Apa itu SlimPort di BlackBerry 10 ?

SlimPort at BlackBerry Passport
Berawal dari rasa bingung karena menurut spesifikasi bahwa Blackberry Passport sudah mendukung HDMI namun setelah dicari-cari hanya ada satu port USB saja yang biasa digunakan untuk charging dan untuk cable data.  Dengan rasa penasaran akhirnya mencari tahu kesana sini dan menemukan bahwa Blackberry Passport memiliki fitur SlimPort yang tentunya berhubungan dengan port yang ada di BlackBerry Passport yang hanya ada port USB dan port connector 3,5". Dan memang benar ternyata SlimPort ini berkaitan dengan port USB. Dan setelah mencari tahu lebihh dalam mengenai SlimPort ini ternyata USB slimPort ini tidak hanya support untuk HDMI namun juga bisa utuk VGA, intinnya dengan fitur SlimPort ini tampilan layar yang ada di smartphone dapat ditampilkan juga di monitor ataupun projector menggunakan HDMI atau VGA, tentunya jika menggunakan LCD monitor atau projector yang belum support HDMI maka dapat menggunakan SlimPort untuk VGA.

Apakah BlackBerry 10 anda support SlimPort ?

Jika tampilan di handphone ingin ditampilkan di layar monitor atau projector maka harus menggunakan kabel SlimPort adaptor, dengan usung cabel berbentuk micro USB yang akan di hubungkan ke perangkat dan ujung satu nya lagi berbentuk konektor HDMI atau VGA yang akan dihubungkan ke layar monitor atau projector. Fitur SlimPort pada perangkat smartphone didukung dengan hardware dan juga dukungan software nya, jadi walaupun konektor SlimPort  dapat dihubungkan ke perangkat manapun namun belum tentu dapat berfungsi mengeluarkan tampilan di layar monitor, karena dari sisi hardware tidak mensupportnya. Teknologi SlimPort pada perangkat mobile phone belum banyak digunakan tidak seperti HDMI yang sudah lebih populer, dan SlimPort ini baru diaplikasikan dibeberapa brand dan beberapa model saja. Untuk BlackBerry 10 sendiri, yang support SlimPort baru BlackBerry Passport selebihnya belum support SliimPort ini, namun beberapa model seperti Z10, Z30 sudah tersedia konektor HDMI tersendiri. Jadi jika BlackBerry 10 anda (selain Passport) di colokkan dengan SlimPort adaptor ke layar monitor, maka tidak akan berfungsi sebagai mana mestinya.

Jenis - Jenis SlimPort adaptor

Perangkat mobile phone yang akan dihubungkan dengan perangkat luar seperti layar monitor, LCD atau projector harus menggunakan kabel adaptor, dan beberapa jenis kabel adaptor yang umum digunakan untuk SlimPort ada beberapa jenis:

HDMI Adaptor

Kabel adaptor yang menghubungkan samrtphone dengan konektor micro USB  dan ujung satunya berbentuk konektor HDMI yang nantinya tersambung ke perangkat yang support HDMI seperti LCD/LED monitor atau Projector. Beberapa model adaptor terdapat masukan untuk power yang berfungsi untuk memberikan daya pengisian battery smartphone, sehingga ketika konektor micro USB digunakan untuk SlimPort maka perangkat smartphone akan di charge pada saat bersamaan.
SlimPort HDMI Adaptor


VGA Adaptor

Konektor VGA merupakan teknologi lama yang masih tetap ada sampai saat ini, dibandingkan denganHDMI yang lebih terkini teknologinya. Namun beberapa perangkat masih banyak yang menggunakan VGA sehingga dibuatkan pula adaptor SlimPort untuk VGA dengan ujung nya berbentuk konektor VGA yang akan terhubung dengan perangkat monitor atau projector yang menggunakan konektor VGA. Sama seperti adaptor HDMI, adaptor  VGA pun terdapat konektor untuk power sehingga dapat melakukan pengisian daya pada saat SlimpPort digunakan.
SlimPort VGA Adaptor


Combo HDMI/VGA Adaptor

Untuk 2 adaptor yang disebutkan diatas merupakan adaptor dengan satu koneksi yaitu HDMI atau VGA, sedangkan untuk yang Combo maka keluarannya terdiri dari dua jenis konektor yaitu HDMI dan VGA yang beberapa model adaptor, kedua keluaran tersebut dapat digunakan bersamaan, selain itu tersedia pula konektor untuk power pengisian daya battery, sehingga jika SlimPort digunakan dalam waktu yang lama, maka tidak akan bermasalah dengan dayabattery karena terus terisi.
SlimPort Combo Adaptor


Manfaat dan Kegunaan SlimPort
Mungkin dari kita ada yangg sudah familiar dengan HDMI yang fungsinya sama seperti SlimPort hanya bereda media nya saja, tentunya sudah mengerti dan memahami kegunaan nya, dan berikut beberapa kegunaan dari SlimPort:

  • Bermain Game dengan layar LCD yang lebar, dan saya pernah memainkan Asphalt di BB10 dengan tampilan di layar 32 inch, cukup mengasikkan bagi yang hobi bermain game interaktif.
  • Sharing gambar, video dan lainnya melalui layar yang lebih lebar, pada suatu ketika saya share streeming TV yang saya tampilkan melalui LCD  32 inch dan ini bisa menghibur lebih banyak orang dibadingkan kita menyaksikannya sendiri di layar handphone.
  • Untuk presentasi dengan tampilan LCD atau projector, atau hanya sekedar menunjukkan sesuatu kebanyak orang dengan tampilan yang lebih lebar.