BBM Meeting, layanan baru BBM


BBM Zoom Meeting
Pertumbuhan ekonomi Indonesia khususnya di jakarta tidak terlepas dari aktivitas bisnis dengan Partners lokal maupun partner luar. Komunikasi menjadi hal penting termasuk urusan Meeting koordinasi ataupun consolidation. Untuk urusan meeting saat ini sudah tidak lagi ketemu face to face atau diskusi dalam satu ruangan, masalah jarak yang jauh dan juga efektivitas waktu membuat para pebisnis melakukan meeting jarak jauh. Media Confrence Call menjadi pilihan untuk dapat melakukan meeting atau hal lainnya dari jarak jauh. Beberapa media Con Call yang sering saya gunakan diantaranya Webex, GoToMeeting dan Skype. Mungkin ada banyak lagi layanan yang serupa namun sepertinya layanan tersebut merupakan layanan yang populer saat ini dan sejauh ini saya sudah menggunakan layanan-layanan tersebut dengan kelebihan dan kekurangan masing- masing.

Beberapa minggu lalu Jhon Sims selaku presiden dari global enterprise solution BlackBerry sudah confirm mengenai rumor BBM Meeting, yang dapat melakukan conference call seperti halnya layanan layanan yang saya sebutkan diatas. BBM meeting ini memiliki kemampuan untuk melakukan conference suara dan video dalam group yang dapat mencapai 25 orang pengguna sekaligus. Informasi ini tidak berselang lama setelah peluncuran Blackberry Passport.

Layanan baru dari BlackBerry ini sudah tersedia pada akhir tahun ini, namun sayangnya baru pengguna Enterprise yang bisa menikmati layanan ini. Rencananya layanan ini akan tersedia untuk pengguna umum pada tahun depan.

Para pengguna dapat menunggu untuk menggunakan BBM meeting ini di BlackBerry 10, iOS, Android , computer juga tablet PC, kemungkinan BBM Meeting ini dapat di akses melalui BlackBerry Blend yang baru saja diluncurkan. BlackBerry akan menggandeng partner untuk mensupport layanan baru ini. Bocoran dari update BBM terbaru ini menyinggung mengenai layanan BBM meeting ini.

Zoom Meeting

Zoom merupakan cross platform Dari layanan cloud Video Conferencing dengan fiturnya seperti screen sharing, recording dan beberapa fitur lain yang biasanya dibutuhkan untuk conference call. Perusahaan ini akan menawarkan rencana kerjasama yang memungkinkan untuk bisa mengadakan online meeting hingga 100 pengguna sekaligus yang dapat diakses dari smartpone, tablet ataupun komputer. Link untuk layanan BBM meeting ini dapat diakses di http://bbm.zoom.us namun saat ini belum bisa diakses. Kita tunggu saja bagaimana performance dari layanan ini dan mungkin beberapa dari kita bisa memanfaatkannya.