Iklan di BBM sumber penghasilan baru BlackBerry


Iklan di BBM
BlackBerry Massenger atau lebih dikenal dengan BBM merupakan salah satu andalan dari BlackBerry, dengan pengguna aktif terbanyak di dunia termasuk di Indonesia. Namun walaupun BBM sebagai salah satu aplikasi pengolah pesan papan atas dan bisa dibilang terbaik saat ini, namun tidak henti-hentinya perusahaan asal Canada ini mendevelop dan mengembangkan aplikasi ini. Perubahan-perubahan sudah banyak dilakukan oleh BlackBerry, mulai mengembangkannya OS BlackBerry 10 dengan platform QNX yang saat ini terus dikembangkan yang sudah mencapai versi 10.3, tentunya banyak perubahan besar di setiap versinya yang salah satunya adalah kemampuan untuk menjalankan aplikasi ataupun game Android di perangkat BlackBerry 10. Perubahan OS, perubahan aplikasi sampai perubahan infrastruktur didalam internal BlackBerry sudah dilakukan. Dan kini BlackBerry sudah berfikir untuk memonitize atau mencari keuntungan dari perubahan dan pengembangan-pengembangan yang dia lakukan. BBM yang merupakan aplikasi pengolah pesan dengan pengguna cukup banyak saat ini, tidak lah mengherankan karena memang banyak fitur didalamnya dibandingkan aplikasi serupa, ditambah lagi peningkatan pengguna setelah dilepaskannya BBM untuk Android, iOS dan windows phone.

Pemasukan yang didapat oleh Blackberry

Kita mengenal BlackBerry sebagai produsen smartphone yang sudah menghasilkan dan mengeluarkan banyak model, yang salah satu keunggulan dari BlackBerry adalah push email dan BBM yang merupakan aplikasi pengolah pesan yang paling populer. Membuat dan menjual perangkat smartphone merupakan bisnis BlackBerry. Namun BlackBerry juga memiliki bidang bisnis yang lain yaitu layanan enterprise atau yang lebih dikenal layanan BES. Dan layanan ini enterprise BlackBerry di claim merupakan yang terbesar saat ini, yang penggunaannya dikombinasikan dengan perangkat BlackBerry juga dapat diaplikasikan dengan iPhone ataupun perangkat Android. Dan saat ini BlackBerry seang fokus untuk me-monitize aplikasi andalannya yaitu BBM, yang sebenarnya sudah dilakukannya  sejak beberapa waktu lalu ketika diluncurkannya BBM sticker berbayar.

Apa saja yang dihasilkan BlackBerry dari BBM

Salah satu kelebihan dari BBM adalah penggunanya yang sangat banyak yang mencapai jutaan pengguna aktif, jumlah pengguna yang banyak ini menjadi potensi untuk mencari keuntungan. Apa saja yang dihasilkan BlackBerry dari BBM:

BBM Sticker

Fitur ini sebenarnya mirip dengan emoticon namun variasi yang beraneka ragam dan juga ukurannya yang lebih besar membuat ini berbeda dari emoticon yang sudah ada. Ada beberapa BBM sticker yang gratidsuntuk digunakan namun banyak yang berbayar. Dengan menjual sticker ini merupakan salah satu ladang untuk mendapatkan penghasilan.

BBM Ads

Bila kita melihat halaman update status atau feeds di BBM, sekarang ini kita  selalu melihat iklan yang terpampang disana biasanya di urutan-urutan awal update status.  Halaman feeds merupakan salah satu halaman dari BBM yang sering dibuka oleh para pengguna BBM karena isinya yang mengasikkan dengan menampilkan status-staus yang menarik, lucu dan aneh dari kontak BBM yang ada. Maka akan banyak pengguna BBM yang membuka halaman ini yang menjadikan potensi untuk memasang iklan didalamnya karena setiap iklan yang dipasang kemungkinan akan dilihat oleh ribuan bahkan jutaan penggunanya.

BBM for enterprise grade

BBM yang digunakan di jaringan enterprise BlackBerry memberikan tambahan fitur yang salah satunya keamanan yang lebih tinggi. Dan BBM di enterprise ini bisa dibilang tidak gratis lagi alias berbayar walaupun pembayarannya dilakukan karena penggunaan layanan enterprise itu sendiri. Namun point nya untuk menggunakan BBM enterprise grade ini, pengguna harus membayar ke Blackberry.

BBM Meeting

Fitur ini masih dalam tahap develop namun sudah dipublikasikan ke umum, fitur ini menjadikan BBM sebagai media untuk melakukan conference call menggunakan aplikasi yang ada di dalam BBM. Layanan BBM meeting ini hampir sama dengan BBM voice atau BBM video namun dapat dilakukan komunikasi ke banyak orang secara bersamaan. Untuk dapat menggunakan layanan ini pengguna harus membayar bulanan dan ini menjadi salah satu pemasukan dari Blackberry dimasa datang.