Tips memasang SIM card dan SD card di BlackBerry Passport

Open BlackBerry Passport
Pertama kali menggunakan BlackBerry Passport, saya merasa bingung kit ingin memasang SIM card dan SD card, karena disiluruh sisinya tidak ada tempat untuk memasakkun SIM, juga pada bagian belakang atau penutup battery yang tidak bisa di buka karena biasanya ada di bagian dalam penutup battery seperti beberapa model BlackBerry yang sudah ada. Setelah melihat panduannya ternyata SIM card dan SD Card dipasang diatas bagian belakang di atas kamera atau flash. Namun setelah tahu pun saya merasa bingung bagaimana membukanya karena membukanya tidak sekedar digeser, dan ternyata membukanya harus mencongkel dari bagian atas. Dan tetap membukanyapun tidak semudah seperti model lainnya karena selain sulit juga agak terasa riskan pengait atau penutup tersebut patah. Dibagian dalam sejajar dengan tempat SIM Card dan memory card juga terdapat label IMEI atau serial number perangkat, jadi bila ingin melihat IMEI nya tentu harus juga membuka penutup SIM Card ini.

Cara membuka penutup SIM

Harga BlackBerry Passport relatif tidak murah untuk sekelas smartphone bahkan beberapa dari penggunanya menganggap ini merupakan handphone mahal. Handphone baru apalagi dengan harga mahal tentu akan di perlakukan lebih hati-hati, termasuk cara membuka dari SIM Card ini yang mungkin bagi yang baru menggunakan ini akan berhati-hati.
Untuk cara membukanya dengan menempelkan ujung kuku ke coakan yang ada di bagian atas antara tombol power dan konektor headset. Lalu angkat sedikit dan setelah sedikit terangkat lalu geser kekanan dan kekiri sehingga sedikit terbuka rongga, jika sudah sedikit terbuka di sepanjang sisi atas, lalu angkat secara perlahan hingga penutup SIM Card terlepas.
Open BlackBerry Passport 1
Open BlackBerry Passport 2
Open BlackBerry Passport 3
Open BlackBerry Passport 4



Jenis SIM Card BlackBerry Passport

Seperti kita ketahui bahwa ukurang SIM Card terdiri dari berbagai macam ukuran, yaitu : Mini SIM Card, Micro SIM Card dan Nano SIM Card. Sedangkan BlackBerry Passport menggunakan Nano SIM Card., yang merupakan satu-satunya Blackberry 10 yang menggunakan Nano SIM Card saat ini. Untuk model BlackBerry 10 mulai dari BlackBerry Z10 hingga BlackBerry Z3 menggunakan Micro SIM Card. Bentuk dari Nano SIM Card hanya menyisakan lempengan kuningan nya saja.
Untuk pemasangan SIM Card di BlackBerry Passport harusnya mudah termasuk melepasnya, karena disana sudah ada gambar petunjuk sehingga kemungkinan salah arah sangat kecil. Ketika melepasnyapun cukup mudah dengan menekan SIM Card keaarah dalam maka per yang ada didalam akan mendorong keluar lalu kita tinggal menariknya dan melepasnya. Namun harus diperhatikan bahwa diatas lubang SIM Card terdapat rongga dengan ukuran yang muat SIM card juga, dan jika salah masuk maka sulit untuk mengeluarkannya, dan saya pernah mengalami ini dengan memasukkan SIM Card ke lubang yang salah, alhasil SIM masuk kedalam dan saya harys menggunakan benda yang pipih untuk menariknya keluar. Jadi perhatikan saat anda memasukkan SIM Card ke dalam tempat SIM card yang benar.
SIM Card

Tips Mengganti Nano SIM card

Bila sebelumnya anda menggunakan handphone dengan jenis SIM Card mini atau micro tentu harus menggantinya menjadi Nano SIM Card jika ingin menggunakan Blackberry Passport ini. Beberapa metode yang mungkin bisa anda lakukan :

Menukarkan ke Operator

Ini merupakan cara yang paling benar dan paling aman untuk mengganti SIM Card, karena biasanya operator sudah menyediakan beberapa ukuran SIM Card yang dibuat dari pabrik langsung sehingga ukurannya sesuai standard dan kemungkinan kecil untuk salah ukuran.

Memotong SIM Card

Beberapa pengguna khususnya toko handphone biasa melakukan pemotongan SIM Card ini, biasanya toko mempunya alat potong SIM CArd untuk beberapa ukuran. Dengan mealukan pemotongan ini pun SIM Card masih bisa digunakan. Namun sayangnya ada resiko untuk pemotongan dengan salah ukuran atau pemotongan yang tidak rata. Hasil pemotongan SIM Card akan tergantung dari dudukan SIM Card saat dipotong dan juga ketajaman pisau untuk memotong SIM CArd tersebut. dan saya pernah menemukan SIM Card yang salah potong yang tentunya membuat SIM card rusak atau tidak dapat digunakan. TIdak salah untuk melakukan pemotongan ini namun harus lebih berhati-hati dalam melakukan pemotongan. Namun tetap cara pertama dengan memnukarkan ke operator adalah cara yang paling aman.