Memfungsikan BlackBerry 10 menjadi modem internet

BlackBerry 10 for modem
Saat ini paket internet mobile sudah relatif murah apalagi ditambah penawaran-penawaran paket internet dari beberapa operator yang menawarkan kuota yang cukup besar, walaupun paket yang ditawarkan tersebut tidak sesuai dengan keperluan banyak orang yaitu penawaran kuota besar untuk pemakaian tengah malam sampai pagi. Dari sisi operator mungkin mereka menawarkan kuota yang tinggi karena memang pada saat tersebut sangat sedikit penggunanya, maka daripada infrastruktur jaringan tidak dimanfaatkan maka ditawarkanlah dengan kapasitas yang besar dan murah harapannya walaupun sedikit namun jaringan bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan profit. Kuota yang ditawarkan saat ini mungkin lebih dari cukup bila digunakan menggunakan BlackBerry 10 saja, maka dari itu bisa dimanfaatkan kuota dari paket internetBB10  tersebut untuk browsing melalui komputer yang walaupun menyedot lebih banyak data namun browsing dari komputer lebih leluasa.

Network Connection

Menjadikan BlackBerry 10 sebagai Hotspot

HotSpot atau akses internet melalui wifi sudah banyak kita jumpai yang umumnya dipasang di tempat-tempat keramaian untuk dipakai bersama yang tentunya bila penggunanya banyak tentu kebagiannya sedikit.  Terkadang kita membutuhkan akses WiFi untuk keperluan mendesak dan mungkin banyak akses wifi yang tertangkap namun kebanyakan di protect atau di password. Maka bila anda membawa BlackBerry 10 maka anda dapat menjadikan BlackBerry 10 sebagai HotSpot. Saat ini semua variant BlackBerry 10 yaitu BlackBerry Q5, Q10, Z10 dan Z30 memiliki fitur Hotspot artinya BlackBerry 10 dapat dijadikan HotSpot atau titik akses internet. Syarat nya adalah mendapatkan sinyal yang cukup untuk akses data miminimal 3G atau 3G+ dan syarat satu lagi tentunya harus tersedia kuota internet pada kartu SIM nya disarankan upgrade BlackBerry 10 ke versi terakhir untuk lebih stabil. Bila kedua syarat tadi terpenuhi maka BlackBerry 10 dapat langsung di fungsikan sebagai HotSpot caranya:
  • Buka menu setting, bisa mencari dari menu (bergambar gear) atau dari posisi home (tampilan menu-menu) di swipe dari atas ke bawah dan akan muncul menu setting.
  • Settelah memilinh menu setting emudian pilih menu Network Connections
  • Pilih Mobile Hotspot, Bila anda pertama kali akses menu ini maka akan ada pemberitahuan atau warning mengenai kemungkinan biaya yang besar untuk penggunaan ini
  • Bila pemberitahuan dilewati maka anda diminta untuk memasukkan kata sandi atau password untuk akses Hotspot ini, sehingga setiap perangkat yang akan mengakses Hotspot ini harus memasukkan password yang sesuai terlebih dahulu.
  • Bila semua sudah disetting maka anda bisa mengaktifkan MOBILE Hotspot ini ke posisi ON dan akan tampil penghitungan besarnya data yang dikirim dan diterima melalui Hotspot ini.
  • Sekarang anda sudah dapat menggunakan akses internet melalui wifi untuk perangkat mobile atau laptop anda, anda bisa cari di akses wifi yang tersedia kemudian cari nama wifi untuk Blackberry 10 tadi kemudian hubungkan (connect) dan anda akan diminta memasukkan password sesuai dengan apa yang sudah disetting sebelumnya diperangkat BlacKberry 10 anda.
Bila sudah terkoneksi maka anda dapat mengakses internet untuk browsing atau menarik email maupun aktivitas lainnya yang membutuhkan akses internet.

Menjadikan BlackBerry 10 sebagai Modem menggunakan fasilitas Tethering

Cara lain untuk menjadikan BlackBery 10 anda difungsikan sebagai modem adalah dengan menggunakan fitur Internet Tethering. Bila menggunakan Hotspot maka kita dapat mengakses internet melalui akses wifi dan bisa digunkan menggunakan bermacam perangkat yang memiliki fitur wifi dan diakses oleh banyak orang yang memiliki password, namun dengan metode tethering ini pengguna dapat memanfaatkan akses internet hanya dari komputer atau laptop yang terkoneksi dengan perangkat BlackBerry 10 menggunakan metode tethering.  Media yang digunakan adalah melalui Bluetooth atau kabel USB namun rekomendasi menggunakan kabel USB untuk stabilitas namun bila mementingkan fleksibilitas bisa menggunakan Bluetooth. Cara untuk mengaktifkan tethering ini adalah melalui menu setting seperti panduan diatas
  • Pilih menu Network Connections
  • Cari dan Pilih Internet Tethering
  • Akan ada informasi penggunaan dan notifikasi pemakaian data terkait biaya
  • Ketika bertemu opsi pilihan koneksi maka pilih Bluetooth atau Kabel USB
  • Bila memilih kabel USB maka hubungkan kabel uSB ke perangkat dan komputer, dan sekarang sudah bisa mengakses internet melalui komputer atau laptop.
  • Bila memilih koneksi menggunakan Bluetooth maka anda harus mengaktifkan dan mempairing kedua Bluetooth tersebut untuk dapat terkoneksi dan memanfaatkan akses internet dari BlackBerry 10.
Paket – Paket data yang disediakan oleh  operator saat ini memiliki kecepatan data yang sangat tinggi sekitar 7,2 Mbps untuk beberapa operator, akses internet akan terasa cepat namun kuota data yang ada akan terkras dengan cepat pula sehingga puluh mega byte akan habis dalam waktu singkat. Anda dapat memonitoring penggunaan data melalui tampilan perhitungan data yang dikirim dan data yang diterima melalui tampilan di Blackberry 10.