Mobil konsep Mercedes Benz menggunakan QNX untuk Infotainment system


QNX in Mercedes Benz
BlackBerry yang dibangun dengan QNX merupakan salah satu platform dari banyak platform yang ada saat ini. Banyak alasan BlackBerry menggunakan platform ini, salah satu nya adalah dari sisi keamanan nya. QNX ini sudah banyak digunakan di beberapa bidang industry salah satu nya adalah industry medical. Dari beberapa OS yang ada khusus nya untuk aplikasi mobile seperti Windows, android ataupun iOS, BlackBerry akhirnya memilih untuk menggantikan OS BlackBerry lamanya yang mengusung java. Selain pemilihan QNX ini, BlackBerry juga memuat platforms nya ini menjadi open source artinya setiap orang dapat membuat aplikasi sendiri untuk BlackBerry 10 yang tentunya akan diseleksi kembali untuk dapat dipampang di BlackBerry World. Selain itu BlackBerry juga menyediakan tool-tool untuk para developer untuk lebih mudah dalam membuat suatu aplikasi. Bukan sampai disitu, BlackBerry juga memberikan pelatihan pelatihan kepada para developer pemula yang ingin membuat aplikasi untuk BlackBerry 10 berbasis QNX ini. Diharapkan aplikasi BlackBerry akan terus berkembang dengan banyaknya aplikasi - aplikasi yang berkualitas.


Saat ini salah satu pabrikan mobil terkenal yaitu Mercedes Benz sedang mendevelope infrastruktur untuk koneksi dan infotainment didalam kendaraan tersebut yang dipasang di Mercedes Benz C-class untuk memberikan experience kepada penumpangnya. Interior dari mobil Mercedes Benz C-class yang exclusive akan dipadukan dengan tampilan 3D dan juga lampu lampu pendukung untuk keindahan audio system, juga mode mode dial yang memberikan kepada pengguna untuk melakukan panggilan ke kontak yang sudah tersimpan. Selain itu dipadukan dengan map yang akan memandu penggunanya ketika melakukan perjalanan keempat yang belum pernah dilalui atau yang belum dikenal oleh pengemudinya. QNX sebagai platform sudah dapat mendukung ditanamkan nya aplikasi aplikasi audio, dialing system dan juga navigasi atau map. Mercedes Benz memilih Qnx ini sebagai platform dari system infotainment nya salah satunya adalah security system dari Qnx yang sejauh ini masih tergolong OS yang secure dibandingkan dengan beberapa OS yang mudah disusupi.

Sekilas History QNX

Pada tahun 2004, QNX dijual kepada Harman International Industries. Sebelum akuisisi ini, QNX software sudah banyak digunakan dalam industri otomotif untuk sistem telematika. Karena pembelian oleh Harman, software QNX telah dirancang ke lebih dari 200 merek dan model mobil yang berbeda-beda,  tidak hanya dalam sistem telematika tetapi dalam unit infotainment dan juga navigasi. Aplikasi dari QNX CAR Platform berjalan di lebih dari 20 juta kendaraan pada pertengahan 2011 Perusahaan ini telah merilis beberapa produk middleware termasuk QNX Aviage Multimedia Suite, QNX Aviage Acoustic Prcess Suite dan QNX HMI Suite.

Pada bulan September 2007, QNX Software Systems mengumumkan bahwa mereka telah menyediakan update  pada source code nya. Pada tanggal 9 April 2010, Research In Motion mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi QNX Software Systems dari Harman International Industries. Dan pada Pada hari yang sama, QNX souce code dibatasi penggunaanya. Kemudian BlackBerry mengumumkan  pada bulan September 2010 bahwa komputer tabletnya yaitu BlackBerry PlayBook akan menggunakan QNX untuk operating sistemnya.
Akhirnya pada tanggal 18 Oktober 2011, Research In Motion mengumumkan produk barunya yang akan di develope yaitu "BBX" yang kemudian berganti nama menjadi BlackBerry 10 pada bulan Desember 2011. Perangkat mobile Blackberry 10 akan di bangun menggunakan QNX sistem yang merupakan system operasi yang sama dengan BlackBerry PlayBook. Sehingga bagi pengguna BlackBerry Playbook yang kemudian menggunakan BlackBerry 10 ada beberapa kemiripan seperti pola dari gesture atau pergerakan di layar sentuhnya dan beberapa proses yang mirip dengan BlackBerry Playbook.