Tips menggunakan BBM Channels

BBM Channels MyBB10
BBM merupakan salah satu aplikasi pengolah pesan yang terbesar untuk penggunanya, apalagi setelah BBM ini dilepas untuk Android dan iOS. Dan salah satu fitur yang ada didalam BBM ini adalah BBM Channels. Fitur BBM Channel ini merupakan salah satu dari BlackBerry yang ditanam di aplikasi BBM. BlackBerry menyebutnya ini sebagai media komunitas dan buka sosial media seperti twitter, walaupun pada prinsipnya menurut saya hampir sama. Mungkin BlackBerry lebih mengetahui apa yang ada di dalam BBM Channels dan juga tujuan dari BBM Channels ini. Jika kita melihat channels – channels yang sudah ada dari perusahaan – perusahaan besar seperti coca-cola, alfamart dan lainnya, ini bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi atau informasi bagi pelanggan perusahaan tersebut. Dan bila anda memiliki produk atau jasa tentu dapat pula memanfaatkan media ini untuk ajang promosi produk atau jasa yang anda tawarkan. Untuk mengetahui lebih detail mengenai BBM Channels dapat dibaca di tulisan sebelumnya mengenai Apa itu BBM Channels



Tips BBM Channels

Berikut ini tips untuk memanfaatkan BBM Channels untuk lebih optimal.

‎Tandai BBM channels pilihan anda sebagai favorit
Buat para pengguna BBM yang sudah join ke salah satu Channel pilihan anda, otomatis Channel tersebut akan masuk kedalam list channel anda yang sewaktu-waktu anda dapat membuka channel tersebut. Namun anda bisa mendapatkan pemberitahuan melalui BBM jika salah satu channel melakukan update. Untuk dapat menerima pemberitahuan tersebut anda harus memasukkan channel tersebut kedalam list favorit, caranya:

  • Masuk ke list channel pilihan anda, contoh MyBB10
  • Tap di MyBB10 dan tahan sampai keluar menu samping
  • Akan ada tanda bintang di menu samping, dan pilih

Sekarang channel tersebut sudah masuk kedalam list favorit anda, yang jika channels tersebut melakukan update akan langsung terkirim ke BBM dan Hub.


Masukkan url link

Karakter yang diperbolehkan oleh BBM Channel terbatas, sehingga hanya informasi singkat yang dapat diberikan. Bagi pemilik atau admin channel yang ingin memberikan informasi lebih dapat memberikan link tautan ke alamat website yang dituju. Alamat website dapat berupa short url atau url lengkap tergantung keinginan anda. Saya sendiri lebih suka untuk memberikan link url lengkap karena ini akan memberitahukan ke pembaca BBM channel, kemana dia akan ditautkan berdasarkan alamat url tersebut. Namun jika short url yang ditampilkan beberapa pembaca mungkin bertanya-tanya akan ditautkan kemana, mungkin ada pembaca yang tidak ingin untuk membuka tautan bila dihubungkan ke website-website tertentu. Namun metode short url ini memiliki kelebihan karena efisiensi karakter.

Sebarkan BBM channels anda

Jika anda ingin mempromosikan sesuatu baik itu jasa atau barang, tentu anda ingin diketahui oleh banyak orang dan salah satu caranya adalah mempromosikan BBM Channels anda ke tempat yang memungkinkan orang untuk meng invite ke BBM Channel tersebut.  Salah satu metode saya adalah dengan menepatkan di beberapa website atau blog termasuk blog ini dan juga beberapa tulisan saya terkait BBM Channel.

Join dan comment ‎

Bergabung di beberapa channels khususnya yang ramai dan se aliran akan membantu untuk meningkatkan pengunjung ke channels kita, walaupun tidak significant penambahannya. Dengan memberikan comment yang bernilai atau yang menarik dan di ikuti dengan promosi channels kita, memungkinkan pengunjung yang membacanya akan mencari tahu siapa kita dan tidak menutup kemungkinan untuk join ke channels kita.

Jangan spam

Komentar dan respon yang baik atau bernila di channels orang lain akan menarik pembaca yang lain untuk join ke channels kita. Namun komentar yang jelek atau yang bersifat spam pun dapat membuat orang penasaran untuk mencari tahu channel kita. Hanya saja ketika sudah join mereka dapat melakukan hal yang sama dengan komentar yang buruk dan melakukan spam di channel kita.

MyBB10 - BBM Channels