Mengatasi salah ketik di BlackBerry 10

Auto Correct di BlackBerry 10
Sejak pertama diluncurkannya BlackBerry 10 dengan model pertamanya yaitu BlackBerry Z10 hingga BlackBerry terbaru yaitu BlackBerry Passport sudah ada fitur predictive keyboard dan Automated Assistance atau Auto correct . Predictive keyboard adalah prediksi kata yang diberikan ketika kita akan mengetikkan suatu kata, sebelum kita selesai menyelesaikan pengetikan satu kata, Blackberry 10 sudah memberikan beberapa prediksi kata nya. Sehingga bila kita mengetik tulisan yang banyak tentu akan mempermudah dan mempercepat. Saya sendiri sering menggunakan fitur ini baik prediksi dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Sedangkan Automated Assistance atau bisa disebut sebagai auto correct adalah mengubah kata bila kata tersebut dianggap salah atau tidak ada di vocabulary BlackBerry 10. Kata-kata yang tidak sesuai  atau dianggap salah tersebut akan digantikan sesuai kata baku yang ada di vocabulary BlackBerry 10, Dan kita bisa men set nya untuk Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris atau bahasa lainnya. Sebagai contoh ketika kita tidak sengaja mengetik kata "sayi" maka secara otomatis kata tersebut akan dirubah menjadi "saya". Tentu ini membantu kita untuk mengkoreksi secara otomatis oleh perangkat BlackBerry ini.

Namun sayangnya kadang ketika kita mengetikkan kata-kata yang tidak baku, kata-kata keseharian atau kata-kata gaul, maka secara otomatis akan di rubah menjadi kata yang mendekati kata tersebut yang kadang tidak sesuai dengan yang kita inginkan, atau juga ketika mengetikkan suatu nama bila tidaka ada dalam vocabulary maka nama tersebut akan dirubah. Terkadang saat mengetik kita melihat hasil ketikkan dan bisa mengkoreksinya jika salah, namun kadang juga ketika mengetikkan kalimat yang panjang dan terburu-buru kita tidak sadar beberapa kata sudah dirubah secara otomatis, hasilnya beberapa kata dan kalimat menjadi berubah arti.

Cara Menonaktifkan Auto correct

Fitur ini disediakan untuk membantu penggunanya jika terjadi kesalahan, namun bila kita tidak menginiginkannya dengan alasan tertentu, maka kita dapat menonaktifkannya. Termasuk menonaktifkan predictive keyboard atau auto correct atau keduanya.

  • Masuk ke menu setting
  • PIlih Language and Input lalu cari menu Predictive and correction
  • Pada bagian Auto Correct, anda dapat menonaktifkan dengan meggesar tombol ke posisi "o"
  • JIka anda ingin menonaktifkan predictive keyboard maka dibagian show predictive anda nonaktifkan.
Language and Input Setting

Turn off auto correct

Setalah anda menonaktifkan ini maka pesan yang anda kirim akan sesuai dengan pesan yang anda tulis.