Cara menggunakan layanan Cloud di BlackBerry 10

Cloud Service
Kita sering mendengar istilah Cloud namun beberapa orang mungkin belum mengerti istilah cloud ini atau bahkan belum mendengar istilah cloud ini. Cloud atau dalam bahsa Indonesia berarti awan didunia internet sering diartikan sebagai media penyimpanan virtual karena kita tidak tahu dimana kita menyimpannya dan tentu bukan diatas awan. Cloud merupakan suatu server tempat menyimpannya file dimana server nya itu sendiri kita tidak perlu tahu namun kita harus tahu siapa penyedia layanan cloud ini. Saat ini sudah banyak layanan cloud mulai dari yang gratis sampai yang berbayar contohnya saja DropBox, Box, SkyDrive atau Google Drive. Saya sendiri lebih sering menggunakan DropBox dibandingkan layanan cloud lainnya walaupun sudah punya account untuk layanan cloud lainnya. Jika kita membuat account google atau Gmail maka otomatis mendapatkan fasilitas media penyimpanan google drive dan baru saya sadari bahwa ada file saya yang disimpan di Google drive sejak 3-4 tahun lalu dan masih ada sampai saat ini. Begitu juga dengan SkyDrive dari Microsoft yang apabila kita membuat account outlook.com kita akan langsung mendapatkan fasilitas penyimpanan yaitu skydrive. Juga untuk Box yang merupakan bawaan dari BlackBerry 10 yang sudah ada ketika kita membuka BlackBerry 10 untuk pertama kali. Namun saya lebih memilih DropBox dengan menginstal nya sebagai aplikasi tambahan di BlackBerry Q10 yang saya gunakan saat ini. Semua layanan cloud yang saya sebutkan tersebut dapat di control melalui komputer dan 4 layanan cloud tersebut adalah yang saya anggap lebih terkenal daripada layanan cloud yang banyak beredar namun untuk kali ini saya hanya membahas Box dan DropBox karena sudah terintegrasi langsung dengan BlackBerry10.



Apa gunanya layanan Cloud?


Ketika anda ingin mengirimkan file ke seseorang atau banyak orang tentu dengan mudah mentransfernya melalui Bluetooth atau NFC namun ketika jarak tidak memungkinkan untuk mengirimkan melalui kedua metode tadi maka anda dapat mengirimkannya melalui email, namun apabila file yang dikirimkan sangat besar dan email server membatasi ukuran pengiriman email maka metode apa yang akan anda gunakan untuk mengirimkan file besar ke seseorang ditempat yang jauh ?
Salah satu metode yang sering saya gunakan adalah menggunakan layanan Cloud.  Walaupun ada beberapa layanan lain seperti media download seperti mediafire atau lainnya namun layanan cloud seperti Box atau DropBox lebih privacy dibandingkan layanan yang saya sebutkan tadi.  Juga yang paling penting adalah Box dan DropBox sudah terintegrasi dengan BlackBerry 10 dan juga komputer artinya media penyimpanan tadi dapat dianggap sebagai folder di BlackBerry 10 atau dikomputer dengan menginstal aplikasi nya kecuali layanan Box sudah terinstal sejak awal.
Salah satu pengalaman saya ketika ingin mentransfer file besar dari perangkat BlackBerry 10 dan saat itu BlackBerry Link bermasalah dan Bluetooth pun tidak bisa connect maka saya gunakan dropbox dengan menshare atau meng upload file tersebut ke dropbox dan saya download melalui komputer dari account yang sama.

Menginstal layanan Cloud di BlackBerry 10


Kedua layanan dan juga aplikasi nya sudah terverifikasi oleh BlackBerry sehingga aplikasinya sudah tersedia dan dapat di download melalui BlackBerry World. Setelah anda menginstal Box dan/atau DropBox  anda harus membuat account terlebih dahulu. Untuk pembuatan account lebih mudahnya dibuat melalui komputer denganmasuk kewebsitenya yaitu box.com dan dropbox.com. Setelah anda memiliki account maka anda masukkan user login dan passwordnya di BlackBerry 10 anda. Maka anda sudah dapat menggunakan layanan cloud ini atau media penyimpanan virtual. Salah satu keuntungan lainnya adalah data anda akan lebih aman ketika perangkat anda rusak atau hilang namun selama anda menyimpan user login dan passwordnya maka data anda dapat diambil kembali kapan saja.

Cara Menggunakan Box dan DropBox


Ketika layanan cloud tersebut sudah diinstal maka BlackBerry 10 mengenali kedua layanan tersebut sebagai media penyimpanan di BlackBerry 10 selain device storage dan media (SDcard) storage. Anda dapat membuka dan melihat isi dari 4 storage tersebut termasuk Box dan DropBox dan dengan mudah anda dapat mendownload dan membukanya juga untuk Box dan DropBox anda dapat menshare file yang ada didalamnya ke orang lain dengan memberikan link downloadnya. Dari 4 media penyimpanan tersbut dapat anda lihat melalui File Manager di BlackBerry 10 dan dengan men-swipe dari sisi kiri kekanan maka akan tampil pilihan media storage yang akan anda buka. Setelah anda memilih salah satu storage maka file manager akan menampilkan issinya dan anda sudah dapat mengaksesnya.