Mengenal dan mencoba Advance Interaction di BlackBerry 10.3

Advance Interaction in BlackBerry 10
Versi OS BlackBerry 10.3 sudah resmi diluncurkan oleh BlackBerry yang walau hanya ada di BlackBerry Passport saat ini. Namun kedepannya akan ada untuk semua model BlackBerry 10 seperti BlackBerry Z10, BlackBerry Z3 dan lainnya. Saya sudah menggunakan OS BlackBerry 10.3 dan ternyata bada beberapa fitur yang tidak terexpose atau memang saya yang tidak mendapatkan informasi mengenai perubahan-perubahan di OS 10.3 ini. Salah satu fitur nya adalah Advance Interaction yang sebenarnya didunia smartphone fitur ini sudah ada dan sudah biasa namun di smartphone BlackBerry khususnya BlackBerry 10 fitur ini baru ada. Fitur ini memang tidak terlalu membawa perubahan yang significant bagi penggunanya. Namun mungkin fitur ini dapat berguna bagi yang kebetulan membutuhkannya, salah satu nya bagi yang sering terganggu dengan telepon masuk yang tidak penting seperti penawaran investasi atau penawaran kartu kredit, Atau juga bagi yang sedang tidak ingin diganggu karena meeting atau ada event penting lainnya, maka dengan fitur ini anda cukup membalikkan perangkat Blackberry 10 anda maka notifikasi akan berubah menjadi silent.

Fitur-Fitur Advance Interaction

Pada menu ini ada tiga fitur didalamnya yaitu Lift to Wake, Flip to Mute dan Flip to Save Power, yang ketiga fitur tersebut dapat diaktifkan atau di non aktifkan dari halaman menu Advance Interaction ini.

Lift to Wake

Fitur ini akan mengaktifkan tampilan layar ketika kita mengangkatnya, Jadi pada saat perangkat BlackBerry 10 anda disimpan dan dalam keadaan standby dengan lampu layar mati kemudian anda angkat perangkat tersebut, maka otomatis lampu layar akan hidup dan smartphone dapat langsung digunakan tanpa harus mengaktifkan dengan swipe atau menekan tombol power. Fitur ini mungkin dapat bermanfaat bagi pengguna yang ingin mengakses lebih cepat dimana perangkat diangkat dan langsung digunakan.

Flip to Mute

Merubah  notifikasi menjadi silent atau diam ketika perangkat diletakkan terbalik atau sisi depan menghadap kebawah di tempat yang berpermukaan rata seperti dimeja. Jadi ketika ada panggilan masuk anda tinggal membalikkannya jika anda tidak ingin mengangkatnya. Anda tidak perlu lagi merubah profil ke posisi diam untuk ini karena kadang ketika kita rubah kita lupa mengaktifkannya kembali ke profile normal sehingga jika ada pesan atau panggilan masuk kita tidak mendengarnya. Namun dengan fitur ini kita kita dapat mengembalikannya ke posisi normal dengan meletakkanya kembali ke posisi normal yaitu bagian depan smartphone dihadapkan keatas atau di genggam.

Flip to Save Power 

Membuat mode standby dengan meletakkan perangkat menghadap kebawah. Pada saat tampilan layar dalam kondisi aktif kemudian kita letakkan terbalik maka dalam beberapa saat lampu layar akan mati dan perangkat menjadi posisi standby.  Seperti nama fiturnya yaitu untuk save power, jadi memang fitur ini bertujuan untuk menghemat penggunaan daya atau penggunaan battery. Mungkin fitur ini berguna untuk perangkat BlackBerry 10 dengan kapasitas battery tidak terlalu besar dan mobilitas penggunaan yang cukup tinggi.

Cara mengaktifkan Advance Interaction

Advance Interaction in Setting

Menu atau fitur ini ada di list menu setting, jadi untuk mengaktfkannya anda dapat mencari nya di list menu setting. Disana akan ditemukan menu Advance Interaction dan apabila kita buka akan ada 3 fitur yang telah disebutkan diatas. Untuk mengaktifkannya cukup  menggeser saklad aktifasi keposisi on atau off. Jika anda sudah menggunakan OS Blackberry 10.3 anda dapat mencobanya sendiri.