Aplikasi BlackBerry 10 untuk melihat traffic lalulintas melalui CCTV


Memantau Traffic Lalu Lintas via CCTV
Lalu lintas di kota-kota besar saat ini sudah tidak lagi bisa diprediksi, kadang tiba-tiba kondisi lalu lintas yang kita lalui padat ataupun macet parah. Untuk kondisi-kondisi tertentu mungkin para pengguna jalan raya yang sering menggunakan jalan yang biasa dilalui mungkin sudah bisa memprediksi kondisi yang akan terjadi, kondisi-kondisi tersebut seperti hujan deras atau ada aktivitas masa seperti demo dan lain-lain. Tentunya para pengguna jalan sudah mempunyai rute biasa yang biasa dilalui dan beberapa sudah mempunyai jalur alternatif diluar jalur utama. Akan lebih efisien jika kita mengetahui terlebih dahulu traffic dijalur biasa dibandingkan kita terjebak dikemacetan dan sudah sulit untuk berpindah jalur ke jalur.
Mungkin dari kita sudah pernah tahu aplikasi atau alamat website untuk memantau lalulintas melalui komputer, namun tidak semua orang bisa mengakses komputer atau laptop dengan koneksi internetnya. Blackberry 10 sudah menyediakan aplikasi yang dapat memantau trafik lalulintas dan informasi-informasi lalu lintas dari para memberinya yang dapat diakses melalui BlackBerry Q5, Q10 dan Z10. Aplikasi ini adalah LewatMana atau LewatMana.com yang sebelumnya sudah ada dalam format website dan kini sudah tersedia dalam aplikasi mobile aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi buatan developer indonesia.


Aplikasi BlackBerry 10 LewatMana.com

Lewatmana.com dapat pula diakses melalui komputer di lewatmana.com, sedangkan versi aplikasi untuk BlackBerry 10 ada sedikit perbedaan dibanding versi webnya, namun tanpa mengurangi fitur utamanya untuk mengecek trafic melalui CCTV dengan menampilkan kondisi atau update trafik lalulintas dibeberap kota besar di indonesia, seperti Jakarta yang dipisahkan menjadi lima wilayah,Bekasi, bandung surabaya.
Adapun beberapa fitur dari aplikasi ini adalah :
Aplikasi Blackberry 10 LewatMana.com
Fitur-fitur LewatMana.com
Selain fitur utamanya untuk menampilkan kondisi lalulintas melalui CCTV, juga LewatMana.com memiliki fitur tambahan yang berguna yang dapat diakses melalui Blackberry 10. Adapun menu-menu yang ada di aplikasi LewatMana.com adalah :

Trafic update, Berisi informasi lalulintas yang diupdate oleh member lewatmana.com yang tentunya kondisi terupdate saat itu.
Important number, berisi nomor-nomor penting yang mudah diakses terutama pada kondisi darurat seperti nomor polisi, ambulan, pemdam kebakaran, rumah sakit dll.
Directory, menampilkan tempat-tempat yang sering dikunjungi seperti alamat rumah sakit, puskesmas, pom bensin dan lain-lain
Community,
Untuk dapat mengakses menu-menu diatas dengan men tap menu (logo garis 3) yang terdapat di pojok kiri bawah.

LewatMana.com untuk BlackBerry 10 di BlackBerry World 

Untuk mendapatkan aplikasi ini anda dapat mendownloadnya dari blackBerry World melalui komputer atau BlackBerry 10 anda. Anda dapat mencarinya melalui menu search atau menscan QR Code berikut.
Aplikasi LewatMana di BlackBerry World

Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis yang Bisa di install di semua BlackBerry 10 untuk semua versi  OS, mulai dari versi OS 10.0 yang merupakan OS pertama kali diluncurkan atau OS 10.1 yang saat ini  merupakan versi terbaru. Ukuran file dari aplikasi ini relatif kecil dan dalam pengoperasiannyapun sepertinya tidak terlalu berat, tidak seperti aplikasi atau game dengan source besar dan akses tampilan grafic yang tinggi, walaupun besarnya file tidak menjadi patokan bahwa aplikasi tersebut mengkonsumsi memory yang tinggi dan membutuhkan kinerja yang cepat namun berdasarkan pengalaman bahwa aplikasi dengan file yang besar cenderung memakan resource dari mesin BlackBerry 10 ini. Dan aplikasi ini merupakan aplikasi butan anak negeri yang diberikan secara gratis untuk membantu  para pengguna kendaraan untuk menghindari kemacetan atau hanya sekedar ingin tahu saja.