Cara membuat Voice Note atau merekam suara di BlackBerry 10

Voice Note BlackBerry 10
Ada beberapa pengguna yang merasa bingung ketika ingin merekam suara melalui BlackBerry 10, biasanya pengguna ponsel jika ingin merekam suara mencari menu atau icon bergambar mic atau tulisan record atau rekam. Namun di BlackBerry 10 apabila kita cari maka kita menemukan logo mic dengan tulisan voice control, namun logo mic tersebut bukan difungsikan untuk merekam namun fungsi dari voice control adalah perintah suara, dimana kita dapat membuat perintah suara seperti what time is it? nanti akan keluar waktu saat ini atau BBM budi maka akan terhubung kontak BBM Budi, dan voice control ini memerlukan jaringan internet untuk melakukan perintah suara ini, jadi tanpa internet atau internet yang jelek, menu ini tidak dapat digunakan.
Balik lagi ke alat perekam, aplikasi untuk merkam suara di BlackBerry adalah Voice Note, namun untuk BlackBerry 10 aplikasi Voice Note ini tidak berdiri sendiri melainkan terintegrasi dengan aplikasi lain yaitu Remember.
Remember adalah aplikasi di BlackBerry yang merupakan integrasi beberapa aplikasi menjadi satu aplikasi yang lebih komplit, adapun isi dari aplikasi Remember ini adalah diantaranya memmo, task, dan juga voice note. Jadi perinsipnya jika kita ingin membuat catatan atau notes di remember maka kita dapat menulis judul, kemudian isi dari note yang akan ditulis juga kita dapat menyisipkan beberapa file gambar, suara, dan juga file-file yang dapat di attach. Jadi ketika kita ingin membuat catatan misalkan catatan bahan makanan maka kita dapat menyisipkan foto dicatatan tersebut juga rekaman suara, jadi catatan, foto dan rekaman suara menjadi satu. Bila kita menggunakan perintah cepat di BlackBerry Q5 atau Q10 dengan mengetikkan Voice Note, maka yang keluar adalah aplikasi remember. Apakah nantinya dengan upgrade software BlackBerry 10 akan membuat aplikasi ini berdiri sendiri? kita lihat saja nanti.

Bagaimana cara membuat Voice Note di BlackBerry 10


Saya akan menshare cara membuat voice note atau rekaman suara di BlackBerry 10 melalui aplikasi remember:

  1. Tap aplikasi remember
  2. Tap logo kertas dengan simbol plus, akan keluar form memo atau catatan 
    Voice Note BlackBerry 10
  3. Beri judul di kolom title, dan isi catatan atau tulisan di kolom notes bila memang ingin menuliskan sesuatu, namun apabila tidak ingin menuliskan sesuatu bisa diabaikan.
    New entry Note
  4. Tap tombol mic di bawah layar, akan keluar tampilan Voice Note
  5. Tap gambar kota dengan lingkaran merah didalamnya untuk memulai merekam, dan tam kotak dengan kotak putih didalamnya untuk berhenti merekam.
    Merekam Suara BB10
  6. Bila ingin merekam lebih dari satu maka ulangi point no 4 dan 5.
Rekaman suara sudah disimpan di notes tersebut dan nantinya dapat dilihat melalui aplikasi remember lagi dengan mencari di file notes sesuai judul, dimana rekaman ada didalam lampiran catatan tersebut. Namun anda dapat juga melihat rekaman melalui aplikasi File Manager, dengan mencarinya di device memory (bukan di SD Card), lalu cari folder voice kemudian buka dan akan ditampilkan list file rekaman yang telah kita buat sebelumnya.

Menyimpan Rekaman BlackBerry 10

Itu tadi panduan untuk membuat rekaman suara di BlackBerry 10, semoga untuk yang belum tahu, panduan ini bermanfaat. Beberapa pengguna BlackBerry jarang menggunakan fitur ini dan hanya diperlukan sekali – sekali saja. Namun ada juga beberapa yang mungkin lebih suka menyimpan catatan ataupun ide – ide nya kedalam rekaman suara karena mungkin rekaman suara tidak terlalu banyak mengeluarkan effort untuk menulisnya.