Tips mempercepat proses Wipe


Security Wipe BlackBerry 10
Banyak laporan yang saya terima melalui blog ini yang menanyakan mengenai lamanya proses wipe yang mereka lakukan. Sayapun pernah mengalami lamanya proses wipe yang pada saat pertama kali melakukan wipe di BlackBerry Z10 memakan waktu hampir satu jam, kebetulan saat itupula Z10 saya ingin segera digunakan. Mungkin dari anda yang pernah mengalami hal tersebut merasakan hal yang sama pula. Itu pengalaman saya pertamakali yang memberitahukan bahwa proses security wipe di BlackBerry 10 itu bisa memakan waktu lama. Namun dilain waktu saya pun pernah melakukan wipe di BlackBerry yang lainnya, namun tidak memakan waktu lama. Jadi intinya bahwa proses wipe bisa dilakukan dalam proses yang relatif tidak terlalu lama. Saya belum menemukan informasi resmi dari BlackBerry terkait berapa lama proses wipe itu berlangsung, atau memang BlackBerry sudah mengeluarkan namun saya nya yang tidak menemukan informasi tersebut.

Memilih Reload atau Wipe

Dari pengalaman diatas saya dapat menyimpulkan bahwa waktu dari proses wipe tidak dapat diprediksi apakah akan lama atau sebentar. Proses security wipe akan menghapus semua data nemun tidak menjamin untuk memperbaiki jika ada system yang crash atau corupt, maka saya seringnya memilih untuk melakukan reload dibandingkan wipe. Hasil dari wipe atau reload akan sama yaitu kembali keposisi setingan pabrik atau factory setting, namun bedanya dengan reload akan lebih menjamin system fresh tanpa ada masalah. Tentu dengan reload kita harus mendownload source OS yang ukurannya tidak kecil dan membutuhkan waktu lama, namun setidaknya kita sudah tahu kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk mendownload dan proses reload, jida kita bisa dapat mengira-ngira kapan waktu luang untuk melakukan reload, dan tentu waktu yang lama tidak perlu kita tunggui karena dapat dibiarkan dan kita bisa melakukan aktifitas lainnya.

Tips mempercepat proses wipe

Jika karena sesuatu hal anda harus melakukan wipe, maka saya akan memberikan beberapa tips agar proses wipe berlangsung lebih cepat. Namun sebelum menjalankan tips yang saya berikan sebaiknya membaca tulisan saya sebelumnya mengenai hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan wipe untuk keamanan data anda.

Menghapus data secara manual

Proses wipe akan menghapus semua data yang pernah kita masukkan kedalam perangkat BlackBerry yang tentunya akan memakan waktu, maka untuk mempercepat penghapusan data saat wipe kita dapat menghapus sendiri secara manual melalui perangkat atau melalui komputer. Kita tinggal connect ke komputer dan browse ke file-file yang akan kita delete. Data-data dapat berupa file document, foto atau lagu yang tersimpan di memory internal.

Menghapus atau uninstall aplikasi

Selain menghapus data, proses wipe juga akan menghapus semua aplikasi yang pernah kita masukkan. Dengan menghapus aplikasi secara manual maka saat wipe, tidak adalagi proses penghapusan aplikasi dan ini akan mempersingkat proses wipe. Untuk menghapus aplikasi cukup mudah, tinggal di tap di icon aplikasi yang akan kita hapus, tahan beberapa detik sampai keluar logo tong sampah, tap logo tong sampah tersebut maka aplikasi akan terhapus.

Menghapus data di Hub

Hub merupakan fitur andalan BlackBerry 10 dan di Hub menyimpan banyak data pesan yang masuk maupun keluar, semakin banyak account maka semakin banyak data pesan ke account tersebut, baik pesan email, bbm, sms, facebook, twitter atau sosial media lainnya. Cara yang mudah untuk menghapus datanya adalah dengan menghapus account yang ada di hub, secara otomatis data pesannyapun akan ikut terhapus dan ini mengurangi beban dan waktu proses wipe.

Menghapus Chace data di browser

Sejauh ini saya tidak memperhatikan seberapa besar data yang ada di cache browser ini, namun untuk baiknya lebih baik Cache browser dihapus saja. Untuk menghapusnya buka apliksi browser kemudian tap opsi menu (tiga titik di kanan bawah) kemudian pilih setting. Cari Privacy and Security lalu tap Clear history dan clear cokies and other data.

Tips diatas tidak menjamin bahwa proses wipe dapat berlangsung cepat namun setidaknya dapat lebih cepat bila di wipe tanpa menghapus data-data atau aplikasi yang ada. Karena proses wipe bukan hanya sekedar menghapus data namun juga mengembalikan system ke setingan awal, maka jika system ada yang crash atau corrupt bisa menyebabkan proses menjadi lama atau bahkan tidak selesai-selesai, atau bahkan perangkat menjadi problem.