Menggunakan Retract messages di BBM


Restrict Message
Saat ini jika anda perhatikan bahwa di BBM ada fitur baru yaitu Retract message atau menarik kembali pesan, artinya pesan yang sudah dikirim akan di tarik kembali. Retract Message ini sebenarnya adalah menampilkan pesan untuk beberapa saat lalu pesan akan dihapus. Lalu untuk apa BlackBerry memberikan fitur ini di pegolah pesannya itu? BlackBerry merupakan salah satu produsen ponsel yang sangat konsen dengan security, sehingga memberikan fitur ini untuk keperluan security dan juga privacy. Beberapa negara eropa sana, privacy merupakan hal yang sangat penting didalam urusan warga kepemirantahan ataupun dengan pelayanan-pelayanan public. Sisi privacy dan security di Retract message ini adalah untuk menghapus atau tidak merrecord pesan yang dianggap tabu, atau tidak pantas dibaca oleh orang lain, sehingga ketika pesan-pesan BBM kita dibaca oleh orang lain maka pesan yang sudah di retract tidak akan ditampilkan. Atau bisa juga menghindari pesan yang dikirimkan akan ditampilkan yang nantinya bisa menjadi barang bukti untuk urusan-urusan bisnis atau pun hukum, sehingga pengguna BBM tidak lagi was-was ketika ingin mengirim pesan yang sifatnya cukup privacy. Beberapa orang tua kadang meletakkan smartphone nya di sembarang tempat di rumahnya yang memungkinkan dibaca oleh anaknya atau anggota keluarga lainnya, terkadang kata-kata yang tidak pantas bisa terbaca oleh anaknya. Atau partner bisnis yang ingin memberikan keputusan ke partner bisnis lainnya namun tidak ingin keputusannya dianggap resmi, maka partner bisnis ataupun rekan bisnis dapat memberikan keputusan bisnis dengan menggunakan retract message ini.

Bagai mana menggunakan restract message?

Retract message hanya bisa dibuat oleh pengirim pesan BBM, jadi tidak bisa dibuat oleh penerima, termasuk mengatur berama lama pesan dapat dibuka, yang dapat diatur mulai dari satu detik sampai 25 detik. Dipenerima akan mendapat pesan retract message dan tinggal mentap nya untuk melihat pesan yang ada didalamnya. Pesan akan terbuka beberapa detik, tergantung berapa lama si pengirim men set waktunya. Setelah pesan dibuka, maka pesan tidak akan dapat dibuka kembali baik itu di pengirim maupun di penerima.

Restrict Message

Restrict Message

Restrict Message

Menonaktifkan Time Message

Mungkin anda tidak tertarik dengan fitur ini atau terganggu dengan widget retract message tersebut, maka anda dapat menonaktifkan nya sehingga tidak ada lagi widget di BBM untuk mengirim retract message.
Untuk menonaktifkannya:

  • Buka aplikasi BBM
  • Swipe dari atas ke bawah hingga muncul menu setting, lalu tap
  • Cari "Timed Message" dibagian bawah lalu non aktifkan
Dengan menonaktifkan fitur ini, maka anda tidak bisa mengirim restract message kembali, termasuk tidak mungkin terjadi salah kirim pesan karena salah tap tombol send.

Namun bila anda merasa bahwa ada beberapa pesan BBM yang tidak layak atau tidak pantas dibaca yang sudah terjadi, maka untuk pesan-pesan tersebut anda dapat menghapusnya, namun anda tidak dapat menghapus sebagian pesan saja melainkan menghapus semua history pesan dari awal hingga pesan terakhir. Untuk menghapusnya semua history tersebut anda dapat melakukan end chat yang ada di menu samping kanan di bagian bawah. Untuk mengeluarkan menu tersebut dengan men tap tiga titik yang ada di kanan bawah sampai keluar menu samping dan pilih end chat. Dan untuk selanjutnya jika anda merasa ingin mengirim pesan yang tidak ingin dibaca orang lain atau siapapun, maka anda dapat menggunaka fitur retract message ini.