Penggunaan BlackBerry Internet Service (BIS) dan Paket Internet Operator

Paket Internet BlackBerry
BlackBerry 10 hadir dengan paket internet atau layanan data dan tidak lagi menggunakan BIS atau Blackberry Internet Service. Sejak kehadirannya BlackBerry 10 beberapa operator di Indonesia sudah siap untuk menyediakan layanan datanya. Paket internet yang digunakan oleh Blackberry adalah sama seperti yang digunakan oleh smartphone dari beberapa merek ataupun tablet yang menggunkan akses internet. Namun saat diluncurkan pertama kali yaitu dengan peluncuran perdana model BlackBerry Z10, dan yang terakhir BlackBerry Q15 dengan harga BlackBerry Q5 ini sudah dibawah 4 jutaan. Beberapa operator membuat paket khusus BlackBerry 10, Paket yang diberikan oleh operator berfariasi mulai paket yang dibuat berdasarkan bundling penjualan perangkat BlackBerry nya itu sendiri atau paket khusus BlackBerry 10 walaupun tanpa pembelian bundling dengan operator tersebut. Contohnya Paket internet dari Telkomsel yang  sudah menyediakan paket ultima, optima atau paket smartphone namun Telkomsel juga membuat paket untuk pengguna BlackBerry 10 yaitu paket BB10.
Untuk melihat paket-paket internet yang ditawarkan oleh beberapa operator dapat dilihat disini. Paket internet Indosat, paket internet Telkomsel, Paket Internet XL, Paket Internet AXIS dan Paket Internet 3 (TRI).

BlackBerry internet Service atau dikenal BIS, merupakan layanan data khusus pengguna Blackberry, BIS ini merupakan integrasi antara jaringan operator dan jaringan infrastruktur BlackBerry. Dengan jaringan ini pengguna Blackberry dapat menggunakan layanan-layanan yang diberikan oleh BlackBerry. Pengguna BIS akan akan memanfaatkan jaringan operator dan infrastruktur BlackBerry sedangkan paket internet yang digunakan BackBerry 10 tidak harus menggunakan jaringan operator lagi namun bisa menggunakan jaringan internet dari penyedia jasa internet melalui wifi.


Kelebihan BIS dan Paket Internet untuk pengguna BlackBerry
Saya sebagai pengguna BlackBerry yang sebelumnya menggunakan BlackBerry Belagio sebelum menggunakan BlackBerry 10. Sebagai rutinitas  tiap bulannya mengaktifkan layanan BIS agar dapat menggunakan layanan-layanan BlackBerry seperti BBM dan push mail. Saat ini saya menggunakan BB10, dan tetap tiap bulannya mengisi pulsa untuk memngaktifkan paket internet.

Apa yang beda antara penggunaan paket data BIS dan paket data internet? Ketika sata menggunakan BlackBerry dengan OS 7 saya menggunakan paket full service yang artinya selain dapat memanfaatkan layanan-layanan yang diberikan oleh BlackBerry juga dapat melakukan full browsing selama sebulan. Apa yang diberikan oleh paket BIS yang saya gunakan di OS 7 sama seperti apa yang saya dapatkan ketika menggunakan BlackBerry 10. Namun yang membedakan menurut saya adalah paket internetnya dimana paket full service walaupun mendapatkan fasilitas full internet namun kecepatannya lebih kecil dibandingkan paket internet. Selain itu paket internet yang dipasang di BlackBerry 10 dapat digunakan sebagai hotspot dimana aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan dari BlackBerry 10. Saya sering mencoba gunakan fasilitas hotspot ini untuk saya koneksikan dengan komputer dan saya bisa mendapatkan kecepatan mencapai 7 Mbps yang menurut saya sangat kencang untuk keperluan personal.  Kelebihan lagi menggunakan jalur internet secara umum tidak menyulitkan kita ketika paket tdata habis, dimana kita bisa menggunakan wi-fi atau bila mendesak, kita masih bisa menggunakan pulsa yang ada walaupun mahal. Beda dengan BIS dimana bila paket habis kita tidak dapat menggunakan layanan BlackBerry seperti BBM sampai paket diaktifkan kembali.

Pengaruh layanan BIS dan Paket Internet untuk Operator

Untuk Operator sendiri menurut saya tidak significant berubah, mungkin sedikit meningkat atau menurun, namun menurut saya operator akan mendapat sedikit peningkatan dengan perubahan paket untuk BlackBerry 10 ini.  Para pengguna sudah dimanjakan dengan paket internet yang cepat dari operator sehingga menimbulkan keinginan  untuk pengguna untuk terus menggunakan layanan internet ini walaupun perubahan ya relatif sedikit, disamping paket-paket yang ditawarkan saat ini sangat menggiurkan. Dan perkembangan smartphone di Indonesia yang terus meningkat mungkin akan memberikan keuntungan lebih bagi operator yang enyediakan layanan internet untuk mobile dan smartphone.