BBM untuk Android dan iOS sudah tersedia

BBM untuk Android dan iOS
Setelah muncul beberapa spekulasi mengenai peluncuran BBM sejak beberapa bulan lalu, akhirnya BlackBerry mengumumkan tanggal peluncuran BBM untuk Android dan iOS untuk seluruh dunia yang akan diluncurkan pada tanggal 21 September 2013 untuk Operating System Android dan 22 September 2013 untuk operating system iOS. Informasi resmi yang dikeluarkan oleh BlackBerry merupakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dan rumor-rumor yang belum pasti. Mulai tanggal tersebut aplikasi BBM sudah dapat di download secara gratis di Google Play dan Apple Store. Pengguna Android dan iOS juga dapat mendownload aplikasi BBM dengan mengunjungi website resmi BBM di www.BBM.com melalui browser pengguna.
BlackBerry Messenger atau yang lebih dikenal dengan BBM sebelumnya merupakan aplikasi exclusive milik BlackBerry dan hanya untuk pengguna perangkat BlackBerry, namun saat ini BBM sudah bisa digunakan di perangkat selain BlackBerry yang menjadikan BBM tidak exclusive lagi namun dibalik itu semua BlackBerry mempunyai tujuan tertentu. BBM merupakan layanan pesan  yang  mudah digunakan dan interaktif.

BBM sudah digunakan di lebih 60 juta pengguna aktif dengan 10 miliar pesan yang terkirim setiap harinya antar pengguna BlackBerry. Pesan BBM dibaca  dengan instant  yang menunjukkan bahwa pengguna-pengguna BBM  merupakan percakapan yang interaktif, selain itu ada beberapa kelebihan lain dari BBM ini:
  • BBM Terkirim cepat, pesan yang dikirimkan lakan langsung dieksekusi dan diterima oleh penerima, dengam didukung infrastruktur jaringan dan keamanan yang canggih dan pengalaman yang sudah lama di bidang instant messaging system tentunya tidak diragukan lagi kehandalan dan keamanannya.
  • BBM memberi notifikasi kepada pengirim pesan ketika pesan anda sudah terkirim dan sudah dibaca oleh penerima,  sehingga memberikan pengguna melakukan perbincangan yang hidup.
  • BBM yang lebih private, Pengguna dari aplikasi messenger ini menggunakan PIN sebagai identifikasi bagi pemilik atau penggunanya, tidak seperti nomor telephone atau email yang mungkin tersebar dan siapa saja dapat mengirimkan ke nomor telephone dan email anda. Dengan PIN orang yang tidak belum kita kenal tidak akan bisa mengirim ke PIN kita.

Fitur dan Kelebihan BBM

Pengguna smartphone yang menggunakan OS apapun termasuk Android dan iOS tentunya sudah terdapat didalamnya aplikasi untuk mengirim pesan tertulis, baik itu pesan singkat ataupun email. Namun dengan banyaknya aplikasi pesan yang beredar saat ini dan dengan tanpa biaya alias gratis, para pengguna smartphone memasang aplikasi tambahan di smartphonenya seperti Whatsup, WeChat, Line, KakaoTalk dan masih ada beberapa aplikasi messenger lainnya. Setiap aplikasi messenger atau aplikasi layanan pesan tersebut berlomba-lomba menawarkan  aplikasi tersebut untuk diinstal di smartphone penggunanya, dan bila kita lihat di website-website sudah banyak iklan untuk aplikasi-aplikasi messenger termasuk iklan di media elektronik seperti iklan TV yang tentunya sangat-sangat mahal untuk biaya iklannya. Aplikasi-aplikasi tersebut rata-rata gratis, lalu bagaimana para produsen atau pemilik aplikasi tersebut membiayai infra struktur, biaya karyawan dan biaya iklannya? Beberapa sumber penghasilan mereka adalah dari iklan yang ada di aplikasi tersebut dan dari operator penyedia jaringan selular yang akan membayar bila ada aktivitas pemakaian data untuk aplikasi tersebut, dan ada penghasilan lainnya yang mungkin menjadi omset untuk perusahaan pemilik layanan messenger tersebut.
Sudah banyak aplikasi messenger untuk android dan iOS, lalu kenapa harus memilih BBM untuk diinstall di smartphone android dan iOS tersebut. Berikut beberapa alasan kenapa pengguna Android dan iOS masih perlu menginstal BBM :

  • Memperluas Jaringan, Mungkin anda pengguna Android dan iOS sudah memiliki kontak telpon, ataupun kontak untuk aplikasi layanan pesan seperti Whatsapps, WeChat, Line dan lain-lain, namun BBM yang merupakan salah satu layanan pesan untuk pengguna BlackBerry sebelumnya, memiliki pemakai yang cukup banyak di Indonesia. Dengan Menginstall BBM akan menambah banyak jaringan untuk melakukan percakapan melalui BBM.
  • BBM bukan sekedar aplikasi Chating, banyak fitur BBM khsusnya yang disediakan untuk para pengguna Android dan iOS yaitu anda dapat menshare foto ke pengguna BBM lainnya dengan segera.
  • Update Status, di BBM terdapat menu untuk melihat update status dan profile dari kontak yang sudah terhubung sebelumnya. Pengguna Android dan iOS dapat melihat update status dari teman anda dan status andapun dapat dilihat oleh pengguna BBM lainnya yang terhubung dengan anda.
  • BBM menggunakan PIN, dengan PIN yang merupakan Id yang specific untuk setiap penggunanya yang harus memerlukan verifikasi sebelum masuk menjadi kontak BBM anda. Dan ini akan menjaga privacy penggunanya.

Untuk fitur-fitur BBM yang diberikan untuk Android dan iOS dapat dilihat detailnya di  Fitur-fitur BBM untuk Android dan iOS. BBM untuk Android dan iOS sudah dapat didownload dengan gratis, namun tidak semua versi Android dan iOS dapat menggunakannya. Untuk mengetahui versi yang support BBM dapat dilihat di Versi Android dan iOS yang support BBM. Bila anda atau teman anda memiliki smartphone dengan OS Android dan iOS, tidak ada salahnya untuk mencoba mendownloadnya.