Tips memasukan SIM card dan Memory card ke BlackBerry Q5

Memasukkan SIM dan SD Card ke BlackBerry Q5
Dari model-model BlackBerry sebelumnya, BlackBerry Q5 memiliki sesuatu yang baru di sisi fisiknya yang belum ada di BlackBerry-BlackBerry sebelumnya yaitu Battery yang tertanam di bagian dalam perangkat yang di perlakukan bukan lagi sebagai aksesoris namun menjadi bagian dari sparepart perangkat karena bentuk battery nyapun berbeda. Dengan harga BlackBerry Q5 yang dibandrol Q5 ini juga memiliki perbedaan lainnya adalah penempatan SIM card dan Memmory card yang  diletakkan disamping atau dibagian luar dari perangkat dimana umumnya perangkat BlackBerry membuat penempatan SIM Card atau Memory Card dibagian dalam tutup battery.  Jika anda melihat BlackBerry Q5 dari arah depan maka tempat menaruh SIM card dan memory card terletak disisi atau disamping sebelah kiri. Dibagian tersebut ada sedikit bagian cekungan jika anda buka maka akan terlihat logo SIM dan memory card dan terlihat ruang untuk meletakkan keduanya. Bila anda perhatikan material dari penutup kartu tersebut adalah terbuat dari bahan plastik yang tentunya tidak sekuat bahan dari logam. Maka butuh perhatian khusus ketika anda ingin memasukkan ataupun mengeluarkan kartu memory atau SIM dari BlackBerry Q5.
Logo SIM card dan memory card yang ada di penutup tersebut relatif kecil beda dengan logo untuk SIM card  selain BlackBerry 10 dengan ukuran lebih besar karena memang secara fisik semua model BlackBerry 10 sudah menggunakan micro SIM card artinya ukuran lebih kecil walaupun dari ukuran chipnya sama persis.  Jika kita buka penutup kartu tersebut dan melihatnya dari atas sekilas bentuknya hampir sama namun dengan warna yang berbeda, Warna biru dibagian atas menunjukkan kartu memory sedangkan dibagian bawah berwarna oranye adalah logo kartu SIM. Secara normal jika kita salah memasuukkan  kartu SIM atau memory  ke tempat yang tidak semestinya maka tidak akan masuk namun apabila terus dipaksa atau memasukkannya dengan menggunakan tenaga lebih bisa saja kartu yang salah masuk kedalam tentunya akan merusak pin konektor nya.

Pemasangan SIM card dan Memory/MicroSD card

Untuk menghindari kesalahan saat memasukkan dan mengeluarkan SIM dan Memory card berikut panduannya:
1. Buka penutup SIM card dan memory card dengan mencongkel dibagian cekungan dengan ujung kuku. Setelah terbuka sedikit kemudian anda pegang penutup tersebut dan kemudian pelan-pelan ditarik sejajar  dari posisi semula ke arah luar sehingga plastik penghubung antara penutup dan bagian dalam agak tertarik keluar dan memberikan ruang yang cukup untuk nantinya memasukkan SIM dan memory card. Untuk membukanya tidak telalu keras sehingga dengan sedikit congkelan akan langsung terbuka dan tidak perlu menggunakan benda-benda keras seperti logam untuk membukanya. Namun tuntuk menarik keluar sedikit tertahan sehingga menarik keluarnya harus pelan-pelan.
Membuka penutup SIM BlackBerry Q5
2. Setelah terbuka, kemudian lekuk penutup kearah bawah (lihat gambar) kemudian masukkan kartu memory  menggunakan ujung jari atau ujung kuku ke ruangan yang diberi tanda gamabar kartu memory berwarna hijau sampai terdengar atau terasa klik. Perhatikan bahwa logam pin kartu memory mengarah keatas atau mengarah ke bagian layar/LCD.

Memasukkan Micro SD ke BlackBerry Q5
3. Hal yang sama, masukkan kartu SIM ke ruangan yang diberi tanda gambar logo SIM  berwarna orange. Pastikan bahwa pin konektor SIM mengarah keatas menghadap layar/LCD.
Memasukkan SIM card ke BlackBerry Q5
4. Setelah keduanya masuk kemudian dorong penutup kearah dalam sampai plastik penghubung berwarna bening masuk kearah dalam kemudian rapatkan penutup kartu tersebut sampai berbunyi klik dan rapat.
5. Untuk membuka dan melepaskan kartu Memory dan SIM prosesnya hampir sama hanya urutan nya kebalikan dari pemasangan yang telah diuraikan diatas.

Proses ini sepertinya simple namun untuk pengguna baru BlackBerry Q5 mungkin agak sedikit membingungkan atau menimbulkan kekhawatiran rusak karena bahan dari plastik yang mudah rusak dibandingkan dengan bahan dari logam. Lakukan upgrade BlackBerry Q5 ini untuk mengoptimalkan proses pembacaan ke SD card dan SIM card. Dan pastikan juga untuk melakukan registrasi  paket internet BlackBerry Q5 untuk dapat menggunakan layanan-layanan BlackBerry yang disediakan.