Custom ring tone BlackBerry 10 anda dengan kwalitas suara terbaik

Customize ring tone
BlackBerry 10 saat ini sudah memiliki kualitas load speaker yang sudah lumayan bagus, untuk  mendengarkan musik maupun ring tone ataupun notifikasi lainnya. Namun terkadang kita bosan dengan bunyi notifikasi "ping" BBM masuk yang bunyinya standard semua model BlackBerry, dan karena disekitar kita ada juga yang menggunakan BlackBerry juga, dan ketika ada BBM masuk atau panggilan masuk, kadang kita menjadi bingung apakah BlackBerry kita yang bunyi atau punya orang lain. Di setiap perangkat BlackBerry sdah disediakan beberapa ringtone atau notifikasi yang dapat digunakan untuk di set sesuai keinginan penggunanya namun tetap bahwa ring tone yang disediakan tersebut terbatas dan juga standard seperti yang ada di semua perangkat BlackBerry. Ada banyak ringtone yang tersebar di internet yang dapat kita cari namun kita belum tahu kwalitas dan biasanya kita mendownload satu persatu dan kita test apakah suara nya sesuai yang kita harapkan bila di mainkan di perangkat BlackBerry kita. Selain di internet secara global, sebenarnya di Blackberry World atau penyedia aplikasi Android pihak ketiga ada beberapa ringtone yang bisa anda dapatkan.  Namun kali ini saya coba mendapatkan ringtone dari BlackBerry World yang menurut saya lumayan kwalitasnya dan banyak  pilihannya. Dan saya sudah mencobanya di Blackberry Passport saya ini.
Kini saat nya kita customize ringtone Blackerry 10 kita menjadi berbeda dari milik orang lain, dan juga notifikasi berbeda untuk aplikasi berbeda pula.  Sebagai contoh saya menset ringtone untuk BBM dan BBM group dengan ringtone yang berbeda, sehingga ketika kita sibuk dan ada BBM group masuk kita sudah tahu itu dari group dan saya bisa abaikan sampai ada waktu untuk membukanya, dan customize ringtone ini cukup membantu bagi saya. Saya coba share cara mudah untuk mendapatkan ringtone yang lumayan berkualitas dan membuat customize ringtone untuk aplikasi berbeda.

Aplikasi Penyedia RingTone

Bila kita mengetikkan kata kunci ringtone di Blackberry World atau penyedeia aplikasi Android seperti Amazon AppStore, maka akan muncul beberapa aplikasi penyedia ringtone ataupun pembuat ringtone.

Dari Aplikasi yang saya search di BlackBerry World dan juga Amazon Appstore saya tidak mencoba semua aplikasi ringtone tersebut saya akan coba 2 aplikasi yang saya ambil  dari BlackBerry World dan Amazon AppStore

RingTones Application

RingTones Application

Install dan menjalankan Aplikasi Ringtone

Untuk Proses Download dan install aplikasi tersebut, seperti biasa dengan mengklik tombol free yang nanti akan langsung mendownload dan install ke dalam perangkat BlackBerry 10 anda.

Ringtones by Sentio dari BlackBerry World

Aplikasi ini simple dan mudah untuk menggunakannya, setelah anda instal dan anda membuka aplikasi tersebut maka akan muncul list ringtone dan anda dapat mencoba nya satu persatu, lalu bila ada yang dirasa sesuai maka di tap sampai keluar menu samping kanan lalu klik download. Hasil download akan tersimpan di memory internal di folder music

Top 50+ Ringtones dari Amazon AppStore

Dari beberapa aplikasi ringtone saya mendownload aplikasi ini secara acak, karena menurut saya yang diperlukan hanya list ringtone yang akan digunakan. Dibandingkan aplikasi diatas, aplikasi ini prinsipnya sama untuk menyediakan ringtone namun antar muka yang ditampilkan tidak sesimple aplikasi diatas, juga seperti aplikasi Android pada umumnya selalu disisipkan iklan di aplikasinya yang membuat  sedikit tidak nyaman.

Sebenarnya ada banyak lagi aplikasi yang ada di BlackBerry World, Amazon AppStore atau penyedia aplikasi lainnya, namun saya menyarankan untuk mencarinya di BlckBerry World terlebih dahulu baru mencari di Amazon AppStore bila tidak ditemukan di BlackBerry World. Anda dapat mencari dan mencobanya sendiri aplikasi yang terbaik.

Setup custom notifikasi
Bila aplikasi penyedia ringtone sudah diinstal dan kita mencari ringtone yang sesuai lalu mendownloadnya ke perangkat BlackBerry 10, file ringtone yang didownload tersebut nantinya akan tersimpan di memory internal (Device) yang berda di folder "music". BIla kita cek file sudah ada maka langkah selanjutnya adalah membuat custom notifikasi ataupun custom ringtone. caranya:

  1. Masuk ke menu setting
  2. Pilih notifications
  3. Scroll sampai kebawah, lalu tap "Aplications"
  4. PIlih Aplikasi yang ingin kita rubah notifikasi atau ringtone nya
  5. Saya ambil contoh dengan memilih BBM
  6. Tap tombol "Tone" lalu pilih "Browse Music ..."
  7. Tap logo folder (dikiri bawah) , lalu browse ke memory perangkat dan cari folder music
  8. Pilih file yang sudah di download tadi
  9. Setelah dipilih anda dapat mencobanya apakah sesuai atau tidak, bila tidak sesuai cari lagi file yang lainnya sampai dapat.
Biasanya disetiap aplikasi yang kita install biasanya terdapat panduan install dan set upnya, baca kembali panduannya setiap kali anda mendownload aplikasi yang berbeda, karena belum tentu panduan yang saya berikan sama dengan ketentuan yang diberikan oleh masin-masing develiper penyedia palikasi tersebut.