BBM dan analoginya adalah BBID itu fungsinya sama seperti alamat email yang digunkan untuk bisa masuk ke account email kita. Jadi untuk bisa menggunakan BBID harus dipastikan memiliki PIN dan memiliki BBID dan ini berbeda untuk layanan BlackBerry lainnya seperti BlackBerry World dan BlackBerry protect yang  hanya memerlukan BBID tanpa memerlukan PIN untuk mengakses layanan tersebut.