Aplikasi-Aplikasi BlackBerry 10 untuk Fotografer


BlackBerry 10 photography
Pada jaman sekarang ini hampir setiap orang memiliki ponsel mulai dari anak kecil sampai orang dewasa dan saat ini hand phones atau ponsel sudah jadi sesuatu hal yang biasa termasuk BlackBerry yang saat ini bukan barang mewah lagi. Salah satu fitur yang sering digunakan selain untuk menelpon atau kirim pesan, salah satu fitur tersebut adalah kamera. Bukan untuk keperluan semata namun penggunaan kamera digunakan untuk kesenangan atau sekedar iseng. Kamera yang ada di ponsel saat ini belum bisa menandingi kamera digital, baik secara fitur maupun berdasarkan kualitas, apalagi bila dibandingkan dengan kamera kelas professional seperti DLSR dengan fitur-fitur pengaturan yang lebih spesifik dan juga ukuran sensor yang lebih besar yang menghasilkan kualitas gambar yang lebih tajam.
BlackBerry 10 dengan 3 variant model yang sudah keluar yaitu BlackBerry Q5, Q10 dan Z10 disupport oleh aplikasi-aplikasi yang memadai untuk pengguna harian secara umum atau untuk spesifik pengguna. Salah satu pengguna BlackBerry mungkin menyukai fotografi yang tentunya tidak sekedar mengambil gambar dan disimpan tentu lebih dari itu seperti menshare atau mengeditnya. Berikut ini beberapa aplikasi BlackBerry 10 yang cocok untuk penghoby photography :


Photo Share Social

Menshare atau membagikan photo yang sudah kita ambil dan disimpan di BlackBerry 10 akana lebih mudah dengan aplikasi ini. Dengan aplikasi ini hasil photo anda dapat di share ke beberap social media seperti facebook, twitter ataupun ke BBM kontak yang ada di BlackBerry 10 anda.

PicMix

Dengan aplikasi BlackBerry ini anda dapat memperindah hasil photo anda dengan menambahkan frame-frame yang menarik, sticker-sticker lucu atau pun sekedar text di koleksi photo anda. Hasil kreasi anda dapat anda share ke teman-teman anda.

PhotoStudio

Aplikasi BlackBerry ini menjadikan BlackBerry 10 anda menjadi studio photo dengan pemprosesan gambar yang relatif baik walaupun tidak sebaik komputer atau laptop, namun dengan BlackBerry 10 anda dapat melakukan proses  manipulasi gambar ditangan anda dan dimana saja.

Photo-SketchHD

Aplikasi BlackBerry ini dapat mengubah photo atau pun gambar yang anda miliki untuk dirubah menjadi pensil sketsa, anda dapat membuatnya secara rela time atau mengaplikasikannya dari galery yang tersedia.

InstaPhoto

Aplikasi BlackBerry ini merupakan aplikasi yang mirip seperti Instagram untuk pengguna BlackBerry 10.  Dengan ini anda dapat menggunakan beberapa efek foto, ataupun efek warna juga memberikan frame pada photo yang ada di galery anda. Aplikasi ini terintegrasi dengan kamera yang ada di BlackBerry 10 sehingga anda dapat mengaplikasikannya setelah anda mengambil gambar/photo.

Bia anda browsing lagi melalui BlackBerry World. Mungkin anda akan mendapatkan lebih banyak lagi apliksa-aplikasi yang cocok untuk anda penghoby photography, namun aplikasi-aplikasi diatas merupakan aplikasi yang menurut saya lebih berkwalitas.Bila anda benar-benar penghoby photography dengan kamera digital sebagai senjata anda, tentu anda sudah tidak asing lagi lagi dengan aplikasi komputer seperti Photoshop dan beberapa extension nya. Namun bila dibandingkan dengan photoshop tentu masih kalah berbobot, kembali lagi kepada aplikasi di BlackBerry 10 bahwa aplikasi ini tidak lebih sebagai kesenangan sebagai photographer untuk membuat photo yang anda ambil menjadi lebih bernilai dan anda men share nya ke beberapa media tataupun menshare ke teman anda. Untuk mengoptimalkan aplikasi tersebut sebaiknya anda meng upgrade BlackBerry 10 anda ke versi tertinggi.
Aplikasi-aplikasi ini dapat anda ambil di BlackBerry World dan anda dapat mencarinya aplikasi BlackBerry melalui komputer ataupun perangkat BlackBerry anda. Untuk lebih mudah anda tinggal klik link dimasing-masing aplikasi diatas kemudian men-tap atau menscan QR code di masing-masing aplikasi yang ingin anda install.