Mengatasi SIM Card yang tidak terbaca

SIM Card Error
Saya sudah pernah menggunakan beberapa merk smartphone khususnya merek-merek besar, dan tentunya Blackberry. Setiap merek pasti pernah terjadi kerusakan pada produknya dengan kerusakan yang bervariasi dan salah satu kerusakan yang akan saya bahas disini adalah kerusakan terkait dengan SIM card. Mungkin ada beberapa kerusakan terkait SIM card yang pernah terjadi namun saya mengambil 3 kerusakan yang pernah saya alami dan sepertinya kerusakan ini kerusakan yang umum.
  • SIM Card tidak terbaca
  • SIM Card rejected
  • Tidak ada signal
Kerusakan diatas merupakan kerusakan yang pernah saya temui dan mungkin ada kerusakan lain yang terkait dengan SIM Card. Beberapa kasus yang saya temui terjadi di BlackBerry 10 namun pernah juga terjadi di beberapa merek lainnya. Dari kerusakan yang disebutkan diatas kita lihat apa yang terjadi dan apa penyebab dari kerusakan tersebut.

SIM Card tidak terbaca

Biasanya kerusakan ini ditandai dengan tulisan insert SIM Card atau masukkan kartu SIM yang tertera di tampilan indikator operator walaupun kita sudah memasukkan SIM card ke perangkat smartphone, untuk perangkat BlackBerry biasanya ada di kanan atas. Kerusakan ini bisa disebabkan dari SIM card atau perangkat ponsel, dan untuk memastikannya adalah dengan mencoba SIM card ke smartphone lain yang sudah dipastikan tidak bermasalah. Jika setelah dicoba di beberapa smartphone mengalami hal yang sama yaitu insert SIM card maka sudah dipastikan kerusakan berasal dari SIM card.

Penyebab Insert SIM Card

Kerusakan chip SIM Card, ini adalah kerusakan yang umum terjadi dimana chip yang biasanya berwarna kuning yang terkoneksi dengan ponsel mengalami kerusakan. Didalam chip tersebut tersimpan data dan juga interaksi tegangan DC ke SIM Card, dan kerusakan lebih detail bisa disebabkan beberapa hal namun intinya chip tersebut rusak dan tidak dapat digunakan. Pernah saya alami nahwa SIM tidak terbaca hanya sekali-sekali saja namun menjadi sering dan akhirnya tidak bisa sama sekali, jadi bila sering mengalami kerusakan ini lebih baik segera si bereskan karena bisa jadi saat kita butuh tiba-tiba SIM tidak dapat digunakan.
Solusi kerusakan chip SIM card tidak ada yang bisa kita lakukan selain meminta pergantian ke operator, jika kita berusaha mengotak-atik dan akhirnya bisa, berdasarkan pengalaman itu tidak bertahan lama dan akan terjadi kembali.

Tidak terkoneksi sempurna

Antar chip SIM card dan ponsel terkoneksi menggunakan konektor SIM reader di perangkat ponsel. Tidak terkoneksi dengan sempurna bisa karena konektor terangkat sehingga tidak menempel sempurna atau SIM Card yang kotor.
Solusi kerusakan karena tidak terkoneksi dengan sempurna, step pertama adalah membersihkan SIM card dengan menggosok menggunakan penghapus pinsil dan jangan menggosok dengan benda logam apalagi benda yang tajam. Cek juga konektor apakah pin konektor SIM berdiri sejajar, bila ada yang terangkat dan anda berani melakukannya untuk mengangkat sedikit menggunakan pinset ataupun logam yang kecil, namun jika anda tidak mengerti dan tidak mau mengambil resiko maka anda bisa membawa nya ke tempat service.

Ukuran SIM tidak sempurna

Secara umum yang masi banyak digunakan di ponsel, smartphone maupun tablet menggunakan SIM card berukuran mini SIM, Namun untuk BlackBerry 10 semuanya sudah menggunakan Micro SIM kecuali BlackBerry Passport yang sudah menggunakan nano SIM. Operator biasanya sudah menyediakan semua jenis ukuran SIM card sehingga kita dapat mengganti dengan ukuran sesuai ke operator, dan operator memiliki stock SIM card berbagai ukuran yang dibuat dari pabrik untuk semua ukuran dengan presisi yang cukup tinggi. Namun terkadang beberapa pengguna ketika berpindah perangkat dengan SIM yang berbeda tidak meminta penukaran SIM ke operator dan melakukan pemotongan sendiri yang terkadang saat melakukan pemotongan, ukurannya tidak sesuai atau tidak rata apalagi jika cutter yang digunakan sudah tumpul karena sudah sering digunakan. Yang melakukan pemotongan seperti ini biasanya toko-toko handphone untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan yang membeli ponsel nya.
Solusi jika ukuran SIM card tidak pas adalah dengan menukar ke operator dan juga hindari menggunakan adaptor SIM card jika berpindah ke SIM card yang lebih besar , misalkan dari micro SIM ingin menggunakan mini SIM biasanya pengguna akan memanfaatkan sisa potongan sebelumnya untuk menyambung menjadi mini SIM. Salah satu efeknya adalah dapat mengakibatkan kerusakan pada perangkat terutama komponen mekanikal SIM card. Sejauh ini beberapa produsen ponsel tidak merekomendasikan penggunaan adaptor, salah satunya Blackberry yang tidak merekomendasikannya.

Kerusakan hardware ponsel

Bila SIM card sudah dipasangkan ke perangkat lain ternyata bisa terbaca maka  kemungkinan besar kerusakan dari perangkat ponsel nya. Seperti dijelaskan sebelumnya kemungkinan konektor SIM card perangkat yang tidak menempel sempurna dan anda bisa meluruskannya sendiri atau minta bantuan tempat service. Namun jika koneksinya sudah dipastikan bagus maka kemungkinan ada komponen lain yang rusak seperti chips yang mengontrol SIM card, power suply DC yang masuk ke SIM card bermasalah atau bisa juga jalur yang putus.
Solusi untuk kerusakan ini satu-satunya cara adalah dengan membawa ke tempat service, dan belum tentu kerusakan ini dapat diperbaiki di level service center. Namun bila perangkat nya masih bergaransi biasanya service center akan mengganti dengan perangkat yang baru dengan serial IMEI yang baru juga.

Selain kerusakan insert SIM card yang sering terjadi, ada juga kerusakan SIM card lainnya yaitu SIM card rejected atau no signal, namun bisa dibilang ini bukan kerusakan namun SIM card sudah tidak valid atau sudah tidak aktif lagi, sehingga bila dipasangkan akan muncul pesan SIM card reject atau sinyal tidak keluar di ponsel yang normal. Anda bisa mencobanya dengan memasukkan SIM card yang sudah lama tidak digunakan dan lihat apa yang terjadi.

Dari kerusakan-kerusakan yang dibahas diatas mungkin saja ada beberapa kasus aneh yang tidak sesuai dengan penjabaran diatas. Namun apa yang dijajabarkan diatas berdasarkan pengalaman dan berdasarkan kasus umum yang sering dijumpai.