Amazon Appstore hadir di Blackberry 10


Amazon AppStore
Para pengguna Blackberry 10 mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Android yang sudah bisa diinstall dan dijalankan di Blackberry 10, dan mungkin dari kita pengguna Blackberry 10 sudah banyak aplikasi Android yang ada di perangkat Blackberry masing-masing. Untuk pengguna BlackBerry 10 yang masih baru atau yang masih awam mungkin agak bingung bagaimana cara menginstall aplikasi Android pilihannya kedalam Blackberry 10. Sama seperti sayapun saat pertama kali diluncurkannya Android di BlackBerry 10 agak bingung untuk mencari aplikasi ataupun game yang diinginkan juga setelah itu bingung bagimana cara memasukkan ke Blackberry 10. Setelah mencari tahu dari beberapa sumber akhirnya tahu beberapa cara menginstal apliasi ataupun android ke dalam Blackberry 10. Dan saya sudah share didalam blog ini salah satu cara menginstal nya dengan menggunakan 1mobile market, yang sebenarnya masih ada beberapa metode lagi yang dapat dilakukan untuk menginstal aplikasi android di perangkat Blackberry 10. NAmun menurut saya cara yang saya berikan memang bukan yang paling mudah namun memberikan kegunaan dan fitur yang lebih banyak dibandingkan metode lainnya.

Amazon Appstore di Blackberry 10


BlackBerry sudah lama menggaet Amazon sebagai penyedia aplikasi Android, walaupun sampai saat ini kita belum bisa merasakan kegunaan dan manfaat dari Appstore ini. Karena Aplikasi dari Amazon ini baru akan ada secara resmi di OS BlackBerry 10.3 yang saat ini hanya tersedia di BlackBerry Passport saja. Namun tentu kedepannya semua model BlackBerry 10 akan tersedia OS versi BlackBerry 10.3 ini dengan banyak fitur baru yang salah satunya Aplikasi Amazone Appstore. BlackBerry dan Amazon sudah mengikrarkan kerjasama antar keduanya, dengan bagiamana bentuk kerjasamanya tidak di publish secara luas, namun kita sebagai penggunanya hanya perlu tahu apa itu Amazone Appstore dan apa kegunaannya. Seperti halnya BlackBerry World yang menyediakan aplikasi dan game untuk Blackberry 10, Amazon Appstore hamoir mirip dengan Blackberry World, hanya saja Amazon Appstore ini menyediakan aplikasidan game Android selain itu juga Appstore ini menyediakan music dan video untuk penggunanya.

Dengan adanya AppStore ini maka akan ada dua gudang aplikasi dan game yang ada di Blackberry 10 dengan total apliasi yang tersedia mencapai 340,000 lebih aplikasi, disamping itu tersedia musik dan video yang siap untuk di download. Dengan kedatangan appstore ini maka akan melengkapi aplikasi yang sebelumnya tidak tersedia di Blackberry World.Dengan kehadirannya Amazon Appstore ini, BlackBerry sudah menonaktifkan layanan untuk download musik dan video di Blackberry world, namun musik dan video yang ada di library masih akan tetap ada.

Developer aplikasi BlackBerry 10

Dengan adanya AppStore dari Amazon ini tentunya aplikasi yang ada di Blackberry World akan berkurang peminatnya juga berkurang yang akan mendownloadnya, Namun kebijakan-kebijakan kadang dapat merugikan salah satu pihak, dalam hal ini para developer yang aplikasinya makin sedikit di download, aplagi banyak aplikasi-aplikasi yang sama yang di Blackberry World berbayar sedangkan di Amazon Appstore diberikan secara gratis. Kembali lagi ke resiko bisnis dari perubahan-perubahan yang sulit dihindari. Disatu sisi BlackBerry ingin meningkatkan penjualan perangkat nya dengan memberikan fitur yang cukup menarik peminat nya yaitu kompatibilas untuk menginstal aplikasi Android.

Namun BlackBerry tidak begitu saja melepaskan segalanya, ada tanggung jawab dari Blackberry untuk para develeoper Blackberry 10, salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan yang sebelumnya sudah dilaksanakan secara online. BlackBerry tentu tidak dapat memberikan kompensasi yang sesuai namun minimal sudah dapat memberi bantuan kepada developer untuk membangun aplikasi dan memasukkan nya ke Amazon Appstore.